Senam Hamil Yophytta, Membantu Mengurangi Kecemasan Wanita Hamil

Seorang wanita yang sedang hamil mengalami banyak sekali perubahan pada tubuhnya, mulai dari sistem reproduksi, sistem pencernaan, tulang, otot, pernafasan, endokrin hingga jantung. Selain itu, wanita hamil juga mengalami perubahan emosi yang bercampur aduk atau datang silih berganti, seperti cemas, marah dan sedih. Dalam keadaan seperti ini, wanita hamil tak hanya perlu memperhatikan asupan gizi saja tetapi juga perlu berolahraga yakni dengan melakukan senam hamil.
Senam Hamil

Senam khusus untuk wanita hamil akan membantu memberikan ketenangan dan membantu tubuh beradaptasi dengan banyak perubahan hingga saat melahirkan tiba. Salah satu senam yang sekarang ini sedang populer di kalangan wanita hamil adalah senam Yophytta.

Sekilas Tentang Senam Yophytta

Senam Yophytta diciptakan pada tahun 2009 oleh seorang ibu bernama Arsaningsih. Sampai saat ini, senam Yophyta sudah diterapkan di banyak rumah sakit. Tak kurang dari 18 ribu ibu hamil sudah mengikuti dan mempelajari senam ini. Senam untuk ibu hamil ini terbilang unik karena memadukan gerakan tai chi, pilatea, yoga dan juga hypnoterapy. Dengan gerakan-gerakan dalam senam ini, ibu hamil akan dilatih baik secara fisik maupun mental.

Popularitas senam Yophytta ini pun menarik perhatian sekelompok orang untuk melakukan penelitian mengenai efek senam Yophytta bagi perkembangan anak. Ternyata didapati bahwa para ibu hamil yang rajin melakukan senam Yophytta akan melahirkan anak yang cenderung tidak rewel, tidak banyak menangis atau lebih tenang.

Manfaat Senam Yophytta Bagi Ibu Hamil

Tidak hanya memberikan efek positif bagi anak yang dilahirkan, senam hamil Yophytta ini juga memberikan banyak manfaat untuk wanita yang sedang mengandung. Berikut beberapa manfaatnya.

·         Meningkatkan daya pikir positif

Memasuki masa kehamilan dan mendekati masa persalinan, wanita hamil umumnya merasakan kekuatiran mengenai banyak hal. Mereka mengkuatirkan perkembangan janin, proses melahirkan yang menyakitkan, kondisi bayi setelah dilahirkan hingga kekuatiran tidak bisa menjadi orangtua yang baik. Akibat kekuatiran tersebut, tak sedikit ibu hamil yang mengalami stress. Padahal stress pada ibu hamil dapat mempengaruhi janin dalam kandungan.
Gerakan-gerakan senam Yophytta bertujuan membangun kemampuan untuk berpikir positif mengenai kehamilan, proses kelahiran hingga tahap pengasuhan anak. Senam ini membantu ibu hamil mengatasi stress dan menjaga kestabilan emosi.

·         Meringankan keluhan di masa kehamilan

Ada banyak keluhan yang dirasakan ibu hamil seiring meningkatnya usia kehamilan, mulai dari morning sickness, nyeri sendi, sakit pinggang dan keluhan-keluhan lainnya. Gerakan senam Yophyta akan membantu meringankan keluhan-keluhan tersebut.

·         Mempersiapkan kelahiran

Gerakan-gerakan senam Yophytta membantu memperkuat elastisitas otot dasar panggul dan juga dinding perut yang tidak hanya berperang penting selama kehamilan tetap juga di waktu persalinan. Ibu hamil juga akan dilatih untuk melakukan suatu gerakan yang disebut gerakan kucing. Gerakan ini mengajarkan pada ibu hamil ketika harus mengejan di waktu persalinan.

Nah, untuk mendapatkan hasil yang optimal yakni tubuh bugar dan proses persalinan lancar, wanita yang sedang hamil sebaiknya melakukan gerakan senam Yophytta secara teratur. Senam Yophyta ini bisa mulai dilakukan pada usia kehamilan 5 bulan. Sebab di bulan ini, usia janin sudah dianggap cukup kuat. Gerakan senam Yophytta biasanya dilakukan selama kurang lebih 1 (satu)  hingga satu setengah jam.


Senam Yophytta ini diawali dengan tahapan relaksasi dilanjutkan dengan tahapan afirmasi atau membangun pikiran positif. Kemudian barulah dilakukan latihan-latihan fisik seperti peregangan, latihan untuk otot dasar panggul dan latihan untuk otot paha bagian dalam. Jika para wanita hamil tertarik untuk mengikuti senam hamil Yophytta ini, segera saja hubungi rumah sakit ibu dan anak atau rumah sakit umum terdekat. 
tips sehat anak bayi dan balita