Inilah 6 Tanda Tanda Kehamilan yang Wajib Diketahui Wanita

Tanda Tanda Kehamilan yang perlu diketahui
Salah satu informasi penting yang perlu diketahui oleh para wanita dewasa adalah informasi seputar tanda tanda kehamilan. Pengetahuan ini dibutuhkan terutama bagi wanita dewasa yang sudah menikah dan sedang merencanakan kehamilan. Sebab semakin cepat kehamilan diketahui, maka sang ibu pun segera melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat. Misalnya saja pemeriksaan, mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, menghindari hal-hal yang buruk dan lain sebagainya. Nah, berikut ini beberapa tanda kehamilan.

1. Terlambat menstruasi

Tanda kehamilan yang satu ini paling mudah untuk dikenali. Kaum wanita yang normal dan sehat umumnya mendapatkan menstruasi setiap bulannya. Bagi mereka yang sedang merencanakan kehamilan, jadwal menstruasi yang tidak tepat waktu bisa menjadi pertanda terjadinya kehamilan.

2. Pembengkakan pada payudara

Memasuki masa-masa awal kehamilan, kaum wanita akan merasakan payudara yang semakin membesar disertai pula dengan rasa nyeri dan payudara yang menjadi lebih sensitif. Rasa nyeri pada payudara ini mirip seperti kondisi yang dirasakan menjelang menstruasi. Namun biasanya sedikit lebih parah. Selain itu, pada payudara juga akan didapati pembuluh darah yang timbul dan juga warna aerola yang semakin gelap.  Perubahan pada payudara ini terjadinya karena adanya perubahan hormon yang terjadi pada tubuh.

3. Menginginkan suatu makanan

Dorongan kuat untuk makan suatu makanan atau biasa disebut dengan istilah ngidam juga menjadi salah satu pertanda terjadinya kehamilan.

4. Buang air kecil menjadi lebih sering

Wanita yang sedang hamil cenderung lebih sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh yang mempengaruhi aliran darah. Di samping itu, tubuh wanita hamil juga memproduksi cairan yang lebih banyak. Kondisi inilah yang mendorong wanita hamil menjadi lebih sering buang air kecil.

5. Mual-mual dan muntah

Satu lagi tanda tanda kehamilan yang mudah dikenali adalah munculnya rasa mual dan muntah. Biasanya kondisi ini terjadi pada usia kehamilan 6 minggu ke atas. Para wanita hamil tak perlu kuatir sebab mual dan muntah menjadi salah satu pertanda bahwa janin tumbuh dengan sehat. Rasa mual dan muntah terutama dirasakan di pagi hari. Karena itulah, mual dan muntah pada ibu hamil disebut dengan istilah morning sickness.

Kondisi mual dan muntah terjadi akibat meningkatnya hormon dalam tubuh wanita yang bernama hormon hCG. Untuk mengurangi siksaan rasa mual ini, sebaiknya jangan langsung bangkit dari tempat tidur ketika bangun di pagi hari. Berbaringlah beberapa saat dan makanlah sedikit biskuit. Sediakan selalu biskut di dekat tempat tidur untuk menolong mengurangi rasa mual. Konsumsi pula jahe hangat untuk mengurangi rasa mual yang dirasakan.

6. Munculnya masalah pada perut

Pada masa-masa awal kehamilan, tentunya perut wanita hamil belum menampakkan perubahan secara kasat mata. Tetapi perubahan yang terjadi pada perut bisa dirasakan. Perubahan ini berupa munculnya rasa kram pada perut. Kram perut ini mirip dengan kram perut menjelang menstruasi. Kram terjadi tak lain karena rahim mengalami pelebaran untuk mempersiapkan tempat bagi janin. Selain itu, wanita hamil juga akan merasakan perut kembung dan konstipasi.

Nah, itulah beberapa tanda tanda kehamilan yang perlu diketahui oleh wanita dewasa. Jika beberapa tanda tersebut dirasakan, sebaiknya segera pastikan dengan melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan alat bantu tes kehamilan yang tersedia di apotik. Selain melakukan pemeriksaan sendiri, sebaiknya lakukan pula pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kehamilan dan sekaligus memeriksakan kondisi kehamilan.
tips sehat anak bayi dan balita