Perkembangan dan Nutrisi Untuk Usia Kehamilan 3 Bulan

Nutrisi Untuk Usia Kehamilan 3 Bulan

Seiring bertambahnya usia kehamilan, tentunya para ibu hamil semakin merasakan kebahagiaan. Memasuki kehamilan 3 bulan, ibu hamil semakin ingin mengetahui perkembangan janin di dalam kandungannya. Kebahagiaan dan rasa ingin tahu bercampur menjadi satu. Namun semua itu tak boleh membuat ibu hamil menjadi lengah. Asupan nutrisi masih terus harus diperhatikan agar perkembangan janin tidak terhambat.

Perkembangan Janin Pada Usia 3 Bulan Kehamilan

Pada bulan ketiga kehamilan ini, ibu hamil sudah bisa melihat bentuk hidung dan mulut janin dengan lebih jelas. Mulut janin pun sudah bisa melakukan gerakan menutup dan membuka. Organ tubuh lainnya juga sudah mulai bertumbuh dan terlihat seperti lengan dan tungkai. Tangan-tangan janin pun sudah mampu bergerak. Sedangkan ukuran janin telah mencapai sekitar 39 mm dengan bobot lebih kurang 20 gram.

Pada usia 3 bulan kehamilan ini, ibu hamil bisa meminta melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit keturunan. Contohnya saja sindroma down atau thalassemia. Pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit keturunan ini adalah pemeriksaan CVS atau Chorion Villus. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui jika terdapat kerusakan pada kromosom. Dalam pemeriksaan ini, contoh dari sel-sel plasenta akan diambil sebagai bahan untuk melakukan analisa. Kerusakan yang terjadi pada kromosom bisa disebabkan berbagai hal mulai dari virus, zat-zat berbahaya, bakteri, penyakit hingga kelainan kromosom yang diturunkan oleh orangtua.

Pada bulan ketiga kehamilan ini pula, ibu hamil akan mendapatkan imunisasi TT – 2. Lakukan pemeriksaaan kehamilan paling tidak sekali dalam triwulan ini sebab bahaya terjadinya keguguran masih terus mengintai selama usia kehamilan 3 bulan ini.

Nutrisi Usia 3 Bulan Kehamilan

Memasuki usia kehamilan ini, janin akan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Karena itulah ibu hamil perlu memperhatikan asupan nutrisinya setiap hari. Pada bulan yang ketiga ini, ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Telur

Ibu hamil bisa meningkatkan konsumsi telur pada usia kehamilan ini. Tetapi tetap perhatikan mengenai tingkat kematangan telur yang dikonsumsi. Pastikan telur yang dikonsumsi benar-benar matang agar tidak menimbulkan resiko terjadinya infeksi bakteri pada janin. Telur yang dikonsumsi bisa direbus, digoreng atau diolah dengan cara lainnya asalkan benar-benar matang.

2. Bayam

Bayam masih menjadi pilihan sayuran yang wajib dikonsumsi ibu hamil sejak masa awal kehamilan. Di bulan yang ketiga ini pun, konsumsi bayam masih harus tetap dipertahankan. Sebab kandungan zat besi dan asam folat dalam bayam masih sangat diperlukan oleh janin. Selain untuk janin, zat besi dalam bayam juga membantu ibu hamil agar tidak terkena anemia.

3. Kacang almond

Sebagai kudapan yang bergizi, kacang almond bisa menjadi pilihan yang tepat. Kacang almond mengandung vitamin E, omega 3 dan juga protein. Vitamin E dalam jenis kacang ini mampu meningkatkan jumlah darah yang akan mendukung selama kehamilan.

Nah, itulah perkembangan janin pada usia kehamilan 3 bulan dan nutrisi yang dibutuhkan di usia kehamilan ini. Informasi yang cukup mengenai perkembangan janin akan membantu ibu hamil untuk lebih waspada dan berhati-hati untuk mendukung perkembangan janin.
tips sehat anak bayi dan balita