6 Tanda Tanda Menstruasi yang Wajib Dikenali

Tanda Tanda Menstruas
Menstruasi menjadi hal alami yang dirasakan oleh setiap wanita normal. Sebagian wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur, namun banyak pula wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur. Bagi wanita yang siklus menstruasi teratur, kedatangan tamu bulanan bisa diperkirakan dengan tepat. Sebaliknya, siklus menstruasi yang tidak teratur cukup sulit untuk menduga waktu menstruasi terjadi. Khusus bagi kaum wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak teratur, sebaiknya kenali tanda tanda menstruasi berikut ini agar bisa mempersiapkan diri.

Apa saja tanda-tanda haid yang bisa diketahui?


1. Perubahan pada payudara

Menjelang menstruasi, payudara wanita biasanya akan mengalami perubahan. Payudara akan terasa lebih keras dan lebih kencang. Jika disentuh, payudara akan terasa sakit. Selain menandai waktu menstruasi, perubahan payudara seperti ini juga bisa terjadi pada wanita yang sedang hamil. Namun biasanya rasa sakit yang dirasakan pada payudara lebih hebat lagi.

2. Perubahan suasana hati atau mood

Bukan rahasia lagi jika menjelang waktu menstruasi kaum wanita menjadi lebih sensitif. Kaum wanita cenderung menjadi lebih cengeng, lebih mudah emosi dan kurang bersahabat. Perubahan suasana hati ini tak lain disebabkan perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Wanita-wanita dewasa yang sudah mengenali dengan baik pertanda menstruasi seperti ini biasanya lebih mampu mengendalikan diri. Kondisi yang lebih parah terkadang membuat kaum wanita sulit untuk berkonsentrasi sehingga beberapa hal sering terlupakan.

3. Munculnya jerawat

Sebagian wanita merasakan munculnya jerawat menjelang menstruasi. Seperti halnya perubahan emosi, munculnya jerawat juga terjadi karena perubahan hormon di dalam tubuh. Kaum wanita yang biasanya tidak berjerawat akan merasakan timbulnya satu dua jerawat menjelang menstruasi.

4. Keputihan

Tanda tanda menstruasi berikutnya adalah terjadinya keputihan. Tak perlu panik, sebab keputihan ini tergolong sebagai keputihan yang normal. Keputihan ini berupa lendir yang berwarna putih, tidak menimbulkan gatal dan tidak menimbulkan bau. Keputihan ini secara perlahan akan berubah menjadi berwarna kecoklatan karena bercampur dengan darah.

Kaum wanita perlu mewaspadai jika keputihan terjadi di sepanjang waktu, menimbulkan rasa gatal pada organ intim kewanitaan dan juga berbau tak sedap. Keputihan ini tidak berwarna putih melainkan kekuningan atau kehijauan. Keputihan ini tergolong sebagai keputihan yang tidak normal dan bukan pertanda menstruasi. Keputihan ini disebabkan oleh bakteri atau jamur dan sebaiknya segera diobati. Keputihan yang dibiarkan terus terjadi bisa mempengaruhi kesuburan kaum wanita.

5. Perubahan pada perut

Perubahan yang dirasakan pada perut menjadi tanda yang paling mudah dikenali menjelang waktu menstruasi tiba. Biasanya kaum wanita akan merasakan perubahan pada perut seperti kram, rasa mual, sembelit ataupun diare. Bagian perut bawah pun akan terasa sakit dan tegang. Perubahan nafsu makan juga akan terjadi menjelang waktu menstruasi ini.

6. Perubahan pada tubuh

Sebagian wanita merasakan perubahan hormon menjelang menstruasi terjadi begitu hebat. Tubuh akan terasa pegal, capek, punggung terasa sakit, telapak kaki dan betis pun terasa nyeri. Karena itu wajar jika menjelang menstruasi kaum wanita seperti kehilangan tenaga dan semangatnya.

Nah, itulah sederet tanda tanda menstruasi yang dirasakan kaum wanita menjelang waktu menstruasi tiba. Tanpa perlu menghitung atau menandai kalender, beberapa tanda ini bisa memberi sinyal bahwa sebentar lagi menstruasi akan terjadi. Pertanda menjelang menstruasi ini juga akan membantu wanita yang berencana untuk bepergian agar mempersiapkan diri dengan lebih baik atau bahkan untuk menunda bepergian jika memang kondisi menjelang menstruasi tidak mendukung untuk melakukan perjalanan jauh.
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil