3 Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Cara Menghilangkan Keputihan
Keputihan menjadi salah satu keadaan yang paling sering dialami oleh hampir semua wanita. Keputihan bisa digolongkan menjadi dua macam yakni keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan normal adalah hal yang wajar terjadi pada setiap wanita di masa subur atau menjelang menstruasi. Sementara keputihan tidak normal perlu diwaspadai karena bisa disebabkan oleh jamur maupun bakteri. Lantas bagaimana cara menghilangkan keputihan tidak normal tersebut?

Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi keputihan yang tidak normal. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar kita. Nah, berikut ini ramuan-ramuan yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan tidak normal.

Daun Sirih

Daun sirih sudah dimanfaatkan sejak dahulu kala untuk mengatasi keputihan pada kaum wanita. Untuk membuat ramuan dari daun sirih, siapkanlah sekitar 10 helai daun sirih. Cuci bersih daun sirih lantas rebus dengan air secukupnya. Lantas gunakan air rebusan daun sirih selagi hangat untuk membasuh organ intim kewanitaan. Lakukan pengobatan ini secara teratur hingga dirasakan kondisi keputihan semakin membaik.

Akar mawar

Selain daun sirih, akar bunga mawar juga berkhasiat mengatasi keputihan. Untuk membuat ramuan dari akar mawar terbilang sangat mudah. Ambillah akar dari tanaman bunga mawar lalu cuci hingga bersih. Lalu rebuslah dengan air secukupnya dan minum air rebusan akar mawar tersebut secara rutin hingga dirasakan keputihan sudah kembali normal.

Temu kunci

Selain ramuan-ramuan yang terbilang praktis, ada pula ramuan yang cukup kompleks. Untuk kaum wanita yang telaten membuat jamu, maka ramuan ini bisa menjadi pilihan. Ramuan temu kunci ini terdiri dari beberapa bahan yakni temu kunci kira-kira 10 gram, kunyit dan temulawak masing-masing 5 gram dan sambiloto yang sudah dikeringkan sebanyak 15 gram. Bahan-bahan alami tersebut perlu direbus dengan air sebanyak 1000 cc. Rebuslah hingga air hanya tersisa 400 cc saja. Bagi air hasil rebusan ramuan tersebut menjadi dua bagian lalu minumlah dua kali sehari secara teratur.

Mencegah Keputihan Tidak Normal

Beberapa cara menghilangkan keputihan bisa dipilih oleh kaum wanita yang ingin menyembuhkan keputihan tak normal secara alami. Keputihan tak normal ditandai dengan jumlah cairan yang berlebihan, cairan tersebut pekat dan berwarna kekuningan atau kehijauan, berbau tak sedap dan menimbulkan rasa gatal pada organ intim kewanitaan.

Keputihan yang tidak normal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal antara lain kebersihan. Kaum wanita hendaknya berhati-hati saat menggunakan toilet umum sebab kebersihannya tidak terjamin. Sebaiknya perlu dihindari cara membasuh organ intim kewanitaan dengan air yang tidak terjamin kebersihannya. Perhatikan pula kebersihan pakaian dalam dan bahan pakaian dalam. Bahan pakaian dalam yang menyerap keringat bisa mencegah perkembangan jamur penyebab keputihan.

Saat membasuh organ intim kewanitaan, sebaiknya lakukan dari arah depan ke arah belakang dan bukan sebaliknya. Sebab kebiasaan membasuh organ intim kewanitaan yang salah juga bisa memicu munculnya keputihan tak normal. Membasuh dari belakang ke depan bisa memindahkan bakteri yang terdapat di anus ke bagian organ intim kewanitaan sehingga akhirnya terjadi keputihan yang berlebihan.

Nah, cara menghilangkan keputihan dan juga cara pencegahannya wajib diketahui oleh semua wanita. Sebab keputihan yang tak normal bukanlah sesuatu hal yang boleh diremehkan. Keputihan tak normal yang dibiarkan terus terjadi bisa menurunkan kesuburan pada kaum wanita dan dapat menjalar pada organ-organ reproduksi atas sehingga dapat menghambat terjadinya kehamilan.
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil