Obat Pencegah Kehamilan yang Praktis, Murah dan Efektif


Sebagian kaum wanita yang sudah menikah ingin membatasi jumlah kelahiran anak. Karena itulah mereka membutuhkan obat pencegah kehamilan atau lebih dikenal dengan istilah pil KB. Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang banyak digunakan saat ini sebab terbilang praktis dan memiliki harga yang terjangkau. Pil KB bisa didapatkan dengan mudah di apotik-apotik terdekat ataupun melalui resep dokter.

Ada beberapa jenis pil KB yang dikenal di pasaran sekarang ini yakni pil KB yang mengandung hormon progesteron dan pil KB yang mengandung perpaduan hormon progesteron dan hormon estrogen. Kedua jenis pil KB ini tentunya digunakan untuk kepentingan dan kondisi yang berbeda. Kaum wanita wajib memahaminya sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satunya.

Pil KB yang mengandung hormon-hormon di dalamnya bekerja dengan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan mencegah ovarium untuk melepaskan sel telur. Sedangkan cara yang kedua yakni dengan mempengaruhi lender di leher rahim sehingga menjadi lebih tebal. Akibatnya, sperma pun sulit untuk bergerak menuju ke rahim.

Pil KB sebagai obat pencegah kehamilan harus dikonsumsi dengan aturan yang tepat dan wajib diminum secara teratur agar bekerja dengan efektif mencegah kehamilan. Sebab jika dikonsumsi tidak teratur, maka peluang terjadinya kehamilan pun cukup besar. Hal ini pula yang menjadi kelebihan pil KB yakni bisa dengan cepat mengembalikan kesuburan.

Berikut ini dua jenis pil KB yang beredar di pasaran.


Pil KB Progesteron

Pil KB ini berfungsi untuk mencegah kehamilan. Namun biasanya, pil KB dengan kandungan progesteron diberikan kepada ibu sehabis melahirkan yang sedang memasuki masa menyusui. Dengan kandungan progesteron di dalamnya, ibu tetap bisa memberikan ASI kepada bayi dalam jumlah yang cukup.

Pil KB Kombinasi Progesteron dan Estrogen

Pil KB dengan kombinasi progesteron dan estrogen ini lebih efektif mencegah kehamilan jika dibandingkan dengan pil KB yang hanya mengandung hormon progesteron saja. Namun dengan kandungan estrogen di dalamnya, pil KB ini bisa membuat produksi ASI menjadi berkurang. Karena itulah pil KB ini tidak diberikan kepada ibu pasca bersalin yang akan segera menyusui bayinya.

Aturan Mengkonsumsi Pil KB

Seperti halnya obat-obatan lainnya, pil KB juga memiliki aturan penggunaan yang wajib diikuti. Untuk memilih dan mengkonsumsi pil KB ada baiknya  konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda agar bisa ditentukan jenis yang tepat untuk digunakan. Selanjutnya sebelum mengkonsumsi pil KB, kaum wanita perlu memastikan bahwa dirinya benar-benar tidak sedang dalam keadaan hamil. Karena itulah waktu yang dirasa tepat untuk mulai mengkonsumsi pil KB adalah saat sedang menstruasi.

Pil KB ada yang terdiri dari 21 pil dan ada yang terdiri dari 28 pil. Pil KB yang terdiri dari 28 butir ini 7 diantaranya memiliki warna dan ukuran yang berbeda. 7 pil ini sesungguhnya tidak mengandung hormon dan hanya berfungsi untuk memudahkan penghitungan waktu konsumsinya. Pil KB sebaiknya dimulai dari hari pertama atau hari kelima menstruasi dan diminum pada waktu-waktu yang sama agar tidak mudah lupa. Jika terlewatkan dalam sehari, maka diwajibkan untuk minum 2 butir sekaligus.

Saat ini telah tersedia pula jenis pil KB yang tidak hanya efektif mencegah kehamilan tetapi juga mampu mengurangi rasa nyeri saat haid, mencegah munculnya jerawat dan menurunkan resiko kanker pada kaum wanita. Kehadiran model pil KB seperti inilah yang membuat kaum wanita semakin berminat untuk menggunakan obat pencegah kehamilan berupa pil KB ini. Nah, apakah Anda juga tertarik untuk menggunakannya?
tips sehat anak bayi dan balita