Cara memandikan Bayi Baru Lahir Hingga Usia 11 Bulan

Cara memandikan Bayi Baru Lahir Hingga Usia 11 Bulan
Salah satu pengetahuan penting yang perlu diketahui oleh ibu yang sedang mempersiapkan kelahiran adalah pengetahuan mengenai cara memandikan bayi baru lahir. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan terutama bagi ibu baru yang belum mempunyai pengalaman sama sekali dalam merawat bayi baru lahir. Ibu-ibu muda wajib menambah pengetahuannya seiring masa persalinan yang semakin dekat.

Memandikan Bayi Usia 0 Sampai 3 Bulan

Ketika bayi baru lahir dan masih merah, kegiatan memandikan bayi tetap harus dilakukan. Tentunya ibu harus melakukannya dengan berhati-hati. Pada usia 0 sampai 3 bulan, kulit bayi masih sensitif dan tipis sehingga memandikan bayi perlu dilakukan dengan lembut. Pada usia ini sebaiknya gunakan air hangat agar bayi tidak mengalami hipotermia.

Untuk menghindari hipotermia, bungkus tubuh bayi dengan kain yang hangat. Setelah itu barulah mulai membersihkan bagian kepala, mencuci rambutnya dan membersihkan bagian atas tubuhnya. Kemudian keringkan bagian kepala dan bagian tubuh atas bayi. Sesudah itu buka kain pembungkus tubuh bayi dan membersihkan tubuhnya mulai dari alat kelamin. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan kaki dan tangan. Terakhir, bersihkan seluruh tubuh bayi dengan menggunakan washlap yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Memandikan Bayi Usia 4 Bulan Sampai Dengan 11 Bulan

Pada masa-masa awal kehidupannya, bayi sebaiknya masih dimandikan dengan menggunakan air hangat. Memandikan bayi dengan air dingin sebaiknya dilakukan jika bayi sudah berusia enam bulan ke atas. Pada usia ini kulit dan lemak bayi sudah lebih banyak sehingga bayi lebih tahan dengan air dingin.

Memandikan bayi pada usia 4 bulan ke atas memiliki sedikit perbedaan dengan cara memandikan bayi baru lahir. Pada usia ini, bayi sudah bisa dimandikan dengan menggunakan sabun mandi. Pilihlah sabun mandi yang aman dan lembut untuk kulit bayi. Untuk penggunaan sabun mandi ini, ibu cukup membasahi washlap dengan air lalu beri sedikit sabun pada washlap tersebut.

Usapankan washlap yang sudah diberi sabun secara merata ke tubuh bayi dengan lembut. Setelah itu bersihkan sabun hingga bersih dan angkat bayi dari bak mandi. Keringkan tubuh bayi sampai benar-benar kering terutama pada bagian lipatan-lipatan tubuh seperti di lipatan paha, ketiak, dan lipatan leher agar tidak lembab.

Frekuensi dan Durasi Memandikan Bayi

Seperti halnya orang dewasa, bayi pun bisa dimandikan dua kali sehari. Kebiasaan baik memandikan bayi dua kali sehari akan membantu membersihkan tubuh bayi dari berbagai macam kotoran seperti keringat, sisa-sisa makanan, air liur, feses dan juga urin. Namun jika bayi dalam kondisi yang tidak sehat sebaiknya cukup bersihkan bayi dengan cara menyekanya dengan air hangat saja.

Memandikan bayi tak perlu berlama-lama. Untuk itu persiapkan segala kebutuhan mandi bayi sebelum kegiatan mandi dimulai seperti bak mandinya, air, sabun, pakaian, handuk dan perlengkapan lainnya. Dengan melakukan persiapan ini, bayi tidak akan terlalu lama di dalam air. Cukup mandikan bayi selama 5 menit hingga 10 menit saja. Jika menggunakan air hangat, pastikan suhu air hangat tak lebih dan tak kurang dari 37 Celcius.

Nah, berbekal informasi mengenai cara memandikan bayi baru lahir hingga usia 11 bulan ini, para ibu muda pastinya menjadi lebih percaya diri untuk memandikan bayinya sendiri kelak. Beberapa rumah bersalin ataupun klinik ada juga yang memberikan seminar mengenai perawatan bayi baru lahir. Para ibu muda bisa mengikuti seminar seperti ini untuk melengkapi wawasannya.

tips sehat anak bayi dan balita