Alat Tes Kehamilan, Begini Cara Menggunakannya

Uji kehamilan awal bisa dilakukan sendiri di rumah dengan alat tes kehamilan praktis yang disebut test pack. Alat ini bekerja dengan mendeteksi hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang terdapat pada urine. Hormon hCG tak lain adalah hormon yang diproduksi tubuh wanita sesudah terjadi pembuahan. Pada wanita yang sedang hamil, maka akan terdeteksi kadar hCG yang cukup tinggi. 
alat tes kehamilan

Menggunakan Test Pack Dengan Benar

Saat ini di pasaran telah tersedia dua macam test pack yakni dalam bentuk setrip dan compact. Alat tes bentuk setrip digunakan dengan cara dicelupkan ke dalam sebuah wadah yang sudah berisi urine. Ketika alat tes setrip ini menyentuh urine, maka akan terjadi perubahan tertentu. Jika kandungan hormon hCG terdeteksi pada urine, umumnya akan muncul dua garis merah. Sebaliknya bila tidak ada kandungan hormon hCG pada urine, maka akan muncul satu tanda strip saja. 

Sementara alat tes bentuk compact dipakai dengan cara meneteskan urine pada bagian tertentu di alat tes tersebut. Bila alat ini menemukan kandungan hCG, maka akan muncul tanda positif. Sebaliknya, muncul tanda negatif jika tidak terdeteksi adanya hCG. Baik alat tes berbentuk setrip maupun compact umumnya hanya untuk penggunaan sekali pakai saja.

Tes kehamilan dengan menggunakan tes pack ini bisa dilakukan setiap saat, tak harus menunggu urine di pagi hari. Tetapi memang urine di pagi hari lebih pekat dibandingkan urine di siang atau sore hari sehingga memudahkan alat tes untuk mengenali keberadaan hormon hCG.

Tes kehamilan ini bisa dilakukan paling tidak dua hari sebelum jadwal menstruasi atau ketika sudah terlambat datang bulan. Namun karena setiap alat tes untuk mendeteksi kehamilan memiliki tingkat kepekaan yang berbeda-beda, sebaiknya ikuti petunjuk waktu pelaksanaan tes yang tertera pada kemasan alat tes kehamilan tersebut. Sebab kesalahan dalam penggunaan test pack bisa mempengaruhi hasil yang ditampilkan. Perhatikan pula mengenai masa kadaluarsa test pack. Test pack yang sudah kadaluarsa juga tidak bisa menampilkan hasil yang akurat.

Alternatif Test Pack

Selain menggunakan test pack untuk mendeteksi kehamilan awal, ada alternatif sederhana untuk mengetahui kehamilan. Salah satunya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi yang bisa dipakai untuk mengetahui kehamilan adalah pasta gigi yang berwarna putih. Caranya, tampung urine di pagi hari dalam sebuah wadah lalu teteskan pada pasta gigi. Bila pasta gigi tersebut berubah menjadi berwarna biru atau menjadi berbusa, maka kemungkinan telah terjadi pembuahan atau kehamilan. 

Selain pasta gigi, gula juga bisa digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Caranya, tampung urine di pagi hari lalu tambahkan dengan dua atau tiga sendok makan gula. Gula yang menggumpal menunjukkan kemungkinan telah terjadi kehamilan. Sebaliknya, gula yang cepat leleh dan tercampur dengan urine menandai belum terjadi kehamilan. 

Baik test pack maupun beberapa alternatif test pack tersebut hanya digunakan untuk memastikan kadar hormon hCG saja. Alat tes tersebut tidak bisa memastikan kehamilan normal atau tidak, misalnya kehamilan anggur. Untuk itu sebaiknya lanjutkan dengan memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan setelah menggunakan alat tes kehamilan sendiri di rumah dan mendapati hasil positif.

Baca juga:
mengetahui kehamilan dengan cara kuno dan modern

tips sehat anak bayi dan balita