Kenali Tanda Tanda Masa Subur Wanita Setelah Haid

kenali Masa Subur Wanita Setelah Haid
Mengenali masa subur menjadi hal penting yang wajib diketahui oleh setiap wanita dewasa. Mengenali masa subur akan memudahkan pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan dan juga pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan tanpa bantuan alat kontrasepsi. Hubungan intim yang dilakukan pada masa subur wanita setelah haid akan meningkatkan peluang terjadinya kehamilan. Sebaliknya, hindari melakukan hubungan intim pada masa subur jika ingin menunda kehamilan.

Khususnya untuk kaum wanita, kenali masa subur dengan mengetahui tanda-tandanya berikut ini.


Perubahan suasana hati

Jika menjelang menstruasi kaum wanita cenderung memiliki emosi yang meledak-ledak dan sensitif, maka pada masa subur para wanita terlihat lebih riang. Sekali lagi hal ini karena pengaruh hormon yang terdapat di dalam tubuh. Tak hanya riang saja, kaum wanita menjadi lebih suka berdandan mempercantik diri, mengenakan pakaian yang lebih seksi dan tanpa disadari memikirkan seks lebih sering daripada biasanya.

Perubahan pada wajah

Selain perubahan suasana hati, kaum wanita juga terlihat lebih cantik ketika memasuki masa subur. Perubahan pada wajah terlihat yakni wajah yang menjadi sedikit kemerahan menjelang masa subur dan juga selama masa ovulasi berlangsung. Seperti halnya suasana hati, perubahan pada wajah ini dipengaruhi oleh kadar hormon di dalam tubuh. Kadar hormon estrogen yang meningkat membuat pembuluh darah melebar di dekat kulit sehingga kulit tampak lebih bersinar.

Panca indera yang lebih peka

Masa subur wanita setelah haid juga ditandai dengan indera wanita yang menjadi lebih peka. Misalnya saja indera penciuman yang menjadi lebih peka terhadap bau-bauan yang ada di sekelilingnya ataupun indera pendengaran yang menjadi lebih tajam terhadap bunyi-bunyian.

Lendir yang khas dari organ intim kewanitaan

Lendir yang keluar dari organ kewanitaan juga bisa menjadi tanda untuk mengenali masa subur. Menjelang masa subur dan di masa subur, wanita memproduksi lendir yang lebih banyak sebagai salah satu akibat perubahan hormon. Lendir ini memiliki ciri yang sangat khas yakni tampak jernih, elastis dan licin. Lendir ini pula yang akan membantu sperma untuk bertemu dengan sel telur. Jika kaum wanita mengambil lendir ini dan merentangkannya dengan telunjuk dan jempol, maka lendir ini tidak terputus. Cara ini pula yang menjadi cara termudah untuk mengetahui masa subur.

Nah, itulah beberapa tanda yang wajib diketahui kaum wanita agar bisa menentukan masa subur dengan tepat. Selain mengenali tanda-tanda masa subur tersebut, kaum wanita dengan siklus menstruasi yang teratur bisa menghitung waktu suburnya dengan menggunakan rumusan. Siklus menstruasi yang teratur adalah siklus umum 28 hari.

Perhitungan siklus ini dilakukan mulai saat darah menstruasi keluar untuk pertama kalinya. Pada hari ke-14, sel telur sudah matang dan disebut dengan istilah ovulasi. Tetapi waktu ovulasi ini  bervariasi antara hari ke-11 sampai dengan hari ke-21. Pada rentang waktu inilah peluang kehamilan lebih besar terjadi.

Di era modern ini, kaum wanita juga bisa memastikan masa suburnya dengan menggunakan alat tes kesuburan. Alat tes ini berupa alat tes yang dicelupkan ke dalam urin seperti halnya alat uji kehamilan. Alat tes ini perlu digunakan beberapa hari sesudah haid agar bisa diketahui puncak masa subur wanita setelah haid. Alat tes kesuburan ini biasanya digunakan oleh para wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Alat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotik-apotik.

Baca juga:
Tips cepat hamil setelah haid

tips sehat anak bayi dan balita