Mengenali Gangguan Menstruasi dan Penyebabnya


Setiap wanita dewasa yang sehat tentunya mendapatkan menstruasi setiap bulan secara teratur. Sayangnya, sebagian wanita mengalami gangguan menstruasi. Gangguan-gangguan yang berkaitan dengan menstruasi ini membuat kaum wanita merasa tak nyaman. Nah, ada beragam gangguan yang berhubungan dengan menstruasi.

Sebaiknya kaum wanita memahami gangguan ini dan segera memeriksakan diri ke dokter jika merasakannya.


•    Pendarahan menstruasi yang berlebihan

Normalnya, jumlah darah yang keluar saat seorang wanita sedang menstruasi adalah sebanyak 30 ml hingga 80 ml atau sekitar 3-5 sendok. Namun sebagian wanita mengalami menstruasi berlebihan yang disebut dengan istilah menorrhagia. Pendarahan yang banyak ini membuat pembalut yang dikenakan cepat sekali penuh sehingga harus diganti setiap jam.

Kondisi gangguan yang disebut menorrhagia ditandai dengan keluarnya cukup banyak gumpalan darah selama periode menstruasi, pendarahan yang hebat di malam hari, dan menstruasi yang berlangsung lebih dari satu minggu. Penyebab menorrhagia ini sangat beragam sehingga dibutuhkan pemeriksaan medis untuk memastikannya.

Pendarahan berlebihan saat periode menstruasi bisa disebabkan karena hormon yang tidak seimbang, kehamilan ektopik, adanya tumor jinak yang tumbuh di dalam lahir, keguguran, kanker serviks, liver hingga ginjal. Untuk itu segera lakukan pemeriksaan medis jika merasakan tanda-tanda menorrhagia tersebut.

•    Menstruasi yang tidak teratur

Selain menstruasi yang berlebihan, banyak pula kaum wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur. Kondisi ini bisa disebabkan adanya gangguan pada hormon reproduksi, stress, olahraga yang terlalu berat, gangguan pada kelenjar tiroid dan juga kondisi anoreksia nervosa.

Menstruasi yang tidak teratur pada wanita menunjukkan bahwa telah terjadi gangguan ovulasi di dalam tubuh seorang wanita. Adanya gangguan ovulasi ini bisa menurunkan kesuburan dan menyebabkan kemandulan sehingga wanita yang mengalaminya sulit mendapatkan keturunan.

•    Nyeri hebat saat menstruasi

Sebagian besar kaum wanita merasakan nyeri ketika menstruasi. Tetapi sebagian wanita mengalami rasa nyeri yang hebat sehingga mengganggu aktivitas mereka. Gangguan menstruasi berupa rasa nyeri yang hebat ini terkadang disertai pula dengan tubuh yang panas dingin, meriang dan juga mual. Bahkan beberapa wanita sampai-sampai tak sadarkan diri akibat rasa nyeri yang sangat hebat.

Rasa nyeri yang berlebihan di waktu menstruasi ini disebut dengan istilah dismenorea. Ada beragam penyebabnya antara lain peradangan pada panggul, endometrioris, mioma, kista ovarium, infeksi menular seksual dan beberapa penyebab lainnya yang tak boleh dibiarkan terus terjadi. Penanganan untuk masing-masing penyebab berbeda-beda karena itulah dibutuhkan pemeriksaan medis yang cermat.

Khususnya untuk endometriosis kerap terjadi pada wanita yang berusia 30 tahun hingga 40 tahunan. Endometriosis ini merupakan suatu kondisi endometrium yang terdapat di luar rongga rahim. Kondisi inilah yang membuat munculnya rasa nyeri ketika menstruasi dan menstruasi menjadi tidak teratur. Selain menimbulkan gangguan yang berkaitan dengan menstruasi, endometriosis juga menyebabkan wanita sulit hamil, mengalami masalah pencernaan, sering buang air kecil dan beberapa masalah lainnya.

Nah, itulah beberapa gangguan yang mungkin terjadi berkaitan dengan siklus menstruasi pada seorang wanita. Gangguan menstruasi yang dirasakan sebaiknya tak boleh diabaikan sejak awal. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya. Semakin cepat diketahui, maka peluang kesembuhan semakin besar dan biaya pengobatan pun bisa ditekan. Biasanya pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan dengan USG dan dilanjutkan dengan pemeriksaan lainnya yang diperlukan. Menstruasi yang teratur dan tidak berlebihan tentu juga akan membuat kaum wanita nyaman dalam beraktivitas.

tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil