3 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo yang membandel
Apakah Anda sedang mencari cara menghilangkan komedo? Komedo memang menjadi salah satu masalah pada wajah yang tak hanya dialami oleh kaum wanita saja tetapi juga kaum pria. Komedo tak lain adalah campuran antara minyak di wajah dan kotoran yang menyumbat pada pori-pori wajah. Komedo ini semakin lama akan membuat wajah terlihat kusam. Komedo sendiri ada yang berwarna putih dan banyak pula yang berwarna kehitaman.

Untuk menghilangkan komedo dari wajah, ada beberapa cara praktis yang bisa dilakukan di rumah: 


Masker Tanah Liat

Jika di sekitar rumah Anda terdapat tanah liat, maka tanah liat bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo dengan mudah. Caranya, ambil tanah liat secukupnya dan balurkan di wajah hingga rata. Biarkan selama beberapa waktu barulah bilas hingga bersih dengan air hangat. Masker tanah liat mampu mengangkat komedo dan juga sel-sel kulit mati. Tak hanya itu saja, masker tanah liat juga akan mencegah komedo. Tanah liat dengan teksturnya yang unik memiliki daya serap yang tinggi dan membantu mengurangi produksi minyak di wajah yang dirasakan berlebihan.

Baking soda

Selain menggunakan masker tanah liat, cara menghilangkan komedo lainnya adalah dengan menggunakan baking soda. Siapkanlah baking soda secukupnya, lalu campurkan dengan sedikit air. Aduk-aduk hingga merata sehingga terbentuk pasta yang cukup kental. Selanjutnya ambil sejumput dan gosokkan perlahan di wajah yang berkomedo. Diamkan selama beberapa waktu hingga pasta baking soda mengering di wajah barulah kemudian bilas dengan air bersih.

Masker putih telur

Putih telur juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo dari wajah. Cara penggunaannya terbilang sangat praktis dan mudah. Cukup pisahkan putih telur dari kuningnya, kemudian balurkan ke seluruh wajah dengan bantuan kuas. Biarkan hingga putih telur mengering barulah bilas dengan air hangat. Tak hanya menghilangkan komedo, kandungan dalam putih telur akan menjaga kelembaban kulit dan mengencangkannya.

Cara menghilangkan komedo di atas tak lantas menjamin komedo tak datang lagi. Seiring berjalannya waktu, tentunya komedo akan muncul lagi. Karena itu selain melakukan perawatan untuk menghilangkan komedo, lakukan pula kebiasaan-kebiasaan baik untuk mencegah komede merajalela. Konsumsilah air putih setiap hari dalam jumlah yang cukup, kurangi makanan-makanan manis, kurangi makanan yang mengandung santan, dan rajin-rajinlah membersihkan wajah sebelum tidur. Dengan cara ini wajah akan terhindar dari komedo dan selalu tampak cantik berseri.
tips sehat anak bayi dan balita