6 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid


Sebagian besar wanita baru menyadari kehamilan pada dirinya setelah terlambat haid. Padahal sesungguhnya sebelum terlambat haid pun kehamilan bisa terdeteksi. Semakin cepat kehamilan diketahui, tentulah semakin baik. Kaum wanita bisa menjaga kehamilan tersebut sejak awal dan menjaga asupan nutrisi sehingga janin tumbuh sehat. Nah, berikut ini tanda awal kehamilan sebelum telat haid.

6 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

1.  Mudah merasa lelah

Jika Anda adalah tipe wanita yang senang bergerak, suka melakukan banyak hal dan pekerja keras, maka tanda awal kehamilan ini akan mudah terdeteksi. Tiba-tiba saja, Anda menjadi malas melakukan kegiatan. Rasanya seperti kehabisan tenaga dan ingin beristirahat sepanjang hari. Perubahan ini tak lain akibat perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Rasa lelah ini biasanya terjadi dan akan terus bertahan di trimester pertama kehamilan.

2.  Serangan sakit kepala

Satu lagi efek dari perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh adalah serangan sakit kepala. Karena itu jika Anda memang sedang merencanakan kehamilan dan merasakan serangan sakit kepala ini, sebaiknya hindari sebisa mungkin mengkonsumsi obat sakit kepala. Lebih baik beristirahatlah yang cukup, tidur sejenak dan konsumsilah makanan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Sebab obat-obatan sakit kepala bisa saja mempengaruhi janin yang masih sangat lemah.

3.  Indra penciuman yang menjadi lebih tajam

Indra penciuman akan menjadi lebih peka karena perubahan hormon yang terjadi pada tubuh. Para wanita yang sedang hamil akan mencium bau-bauan yang sebelumnya kurang dapat tercium. Bau-bauan akan tercium lebih kuat dan hal ini seringkali membuat wanita yang sedang hamil merasa terganggu.

4.  Perubahan suasana hati atau mood

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang satu ini seringkali  merepotkan, terutama bagi orang-orang di sekeliling wanita yang sedang hamil. Perubahan suasana hati atau mood akan terjadi dengan tiba-tiba. Wanita hamil akan menangis hanya karena hal-hal yang sepele. Misalnya saja saat mendengarkan lagu sedih atau ketika menonton film yang sedih. Tak hanya menangis, wanita hamil di masa-masa awal juga akan menjadi mudah sekali marah. Perubahan ini tak lain terjadi karena kondisi tubuh yang masih menyesuaikan diri dengan perubahan hormon-hormon karena kehamilan.

5.  Mual dan muntah

Tanda kehamilan yang satu ini sudah dipahami oleh sebagian besar kaum wanita. Rasa mual dan muntah biasanya dirasakan di pagi, siang dan malam hari. Frekuensi mual dan muntah biasanya muncul pada minggu keenam kehamilan. Tetapi banyak pula kaum wanita yang sudah merasakannya sejak awal. Atasi kondisi ini dengan makan makanan yang ringan seperti biskuit dan buah-buahan. Rasa mual dan muntah ini diakibatkan peningkatan hormon hCG yang terjadi di dalam tubuh.

6.  Munculnya kram di perut

Sebagian wanita menganggap kram diperut ini sebagai tanda-tanda menstruasi. Karena itulah tanda yang satu ini kerap diabaikan. Padahal di masa awal kehamilan, kram pada perut bisa saja terjadi. Kram perut ini tak lain disebabkan rahim yang mengalami pelebaran secara bertahap untuk mempersiapkan tempat bagi tumbuhnya janin.

Nah, itulah beberapa tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Tanda-tanda tersebut bisa membantu kaum wanita yang sedang merencanakan kehamilan untuk mengetahui kehamilan sejak awal. Tentu saja tanda-tanda tersebut bisa dipastikan dengan melakukan tes kehamilan yang lebih akurat, misalnya saja tes darah. Dengan cara ini kehamilan bisa terjaga sejak dini dan wanita yang sedang hamil pun menjadi lebih berhati-hati baik dalam melakukan aktivitas-aktivitas maupun dalam mengkonsumsi makanan serta obat-obatan.
tips sehat anak bayi dan balita