Awas, pembalut wanita berkualitas buruk

pembalut wanita berkualitas bagus
Kanker mulut rahim atau kanker serviks merupakan salah satu pembunuh wanita di seluruh dunia di samping kanker payudara. Penyebab kanker serviks adalan virus yang menyerang daerah kewanitaan. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seorang wanita terjangkit kanker mulut rahim, salah satunya adalah pembalut yang berkualitas buruk. Pembalut merupakan benda yang tidak bisa lepas dari wanita, karena itu berhati-hatilah dalam memperhatikan kualitas pembalut Anda.
Tahukah Anda bahwa WHO menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pasien kanker serviks terbanyak dan 62%-nya diakibatkan karena menggunakan pembalut yang tidak baik? Masa menstruasi adalah masa rawan untuk wanita dan mudah sekali terkena infeksi bakteri. Bayangkan saja, selama 2 jam Anda memakai pembalut ada 107 bakteri/mm2 yang bersarang di permukaan pembalut biasa. Pada saat ini, resiko seorang wanita terkena infeksi bakteri adalah 83% di mana 8 dari 10 wanita akan terkena infeksi. Wanita yang sudah terkena infeksi bakteri dan menjadi penyakit akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk sembuh dan membersihkan diri dari bakteri yang bersarang.

Ketika membeli sebuah merk pembalut apa yang menjadi hal pertimbangan Anda? Design bungkusnya yang lucu? Jaminan anti bocor? Atau harganya yang murah serta nyaman dipakai? Ternyata hal-hal tersebut bukan jaminan bahwa isi pembalut adalah substansi yang aman untuk vagina Anda. Kualitas isi kapas pembalut sangat penting menentukan keamanan pembalut tersebut untuk dipakai. Terlebih karena produk pembalut adalah produk sekali pakai sehingga banyak produsen pembalut yang membuat pembalut dari kertas sampah daur ulang. Akibatnya, produsen akan membuat pembalut menggunakan bahan-bahan kimia untuk menghilangkan bau, memutihkan kembali, dan proses sterilisasi bakteri. Pembalut yang murah biaya produksinya inilah yang banyak dibeli oleh wanita karena memang harga jualnya juga lebih terjangkau.
Vagina merupakan area yang paling banyak bakterinya dan keadaan ini semakin parah ketika wanita mengalami menstruasi. Darah yang keluar saat menstruasi akan bercampur dengan bahan kimia yang terdapat pada pembalut biasa. Infeksi terjadi ketika pembalut berkualitas buruk mengalami tekanan pada saat Anda duduk yang mengakibatkan darah keluar dari kapas dan masuk lagi ke area kewanitaan.
Cara untuk mengetes kualitas pembalut adalah dengan menuangkan 35-50 ml air ke pembalut kering lalu ambil selembar tisu. Tekan tisu ke pembalut untuk melihat apakah basah atau tidak, jika basah maka pembalut tersebut berkualitas buruk. Cara yang kedua adalah dengan mengeluarkan isi kapas dari pembalut lalu masukkan ke dalam gelas bening yang sudah diisi air. Kapas lalu diaduk dan lihat apakah menjadi hancur seperti bubur kertas, jika ia berarti pembalut menggunakan kertas daur ulang. Maka dari itu Anda harus pintar dalam memilih pembalut berkualitas untuk menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.
tips sehat anak bayi dan balita