Perubahan dan Asupan Nutrisi Di Usia Kehamilan 4 Bulan

Perubahan dan Asupan Nutrisi Di Usia Kehamilan 4 Bulan
Memasuki usia kehamilan 4 bulan atau sekitar 17 minggu hingga 20 minggu, ada semakin banyak perubahan yang dirasakan oleh ibu hamil. Pada usia kehamilan ini, hal luar biasa dan dinanti-nantikan para ibu hamil mulai terjadi. Ibu hamil akan mulai merasakan pergerakan bayi di dalam kandungannya dan hal ini tentulah sangat membahagiakan. Saat melakukan pemeriksaan dengan menggunakan USG (Ultrasonografi), ibu hamil juga akan mendapat raut wajah bayi yang semakin jelas.

Perubahan Pada Perut


Selain perkembangan tersebut, ibu hamil juga akan merasakan perubahan ukuran perut. Perut mulai tampak membesar sehingga ibu hamil disarankan untuk mengenakan busana atau celana hamil untuk mendukung kenyamanan perut. Perubahan pada perut ini tak lain disebabkan perkembangan janin yang semakin pesat. Pada bulan ini, ukuran bayi sudah mencapai kurang lebih 13 cm dengan bobot sekitar 140 gram.

Memasuki bulan keempat kehamilan ini pula, pada perut ibu hamil biasanya mulai muncul garis-garis halus tipis. Garis tersebut akan didapati pada bagian tengah perut, memanjang dari bagian ujung tulang kemaluan atau di atas kandung kemih, melewati pusat sampai tepat pada bagian bawah tulang dada. Nantinya garis-garis ini akan semakin tampak jelas seiring usia kehamilan yang terus bertambah.

Pada ibu hamil tak perlu mengkuatirkan perubahan tersebut. Sebab kelak ketika waktu persalinan telah selesai, maka secara bertahap dan perlahan-lahan garis-garis tersebut akan hilang. Perubahan yang terjadi pada perut ibu hamil itu tak lain disebabkan terjadinya peningkatan kadar hormon melanin selama waktu kehamilan.

Nutrisi untuk 4 Bulan Usia Kehamilan


Nutrisi selama kehamilan tak boleh diabaikan walau hanya sesaat saja. Memasuki usia kehamilan 4 bulan ini, janin membutuhkan nutrisi untuk pembentukan organ-organ tubuhnya. Pada bulan yang keempat ini pula, ibu hamil harus tetap berhati-hati terhadap resiko keguguran akibat gangguan kesehatan pada janin.

Pada bulan yang keempat ini, jari-jari tangan janin dan sidik jarinya sudah terbentuk. Begitu pula dengan telinga meskipun belum tampak benar-benar sempurna. Dalam pembentukan organ inilah, janin membutuhkan nutrisi yang cukup. Salah satunya zat besi untuk pembentukan darah. Karena itu ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi sumber makanan yang kaya akan zat besi seperti pisang, labu dan kurma.

Selain makanan-makanan tersebut, sebaiknya ibu hamil mulai menghindari makanan yang berlemak. Ada baiknya konsumsilah makanan rendah lemak untuk mengendalikan agar berat badan tidak berlebihan. Misalnya saja daging tanpa lemak dan susu rendah lemak. Dengan cara ini nutrisi janin terpenuhi dan berat badan ibu hamil bisa dikontrol.

Konsumsi pula makanan-makanan yang mengandung protein dalam jumlah yang cukup. Protein ini bisa berupa protein nabati maupun protein hewani. Contohnya saja susu, telur, dan kacang-kacangan. Konsumsi juga makanan yang kaya akan kalsium. Kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang rawan bayi. Kalsium bisa didapatkan dari susu, keju, yoghurt, lobak, oatmeal, tofu dan juga sayuran berwarna hijau.

Sayuran berwarna hijau dan buah-buahan yang kaya akan serat masih menjadi makanan yang wajib dikonsumsi pada usia kehamilan ini. Sebab serat akan membantu ibu hamil terhindar dari resiko sembelit yang kerap dialami ibu yang sedang mengandung. Sayuran dan buah-buahan juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk janin dan mendukung kesehatan ibu hamil.

Pada usia kehamilan 4 bulan ini pula, ibu hamil sebaiknya tetap melakukan olahraga yang aman untuk wanita hamil. Olahraga ini akan membantu melancarkan peredaran darah dan mendukung stamina ibu hamil. Olahraga juga akan membantu mempersiapkan kondisi fisik ibu hamil menjelang persalinan.
tips sehat anak bayi dan balita