Aturan Cara Minum Pil KB yang Wajib dipahami Kaum Wanita

Aturan dan Cara Minum Pil KB
Sebagian pasangan suami istri yang ingin mengatur kelahiran anak dalam keluarganya memilih untuk menggunakan pil KB. Pil KB yang dikonsumsi oleh para istri akan mencegah terjadinya kehamilan. Pil KB menjadi pilihan karena mudah diperoleh dan harganya terjangkau. Namun para wanita yang memilih menggunakan pil KB harus disiplin untuk mengkonsumsinya setiap hari agar pil KB bisa bekerja secara efektif. Nah, sebenarnya bagaimanakah aturan cara minum pil KB ini?

Aturan Minum Pil KB

Pil KB mempunyai tingkat efektivitas yang cukup tinggi untuk mencegah terjadinya kehamilan. Hanya saja cara penggunaannya haruslah tepat. Jika tidak, kemungkinan terjadinya kehamilan bisa saja terjadi. Seorang wanita yang baru saja mulai menggunakan pil KB, sebaiknya mengkonsumsi pil KB pada hari pertama haid. Konsumsi pil KB ini dilanjutkan sampai selama 21 hari.

Setelah itu, konsumsi pil KB dihentikan selama 1 minggu. Dalam kurun waktu ini, biasanya akan terjadi pendarahan. Pendarahan yang terjadi seperti halnya menstruasi namun dengan jumlah darah yang lebih sedikit. Kaum wanita pun tidak akan merasakan sakit seperti halnya menstruasi pada umumnya. Sesudah 7 hari berhenti mengkonsumsi pil KB, lanjutkan kembali mengkonsumsi pil KB selama 21 hari dan demikian seterusnya.

Kedisiplinan memang menjadi faktor penting jika seorang wanita memilih untuk menggunakan pil KB. Perlu diingat bahwa rentang waktu antara dua pil KB yang dikonsumsi tidak boleh lebih dari 36 jam. Sebab pil KB memiliki dosis yang rendah sehingga jeda waktu yang lebih dari 24 jam membuat pil KB tidak bisa bekerja dengan efektif. Aturan cara minum pil KB inilah yang perlu dipahami oleh kaum wanita yang memilih pil KB sebagai alat kontrasepsi.


Tips Sukses Menggunakan Pil KB

Melihat aturan minum pil KB yang begitu ketat, wajar jika sebagian wanita kerap lupa minum pil KB sesuai dengan jadwal. Kasus seperti ini kerap terjadi terutama pada wanita yang sibuk. Nah, agar sukses dalam menggunakan alat kontrasepsi berupa pil KB, simaklah beberapa tips berikut ini.

•    Tentukan waktu minum pil KB yang sama setiap harinya agar memudahkan untuk mengingat waktu yang sama pada hari-hari berikutnya

•    Bawalah pil KB kemana saja termasuk saat bepergian ataupun ketika bekerja

•    Atur alarm pada ponsel atau pada jam untuk mengingatkan waktu minum pil KB

•    Jika sedang bepergian ke luar negeri, aturlah waktu mengikuti aturan waktu di tanah air sehingga jadwal minum pil KB tidak berubah-ubah

Berbekal beberapa tips tersebut, diharapkan resiko lupa minum pil KB bisa diperkecil. Lantas apa yang harus dilakukan jika suatu saat Anda terlupa minum pil KB? Jika sampai terlupa dan terlewat cukup lama, sebaiknya segera minum pil KB tersebut. Lalu kembalilah ke jadwal minum pil KB yang sudah dibuat. Bila kelupaan minum pil KB selama 2 hari, maka segera saja minum pil KB sebanyak 2 butir sekaligus lalu kembalilah ke jadwal sebelumnya.

Pada masa-masa awal minum pil KB memang terasa cukup sulit. Tetapi lama kelamaan Anda akan menjadi semakin terbiasa dengan aturan cara minum pil KB yang sudah ditentukan. Namun jika merasa benar-benar kerepotan, masih ada pilihan KB lainnya yang bisa menggantikan pil KB. Contohnya saja implan, IUD maupun suntik. Untuk itu berkonsultasilah dengan dokter atau bidan agar bisa memilih alat kontrasepsi dengan tepat.
tips sehat anak bayi dan balita