Bagaimana Cara Mempercepat Menstruasi?

Bagaimana Cara Mempercepat Menstruasi ?
Semua wanita normal tentu mengalami menstruasi setiap bulan. Siklus menstruasi rata-rata terjadi setiap 28 hari atau normalnya terjadi antara 21 hari hingga 35 hari. Berkaitan dengan menstruasi, sebagian wanita bertanya-tanya apakah ada cara mempercepat menstruasi? Pertanyaan seperti ini biasanya muncul dari wanita-wanita yang sibuk, wanita yang hendak melakukan kegiatan penting seperti naik haji atau bepergian jauh, dan wanita yang sering terlambat menstruasi.

Wanita yang sibuk ingin mempercepat menstruasi agar tidak mengganggu kegiatan tertentu yang hendak dilakukan pada suatu waktu. Demikan pula dengan kaum wanita yang hendak naik haji atau bepergian. Menstruasi pada saat naik haji atau bepergian pastinya akan sangat merepotkan dan menjadi penghalang melakukan kegiatan. Sedangkan pada wanita yang sering terlambat menstruasi, mempercepat menstruasi menjadi cara agar siklus menstruasi kembali normal.


Mempercepat Menstruasi


Secara medis memang ada teknik yang bisa dilakukan untuk mempercepat terjadinya menstruasi. Teknik ini dijalankan dengan cara mengatur hormon-hormon di dalam tubuh wanita yang mempengaruhi siklus menstruasi. Beberapa hormon yang mempengaruhi menstruasi adalah hormon GnRH (Gonadotropin Releasing Hormon), FSH (Follicle Stimulating Hormone), LH (Luteinizing Hormone), estrogen dan progesteron.

Hormon-hormon tersebut akan dipengaruhi dengan pemberian obat-obatan sehingga menstruasi datang lebih cepat dari waktu yang semestinya. Dengan cara ini diharapkan pada saat-saat penting menstruasi tidak terjadi.

Tetapi tentu saja teknik yang dilakukan untuk mempengaruhi hormon-hormon tersebut harus dilakukan di bawah pengetahuan dan pengawasan dokter. Tidak disarankan kaum wanita melakukan teknik ini sendiri dengan menggunakan obat-obatan yang tidak diketahui secara pasti efek-efeknya di masa depan. Cara mempercepat menstruasi ini harus dilakukan dengan tepat sehingga tidak muncul efek samping yang merugikan.


Mempercepat Menstruasi Secara Alami


Selain dengan teknik medis, ada cara lain untuk mempercepat menstruasi yakni dengan cara-cara alami tanpa melibatkan obat-obatan kimia. Mempercepat menstruasi secara alami ini khususnya bisa dilakukan pada wanita yang seharusnya sudah mendapatkan menstruasi pada tanggal tentu namun ternyata tak kunjung mendapatkannya. Untuk mempercepat menstruasi, konsumsilah makanan-makanan berikut ini.


•    Jahe

Jahe memberikan rasa hangat pada tubuh dan membantu memperlancar peredaran darah. Untuk mendorong terjadinya menstruasi, minumlah 2 gelas air jahe hangat setiap hari. Untuk membuatnya, bersihkan rimpang jahe lalu potong kecil-kecil. Kemudian seduh potongan jahe tersebut dan minumlah selagi hangat. Tambahkan madu atau gula jawa untuk memberikan rasa manis.


•    Seledri

Daun dan batang seledri mengandung zat yang disebut apiol. Apiol yang terkandung dalam seledri akan merangsang kontraksi pada rahim. Selain itu, kandungan-kandungan lainnya dalam seledri juga bisa merangsang aliran darah sehingga diharapkan menstruasi segera terjadi.


•    Pepaya

Pepaya tidak hanya kaya akan serat dan memperlancar pencernaan, tetapi juga bisa merangsang terjadinya menstruasi. Karoten yang terkandung di dalam pepaya diyakini merupakan zat yang mampu merangsang menstruasi. Jika tidak ada pepaya, konsumsilah labu atau wortel yang juga kaya akan karoten.

Selain mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, lakukan pula olahraga ringan yang teratur. Olahraga ini akan melancarkan peredaran darah sehingga membuat menstruasi lebih lancar atau cepat terjadi. Konsumsi pula air putih dalam jumlah yang cukup.

Cara-cara alami untuk mempercepat terjadinya menstruasi memang tidak akan menampakkan hasil yang cepat atau instan. Dibutuhkan beberapa hari hingga menstruasi yang diharapkan terjadi. Hal ini tentunya berbeda dengan penggunaan obat-obatan kimia yang bereaksi lebih cepat. Nah, itulah beberapa cara mempercepat menstruasi yang bisa dilakukan oleh kaum wanita.

Baca juga:
Tips mencegah keputihan sejak dini
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil