Tips Mengatasi Masalah Gigi Saat Hamil

cara atasi sakit gigi saat hamil
Permasalahan demi permasalahan saat ibu sedang menjalani masa-masa hamil memang cukup banyak. Ibu hamil pun harus mengatasi problem ini dengan cara yang benar dan alami supaya tidak berbahaya bagi janin. Salah satu permasalah yang kerap dialami adalah  sakit gigi saat hamil. Dari sinilah, banyak ibu hamil yang ingin menemukan sebuah solusi untuk mengatasi masalah pada gigi saat hamil.

Sebagian dari dokter gigi juga banyak menerima keluhan keluhan dari ibu ibu hamil yang sedang mengalami masalah berikut. Beberapa keluhannya adalah ketika hamil, merasakan gigi yang begitu sakit dan ngilu, tanpa disadari terjadi pembengkakan pada gusi dan lebih sensitive, munculnya sariawan, dan bau mulut cukup menyengat. Setidaknya dari sini ibu hamil mulai mencari tips atau solusi untuk mengatasi masalah pada gigi saat hamil, mungkin sang ibu bisa menuju dan berkonsultasi secara langsung di dokter gigi, atau mencari informasi melalui dunia maya.

Tanpa disadari oleh ibu hamil, bahwa ibu hamil sering lupa untuk menjaga dan merawat gigi. Mengapa demikian? Karena ketika hamil sang ibu sering mengalami yang namanya rasa mual disetiap saat. Hal inilah yang membuat ibu hamil menjadi lupa atau malas untuk menjaga dan merawat gigi, seperti menyikat gigi yang dianjurkan setiap harinya.

Menjaga Gigi Saat Hamil

-    Menyikat Gigi Minimal Dua Kali Sehari
Setiap hari sang ibu hamil dianjurkan untuk melakukan aktifitas menyikat gigi seperti aktifitas sebelum hamil. Demikian ada juga tips menyikat gigi ketika sedang hamil, yaitu menggunakan sikat gigi yang berbulu halus, melakukan penyikatan gigi selama 2 menit.

-    Kompres
Cara ini sudah cukup luas dan banyak digunakan oleh orang orang jaman dahulu. Caranya, kompreslah pipi atau bagian gigi yang sakit dan nyeri menggunakan kain yang sudah anda basuh dengan air hangat ataupun air dingin. Namun, cara ini terkenal hanya untuk meredakan masalah gigi saat hamil secara sementara.

-    Jangan Mencabut Gigi
Mencabut gigi yang sakit dengan sembarangan, sebenarnya tidak dianjurkan ketika hamil. Ketika usia kehamilan sang ibu masih 1-3 bulan, sebaiknya tidak melakukan pencabutan gigi. Hal ini dapat mengakibatkan si janin terpengaruh oleh obat obatan yang digunakan setelah melakukan pencabutan gigi.

Tips Mengatasi Masalah Pada Gigi Saat Hamil

Mengatasi masalah apapun ketika sedang hamil disarankan untuk menggunakan tips atau cara yang memakai bahan alami. Jika memakai bahan yang mengandung zat kimia, takutnya jika berpengaruh pada janin.

1.    Jeruk Nipis
Caranya, siapkan jeruk nipis, cuci bersih jeruk nipis, potong menjadi dua bagian, peras jeruk nipis, gunakan air perasan jeruk nipis untuk berkumur di daerah gigi yang nyeri atau sakit.

2.    Garam
Caranya, siapkan 1 sendok makan garam dapur, larutkan dengan air hangat, aduk sampai homogen, gunakan untuk berkumur dalam beberapa menit.

3.    Bawang Merah atau Bawang Putih
Caranya, kupas salah satu bawang yang anda sukai, taburi sedikit garam, kunyah bawang merah atau bawang putih pada bagian gigi yang sakit.

4.    Minyak Cengkeh
Caranya, siapkan kapas, beri minyak cengkeh secukupnya pada kapas, oleskan pada bagian gigi yang terasa nyeri secara perlahan.

Di atas sudah ada beberapa cara alami untuk mengatasi masalah gigi saat hamil. Keuntungan yang diperoleh pada cara alami ini adalah tidak memberikan banyak resiko atau pengaruh pada janin.
tips sehat anak bayi dan balita