Tips Berbelanja Perlengkapan Bayi

mempersiapkan perlengkapan bayi
Menjadi seorang ibu adalah hal yang sangat menggembirakan, anak adalah anugerah yang tak terhingga dan memilikinya membuat hidup Anda menjadi sempurna. Karena terlalu gembira terkadang sang ibu menjadi terlalu semangat saat memilih-milih perlengkapan bayi sehingga akhirnya barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan akhirnya juga dibeli. 

Demi mempersiapkan hari-hari Anda bersama sang buah hati Anda mempersiapkan terlalu banyak barang karena berpikir untuk membeli barang sekaligus hingga 1 atau 2 tahun ke depan. Namun siapa tahu mengenai pertumbuhan anak Anda nanti, jika ia tumbuh dengan besar maka baju-baju yang sudah Anda belikan bisa saja kekecilan untuknya sehingga bahkan belum sempat dipakai tetapi baju tersebut harus digudangkan. 

Kemudian kesalahan lain orang tua saat membeli perlengkapan bayi adalah sering kali Anda membeli barang karena senang dengan warna atau bentuknya yang lucu padahal belum tentu barang tersebut pas dan cocok digunakan untuk anak Anda. Karena saat ini perlengkapan bayi yang dijual itu begitu beragam macamnya, bahkan ada berbagai gadget dan peralatan elektronik yang bisa digunakan untuk kelengkapan bayi Anda. Untuk membeli perlengkapan bayi agar efektif maka Anda harus memiliki suatu strategi yang baik dalam berbelanja agar tidak boros dan sesuai dengan kebutuhan. 

Membeli Perlengkapan  Baju Bayi

Perlengkapan baju bayi ada berbagai macam, tidak hanya bajunya saja yang perlu Anda beli, tetapi ada juga sarung tangan bayi yang digunakan pada bayi agar bayi Anda tidak melukai dirinya sendiri dengan kukunya secara tidak sengaja. Baju bayi yang saat ini dijual sangat lucu dan bermacam model juga merk, Anda jangan cepat tergoda dan belilah yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan. Kita tidak tahu seberapa cepat pertumbuhan yang dialami oleh anak kita sehingga membeli baju dengan ukuran yang sedikit longgar bisa menjadi cara yang baik agar nantinya baju bayi yang Anda beli bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Tips Membeli Popok Bayi

Pada bayi yang baru lahir kebanyakan lebih suka membeli popok sekali pakai. Namun terkadang hal itu membuat pengeluaran Anda menjadi terlalu banyak. Ada baiknya Anda pakaikan popok kepada bayi Anda saat Anda mengajaknya bepergian saja, sedangkan jika di rumah Anda bisa menggunakan popok kain yang setelah dipakai sekali bisa dicuci kembali dengan bersih. Memang sedikit merepotkan tapi itu bisa menjadi suatu penghematan. Terkadang popok bayi yang diperjualbelikan pun membuat sang bayi terkena iritasi pada bagian pantat dan pahanya karena terkena popok yang mutunya jelek.

Perlengkapan Mandi Bayi

Perlengkapan bayi saat mandi juga harus Anda pertimbangkan. Perlengkapan tersebut terdiri dari shampoo, handuk dan sabun. Ember yang digunakan untuk memandikan bayi juga sebaiknya ember khusus untuk mandi bayi. Saat Anda hendak memandikan bayi Anda, lebih baik atur dan siapkan semua barang yang diperlukan serta dekatkan dalam jangkauan Anda sehingga Anda bisa meraihnya dengan mudah saat sedang memandikan bayi. Setelah selesai mandi, Anda harus gerak cepat menghangatkan dan memakaikan bajunya agar bayi tidak kedinginan.

Perlengkapan Kamar Bayi

Hal selanjutnya yang mesti Anda perhatikan adalah masalah perlengkapan kamar bayi. Anda baiknya meletakkan boks tempat tidur bayi di dalam kamar Anda sehingga Anda bisa mengontrol bayi Anda setiap saat. Namun jika Anda lebih nyaman membuatkan kamar yang terpisah untuk sang bayi maka Anda baiknya mempersiapkan baby monitor yang bisa membuat Anda terus menjaga bayi Anda meski dari kamar yang terpisah. Baby monitor ini bisa membuat Anda mendengar suara tangisan bayi Anda saat ia menangis di kamarnya. 

Bahkan ada juga baby monitor yang saat bayi menangis akan mengeluarkan musik menenangkan yang disukai bayi sehingga ia bisa tenang dan tertidur kembali dalam boksnya. Perlengkapan bayi ini bisa Anda persiapkan sebelum bayi Anda lahir, agar nantinya saat ia lahir Anda sudah siap dengan perlengkapan kamarnya sehingga bayi Anda bisa tidur dengan nyaman.

Perlengkapan Menyusui

Perlengkapan menyusui juga perlu dipikirkan karena ASI adalah kebutuhan utama sang bayi. Untuk perlengkapan menyusui Anda perlu membeli sebuah breast pad yang selalu bisa Anda gunakan agar ASI Anda tidak selalu keluar dan membuat pakaian Anda menjadi basah. Selain itu jika Anda adalah seorang ibu yang bekerja maka Anda bisa membeli pompa asi juga agar Anda bisa menyimpan cadangan ASI Anda di rumah, sehingga sewaktu-waktu bayi Anda membutuhkannya maka bisa langsung diminumkan ASI dari botol tanpa Anda perlu pulang ke rumah di tengah kesibukan Anda. 

Selain itu pada saat masa menyusui Anda harus selalu memperhatikan asupan gizi Anda. Makanan-makanan yang Anda makan akan berpengaruh pada kualitas ASI Anda dan nantinya yang akan terkena dampak buruknya adalah anak Anda. Perbanyak makan dan sayuran agar ASI Anda lancar dan bayi Anda mendapatkan gizi yang ia butuhkan.

Baca juga:
persiapan menyambut kelahiran bayi


tips sehat anak bayi dan balita