Mengapa Sulit Sekali Hamil?

sulit hamil
Tujuan dua orang menikah adalah salah satunya untuk mendapatkan keturunan, di mana mereka setelah sah menjadi suami istri tentu mempunyai kebebasan berhubungan intim dengan pasangannya. Di mana kehamilan adalah gerbang untuk mendapatkan anak, fase ini memang sangat dinantikan tidak hanya para wanita yang akan mengandung selama 9 bulan namun juga para laki-laki akan sangat ingin menyambut kehadiran buah hati mereka. Namun tidak semua orang yang sudah melakukan hubungan suami istri langsung dikaruniai anak, terkadang butuh waktu yang tidak sebentar untuk membuat sel sperma bisa sampai dan membuahi dengan sempurna sel telur. 

Seringkali kebanyakan orang selalu mempertanyakan kesuburan para wanita, padahal kesalahan bukan hanya pada wanita maupun laki-laki. Bisa jadi berhubungan di saat yang tidak tepat, penting sekali untuk memperhitungkan dengan matang kapan saat yang tepat untuk membuahi sel telur. Sebaiknya ini disesuaikan dengan beberapa hal berikut, biasanya ini menyangkut para wanita sehingga laki-laki harus tahu :

Ingat dengan baik tanggal menstruasi pasangan

Banyak laki-laki yang suka melingkari hari tertentu pada kalender di meja kerja mereka, bukan karena hari ulang tahun seseorang, melainkan tanggal datang bulan sang istri. Ini dilakukan untuk menjadi sebuah pemakluman jika terjadi kenaikan hormon yang menyebabkan istri menjadi lebih sensitive dan mudah marah, namun setelah menikah anda perlu memperhitungkan tanggal menstruasi. Pasalnya wanita juga mempunyai beberapa hari tertentu yang membuat dirinya sangat subur, sehingga lebih mudah untuk sel sperma membuahi sel telur. Biasanya ini terjadi saat hari ke 12 hingga hari ke 16, terhitung dari hari pertama menstruasi. Jika anda kesulitan untuk menghitung, lihatlah tanda alamnya yaitu terjadinya keputihan yang bisa anda lihat di daerah sekitar kemaluan wanita, cairan yang berbentuk gel ini akan sangat elastis dan panjang ketika ditarik. Maka inilah saatnya untuk membuahi istri anda sehingga akan lebih cepat dan tepat mendapatkan momongan.

Hindari memakai alat kontrasepsi dalam jangka waktu lama

Alat kontrasepsi memang diciptakan untuk mencegah kehamilan, ini dilakukan pemerintah untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduknya sehingga bisa tetap stabil dan tidak membuat angka hidup seseorang menurun. Namun penggunaan alat kontrasepsi tidak disarankan untuk mereka yang baru menikah, hal ini banyak dilakukan oleh pasangan muda untuk menunda kehamilan. Karena media ini bisa menghambat untuk mendapatkan momongan, bahkan setelah anda siap untuk hamil dan tidak mengkonsumsi lagi, bisa jadi membutuhkan waktu cukup lama untuk mengembalikan kesuburan.

Namun tetap ada cara aman untuk membuat rahim tetap subur dan bisa menunda kehamilan, hal ini malahan bisa dilakukan oleh para pria. Caranya dengan menggunakan kondom atau alat pengaman sehingga tidak akan ada sel sperma yang akan masuk dalam rahim, sehingga kehamilan tidak terjadi. Banyak pasangan yang menggunakan cara praktis ini, sehingga hubungan rumah tangga tetap harmonis dan jika ingin mempunyai anak bisa langsung segera terealisasi.

Untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya mengetahui kondisi pria setiap kali berhubungan, makan makanan bergizi dan protein tinggi serta tidak terlalu stress dan memforsir diri. Kebanyakan para pekerja kantoran yang banyak menghabiskan waktu di meja, sulit untuk mendapatkan anak karena stress dengan ritme pekerjaan yang padat. Usahakan untuk melupakan berbagai masalah dan urusan kantor sebaiknya tidak dibawa ke rumah.

Baca juga:
Penyebab infertilitas atau ketidak suburan
tips sehat anak bayi dan balita