Kista adalah musuh wanita

Apa itu kista?

kista ovarium
Kista adalah musuh wanita karena penyakit ini menyerang indung telur seorang wanita. Kista berbentuk benjolan atau gelembung yang berisi cairan kental, udara, dan nanah, namun tidak berbahaya. Sehingga dokter tidak akan menyarankan operasi besar untuk mengangkat kista dari dalam tubuh seseorang.

Secara normal wanita mempunyai 2 indung telur. Masing-masing indung telur memiliki ribuan telur muda yang membentuk folikel. Nah, Setiap bulan wanita mengalami ovulasi dan sel telur yang matang tersebut siap untuk dibuahi. Apabila tidak dibuahi maka folikel akan kembali mengecil dan hilang. Jika dalam proses tersebut terjadi gangguan maka akan menjadi kista.

Benjolan atau gelembung kista yang terbentuk dalam indung telur ini terbungkus oleh selaput dan keberadaannya terpisah dengan jaringan tubuh normal yang ada di sekitarnya, sehingga kista tidak akan mengganggu bagian tubuh yang lain. Dengan adanya selaput inilah kista bisa dengan mudah diangkat dan tidak mengancam nyawa penderitanya.

Penggolongan penyakit kista

Secara medis kista sendiri terbagi menjadi 2 golongan, di mana penggolongan berdasarkan bentuk dan juga proses penyembuhannya sebagai berikut :



1.     Kista Non Neoplastik. Jika anda di vonis mengalami kista jenis ini tidak perlu panik, karena jenis kista ini akan segera menghilang dengan sendiri setelah 2 sampai 3 bulan berkembang. Sehingga dokter menyebutkan kista jinak, rawat jalan akan membuat penderita sembuh lebih cepat sehingga kista akan mengempis dan menghilang dengan sendirinya.

2.     Kista Neoplastik. Kista jenis ini memang membutuhkan operasi untuk mengambil dari dalam tubuh, namun beberapa penderita penyakit kista jenis ini ada yang tidak perlu menjalani operasi. Ini berdasarkan dari sifat kista dan juga ukurannya, jika masih normal dan kecil maka bisa hanya dengan memberikan obat, namun untuk menghilangkan secara menyeluruh biasanya dokter memang menyarankan untuk operasi.



Penyebab penyakit kista


Setelah anda tahu seperti apa itu kista, apakah anda termasuk dalam penderita kista golongan apa, anda pasti penasaran mengapa bisa sampai mengidap penyakit ini, padahal dirasa tidak melakukan hal buruk dalam tubuh. Berikut ini beberapa penyebab mengapa seseorang bisa mengidap penyakit kista :



·         Meningkatnya volume lemak dari tubuh bagian atas. Padahal sebelumnya tidak terjadi hal tersebut, sehingga lebih baik untuk tidak menyepelekan gangguan kecil ini.

·         Terjadinya menstruasi terlalu cepat. Anda harus waspada jika mendapati anak perempuan mengalami masa menstruasi kurang dari usia 11 tahun, normalnya seorang wanita akan mulai mengalami siklus bulanan ini pada usia di atas 11 tahun.

·         Menstruasi yang tidak teratur. Anda patut curiga jika siklus bulanan terlalu maju atau mundur, selain karena stress terjadinya hal ini juga bisa karena penyakit kista dari dalam tubuh.

·         Terapi kanker payudara. Sebaiknya anda patut curiga jika dalam fase penyembuhan kanker payudara mengalami hal aneh, bisa jadi kista muncul saat anda sedang dalam fase radiasi akibat penyembuhan kanker payudara.

·         Menopause. Jangan di kira saat usia senja bisa lepas dari penyakit rahim, kista bisa menyerang seseorang yang sudah tidak mengalami masa menstruasi.



Gejala penyakit kista


Setiap penyakit biasanya akan memberikan tanda-tanda, di mana orang akan mengabaikannya karena memang sebuah hal remeh yang seringkali terjadi. Namun sebaiknya anda tidak meremehkan gejala awal munculnya penyakit kista :



·         Terasa terdapat benjolan di perut pada bagian bawah.

·         Penuh menjadi terasa lebih berat dan penuh.

·         Menstruasi yang tidak teratur dan dalam jumlah yang cenderung lebih sedikit dari normalnya.

·         Terasa sakit pada bagian pinggul, saat menstruasi maupun telah selesai bahkan akan terasa lebih sakit saat berhubungan intim. Bahkan terkadang merambat hingga bagian paha dan kaki, sehingga membuat terasa kaku.

·         Saat menggerakkan perut akan terasa sakit, apalagi saat menekannya.

·         Mengalami gejala awal kehamilan, seperti mual, muntah bahkan payudara menjadi lebih lembut.

·         Saat kista mulai tumbuh besar, anda akan mengalami buang air kecil lebih sering karena sering mengalami kehausan.



Jika anda mengabaikan beberapa gejala awal kista di atas, maka anda tidak mengabaikan gejala berikut ini karena sudah dipastikan bahwa kista mengalami perkembangan cukup serius dalam indung telur. Lebih baik untuk ke dokter dan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk gejala penyakit kista berikut ini :



·         Mual dan muntah dalam frekuensi yang cukup sering, biasanya ini ditambah dengan demam tinggi.

·         Pinggul dan perut akan terasa sangat sakit.

·         Anemia sehingga membuat muka pusat, kelelahan tinggi, lemah, pusing sehingga membuat anda terasa ingin pingsan.

·         Mengalami rasa haus berlebihan namun membuat tubuh kehilangan berat badan cukup banyak dalam kurun waktu tertentu.

·         Tekanan darah terlalu tinggi atau tekanan darah terlalu rendah.

·         Masa menstruasi terlalu tidak normal dan bahkan bisa jadi anda tidak mengalami menstruasi dalam beberapa bulan.



Pengobatan penyakit kista


Bagi anda yang sudah mengidap penyakit kista, tidak perlu stress dan khawatir terlalu berlebihan, ini malahan akan membuat penyakit anda semakin berkembang dengan pesat. Dokter memang tidak akan melakukan operasi untuk kista yang terbilang jinak dan kecil, di mana operasi juga bisa dihindarkan jika kista tidak memberikan banyak gangguan pada pasien. Namun tetap akan dilakukan operasi untuk kista yang berdiameter lebih dari 6 centimeter, ada 2 jenis operasi yang nantinya akan di sarankan oleh dokter :

1.     Ovarian cystectomy, dimana dokter akan melakukan operasi pengangkatan kista saja, ini dilakukan untuk kista ukuran besar namun jinak, sehingga tidak membahayakan bagian tubuh lainnya.

2.     Salpingoo-ophorectomy, dokter akan melakukan operasi dengan kista dan ovarium yang diangkat sekaligus, hal ini terpaksa dilakukan karena batang kista melilit pada tuba falopi. Sehingga dikhawatirkan kista akan menyebar keseluruh tubuh.



Bagi anda yang baru dioperasi pasti akan ada beberapa macam pantangan makanan, dimana ini untuk menetrasilir dan memberikan stimulus baik pada operasi. Sehingga di harapkan pada pasca operasi pasien tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, bersoda maupun dalam keadaan dingin, disarankan untuk konsumsi air putih dengan suhu normal saja. Makanan yang di awetkan dan instan, seperti mie dan makanan kaleng. Ikan asing serta makanan yang berasal dari laut, daging merah serta buah buahan seperti nangka, durian dan lengkeng yang mempunyai getah.
 
Baca juga:
Mencegah keputihan dengan hidup bersih dan sehat
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil