Teknik-teknik Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Melahirkan Tanpa Rasa Sakit
Menjelang waktu persalinan tentunya menjadi masa-masa yang membahagiakan sekaligus mendebarkan bagi ibu hamil. Gambaran tentang proses persalinan yang menyakitkan membuat sebagian ibu hamil merasa kuatir. Nah, seiring pengetahuan manusia yang terus bertambah, saat ini telah hadir teknik-teknik yang disebut-sebut mampu membuat seorang ibu bisa melahirkan tanpa rasa sakit.

Jika Anda tertarik untuk mengenal teknik ini, simak informasinya sebagai berikut.


Teknik Water Birth

Teknik water birth atau melahirkan di dalam air bisa menjadi pilihan bagi ibu-ibu hamil yang ingin menjalani persalinan dengan rasa sakit yang minimal. Teknik water birth ini tergolong sebagai teknik baru di Indonesia dan masih sedikit rumah sakit yang menyediakan fasilitas untuk persalinan ini. Sedangkan di negara-negara maju seperti Amerika, Eropa Timur, dan Australia serta sebagian Asia, teknik melahirkan ini sudah menjadi teknik yang sudah dikenal luas.

Sesungguhnya proses melahirkan dengan teknik water birth tidak jauh berbeda dengan proses melahirkan normal. Perbedaannya terletak pada tempat persalinan dilakukan yakni di dalam kolam yang berisi air. Ibu yang hendak melahirkan dimasukkan ke dalam kolam khusus yang berisi air hangat saat terjadi bukaan keenam.

Penggunaan air hangat bertujuan untuk membuat kulit pada organ intim kewanitaan menjadi lebih elastis sehingga proses melahirkan diharapkan menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan melahirkan di dalam air hangat, sang ibu menjadi lebih santai, tenang dan nyaman sehingga proses mengejan tidak terlalu berat dilakukan.

Tentu saja persalinan di dalam air ini harus dilakukan dengan fasilitas persalinan yang lengkap untuk teknik water birth. Selain itu, tenaga medis pun juga harus memiliki pengetahuan yang cukup dan sudah menjalani pelatihan untuk mendampingi persalinan dengan teknik ini.

Persalinan dengan teknik water birth ini hanya untuk ibu-ibu hamil yang tidak memiliki infeksi suatu penyakit, bayi dalam rahim dengan kondisi yang normal, ibu yang tidak mempunyai penyakit menular dan juga untuk ibu-ibu dengan kondisi ketuban belum pecah saat masuk ke dalam kolam yang berisi air.

Teknik Hypnobirthing

Teknik melahirkan tanpa rasa sakit berikutnya adalah teknik hypnobirthing. Teknik ini merupakan teknik yang membantu mempersiapkan kehamilan dan persalinan secara menyeluruh baik tubuh, pikiran maupun jiwa. Teknik ini dilakukan dengan memasukkan niat atau sugesti positif mengenai persalinan yang lancar, mudah dan tidak seburuk cerita-cerita yang selama ini didengar kaum wanita.

Tak hanya bermanfaat untuk sang ibu saja, teknik hypnobirthing ini juga memberi efek positif bagi bayi. Teknik ini akan memperkuat ikatan batin antara janin dengan sang ibu, dan sang ibu dengan pasangannya. Teknik ini juga meningkatkan produksi ASI dan mendukung lahirnya anak-anak yang cerdas, kreatif dan sehat.

Teknik hypnobirthing ini dijalankan dengan empat teknik dasar yakni teknik relaksasi dan afirmasi dengan mengucapkan hal-hal yang positif sebagai cara sugesti diri, teknik visualisasi atau membayangkan keinginan, teknik berkomunikasi dengan bayi, dan teknik masuk ke alam bawah sadar atau deepening technique.

Seperti halnya teknik water birth, tidak semua rumah sakit memiliki layanan hypnobirthing ini. Salah satu praktisi hypnobirthing di Indonesia yang sudah cukup populer adalah Lanny Kuswandi. Lanny adalah seorang bidan yang telah berkecimpung dengan teknik hypnobirthing ini sejak 2002.

Nah, itulah dua teknik melahirkan tanpa rasa sakit yang bisa dipilih oleh para ibu yang hendak menghadapi persalinan. Dengan teknik ini diharapkan persalinan bisa berjalan dengan lebih lancar dengan resiko rasa sakit yang diminimalkan. Tentunya jauh-jauh hari ibu hamil harus menghubungi pihak-pihak yang akan mendampingi untuk melakukan salah satu teknik yang dipilih agar persiapan yang maksimal bisa dilakukan.
tips sehat anak bayi dan balita