6 Fakta Penting Tentang Bayi Baru Lahir

Bayi Baru Lahir
Kelahiran buah hati tentunya begitu dinanti-nantikan oleh ibu yang sedang hamil. Para ibu melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kehadiran buah hati. Salah satunya adalah mempersiapkan diri dengan pengetahuan untuk mengurus bayi yang baru lahir. Selain itu, para calon ibu juga harus mengetahui beberapa fakta penting seputar bayi baru lahir. Pengetahuan ini akan membantu ibu untuk tidak panik saat mendapatinya pada buah hati mereka.

1.  Kotoran bayi baru lahir berwarna hitam

Bayi yang baru lahir tidak mengeluarkan kotoran seperti kotoran anak-anak pada umumnya. Dalam kurun waktu 1x24 jam, bayi akan mengeluarkan kotoran berwarna hitam. Kotoran ini lebih mirip kotoran kambing daripada kotoran manusia. Tetapi para ibu tak perlu merasa kuatir, sebab kotoran yang berwarna hitam tersebut tak lain adalah sisa-sisa makanan yang masuk ke tubuh bayi saat masih berada di dalam kandungan.

2.  Bayi sering buang air besar dan buang air kecil

Di masa-masa awal kehidupannya, bayi mengalami frekuensi buang air besar dan buang air kecil yang lebih sering. Karena itulah masa-masa awal ini menjadi masa yang cukup merepotkan bagi seorang ibu. Ibu perlu mempersiapkan banyak popok dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengurus bayi. Frekuensi buang air besar yang lebih dari 10 kali dalam sehari tak perlu membuat para ibu merasa kuatir. Sebab kondisi ini bukanlah pertanda diare. Kondisi ini sangat normal dan tidak membahayakan bayi.

3.  Bayi yang baru lahir belum bisa menyusu dengan baik

Fakta bayi baru lahir berikutnya yang tak boleh membuat para ibu menjadi resah adalah kenyataan bahwa bayi tak mampu menyusu dengan baik di masa-masa awal kehidupannya. Aktivitas menyusui sangatlah asing bagi bayi. Karena itulah bayi akan sering melepas puting susu ibunya saat sedang menyusu. Para ibu harus bersabar dalam menghadapi kondisi ini dan terus mendorong bayi untuk tetap menyusu. Nantinya seiring bertambahnya usia, bayi akan semakin terampil menyusu.

4.  Dia lebih banyak tidur

Pada masa-masa awal kehidupannya di dunia ini, bayi akan lebih banyak tidur. Tidak ada yang salah dengan aktivitas ini. Bayi memang membutuhkan waktu untuk tidur lebih banyak demi mendukung pertumbuhan otak serta tubuhnya. Dalam satu hari, setidaknya bayi membutuhkan waktu tidur selama 16 jam. Bayi bisa terlelap selama 4 jam sampai dengan 5 jam setiap kali.

5.  Bayi yang baru dilahirkan kulitnya keriput

Bayi yang baru saja dilahirkan tidaklah memiliki kulit yang kencang dan halus. Sebaliknya, bayi yang baru lahir mempunyai kulit yang keriput atau kulit yang belum sempurna. Nantinya seiring usianya yang terus bertambah dan asupan ASI yang diminum setiap hari, kulit bayi secara perlahan akan terlihat halus serta kencang.

6. Belum membutuhkan makanan ketika baru dilahirkan

Ketika baru saja dilahirkan, tubuh bayi masih menyimpan makanan cadangan yang dibawa dari rahim sang ibu. Karena itu, bayi mampu bertahan tanpa diberi makan sama sekali selama 3 x 24 jam. Fakta ini akan membantu para ibu untuk tidak panik jika ASI masih belum keluar di hari pertama kelahiran bayi. Hindari terburu-buru memberikannya susu formula dan sebaiknya gunakan waktu yang ada untuk secara maksimal merangsang keluarnya ASI.

Nah, itulah beberapa fakta penting seputar bayi baru lahir yang wajib diketahui oleh para ibu khususnya bagi para ibu yang baru pertama kali memiliki anak. Fakta ini akan membantu ibu untuk memahami masa-masa awal kehidupan bayi tanpa perlu merasa panik atau kuatir.

Baca juga:
Cara merawat bayi baru lahir

tips sehat anak bayi dan balita