Cara tingkatkan kesuburan pada wanita

makanan sehat agar cepat hamil
Tingkat kesuburan wanita menjadi salah satu faktor penentu besar kecilnya peluang untuk hamil. Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda para wanita yang tak sabar memiliki anak untuk mengecek kesuburan Anda. Khusus Anda yang bermasalah dengan kesuburan, masih ada beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan. Apa saja caranya? Berikut infonya untuk Anda.

konsumsi makanan yang dapat tingkatkan kesuburan

Ada sejumlah makanan tertentu yang dapat meningkatkan kesuburan Anda para wanita. Makanan-makanan yang dimaksud tak lain adalah makanan yang kaya akan asam folat, zat besi, dan vitamin E. Kandungan asam folat dapat dijumpai pada asparagus, jagung, bayam, pepaya, kacang hijau, alpukat, dan jeruk. Asam folat yang masuk ke dalam tubuh bermanfaat untuk melancarkan proses ovulasi. Sementara zat besi dapat Anda dapatkan dari kacang tanah, bayam. dan kentang. Zat besi sangat membantu menjaga kualitas sel telur. Sama seperti zat besi, vitamin E juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kualitas sel telur. Beberapa makanan yang tinggi kandungan vitamin E-nya antara lain paprika, sawi, dan biji bunga matahari.

Tetap beraktivitas

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang aktif beraktivitas memiliki peluang lebih besar untuk hamil dibandingkan dengan wanita yang kurang aktif beraktivitas.

Istirahat yang cukup dan berkualitas

Dampak positif dari istirahat yang cukup dan berkualitas yaitu meminimalisir adanya gangguan kesehatan dan stress. Stress sendiri adalah salah satu faktor pemicu seorang wanita sulit hamil. Anda yang ingin hamil, sangat dianjurkan untuk memiliki pola hidup yang baik, salah satunya yaitu dengan beristirahat yang cukup dan berkualitas.

Hindari yang ini

Ingin cepat hamil? Hindari kelima hal ini: rokok, alkohol, narkoba, kafein, dan junk foods. Kelima hal ini sangat mempengaruhi tingkat kesuburan wanita. Meskipun kelima hal ini tidak akan memberi dampak langsung pada sel telur atau bagian reproduksi wanita lannya, Anda akan merasakan dampaknya nanti.  Selain tidak baik untuk kesehatan, kelima hal ini juga sama sekali tidak memberikan manfaat untuk Anda.

Jalani diet sehat

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa berat badan juga berpengaruh pada peluang untuk hamil. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh dapat menghasilkan hormon estrogen. Hormon estrogen merupakan salah satu komponen yang berdampak pada proses ovulasi. Ole karena itu, penting juga bagi Anda para wanita yang ingin cepat hamil untuk menjaga berat badan agar selalu ideal. Caranya yaitu dengan menjalani program diet sehat plus berolahraga secara teratur selama 30 menit setiap hari.
Bagaimana, cukup mudah bukan? Kelima cara di atas boleh Anda coba dan jangan lupa selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan bersama dengan pasangan Anda. Pastikan Anda juga memeriksakan kondisi kesuburan pasangan Anda agar Anda dan pasangan Anda bersama-sama menjalani usaha  untuk meningkatkan peluang kehamilan.

tips sehat anak bayi dan balita