Tetap Cantik dan Bugar di Saat Kehamilan

cantik dan sehat di masa hamil
Kehamilan adalah fase setelah menikah yang selalu dinantikan oleh semua wanita. Tapi dibalik semua kebahagiaan pada masa kehamilan, wanita sering dipermasalahkan dengan penampilan mereka. Seringkali wajah terlihat kusam, badan semakin gemuk, dan penampilan menjadi kurang menarik bagi pasangan. Lalu apakah kondisi seperti ini tidak bisa diatasi oleh para bumil? 

Beberapa wanita menganggap kehamilan sebagai sebuah kondisi yang selalu memberikan tantangan terhadap cara merawat penampilan dan tetap bugar. Beberapa informasi dibawah mungkin berguna bagi wanita yang ingin tetap bugar dan juga cantik di masa kehamilan.

Banyak wanita merasa sedikit takut ketika sedang hamil. Wanita yang sedang mengandung merasa tidak percaya diri terhadap perubahan hormonal dan juga sedikit adanya komplikasi serta sakit yang bakal muncul saat persalinan. Di samping itu, mereka juga amat was-was terhadap penampilan ketika hamil besar. Pasti banyak kondisi yang berubah selain perut yang buncit dan juga kondisi wajah yang lebam. Karena itulah ibu hamil perlu benar-benar mewaspadai kondisi seperti ini. Dan mencari cara tetap terlihat menarik meskipun pada masa hamil. Membangun rasa percaya diri amatlah penting ketika dalam kondisi hamil.

Tips Cantik dan Bugar di Masa Kehamilan

Kurangnya informasi dan juga pengetahuan seputar cara menjaga penampilan saat hamil membuat wanita kurang bisa begitu mempertahankan kecantikan saat hamil. Karena itulah, wanita hamil harus rajin dalam mencari tips dan juga informasi tentang cara menjaga kecantikan meskipun pada fase kehamilan. Tetap cantik dan bugar saat kehamilan adalah 2 hal yang bisa dicapai ketika seorang wanita sedang dalam fase kehamilan. Jika ingin mendapatkan info dasar tentang menjaga kehamilan saat hamil, bacalah beberapa tips ini:

  • Metode pertama tidak lain adalah dengan rajin berolahraga. Kondisi hamil tidak mengartikan kalau ibu hamil tidak diijinkan untuk olahraga. Faktanya, olahraga 2 kali semingga pada masa kehamilan bisa memberikan efek positif bagi ibu hamil. Olahraga yang cocok bagi ibu-ibu hamil adalah berenang, berjalan, senam, dan juga yoga. Pilihan olahraga supaya bisa tetap bugar saat hamil tergantung pada rutinitas yang dijalani. Semakin Anda kurang aktif maka pilihan olahraga bisa semakin berat serta intens. Tapi perlu diingat kalau olahraga terlalu berat tidak dianjurkan karena bisa berpengaruh pada resiko komplikasi pada ibu hamil.

  • Minum air putih secara teratur tak kalah pentingnya dengan olahraga. Ibu hamil harus paham kalau air putih adalah kebutuhan mendasar di saat hamil. Tidak hanya memiliki efek positif pada kesehatan, air mineral memiliki efek bagus juga pada tubuh untuk tetap bugar dan terlihat menarik. Air mineral bisa membuat kulit semakin terhidrasi, tampak sehat, dan berkilau. Terutama jika aktifitas ibu hamil dibarengi dengan olahraga. Kondisi seperti ini memerlukan asupan air mineral yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Seberapa banyak porsi air putih yang dibutuhkan amat bergantung pada seberapa aktif ibu hamil itu sendiri.

  • Aspek berikutnya yang harus diperhatikan untuk terlihat tetap cantik ketika hamil adalah dengan memperhatikan pakaian yang dikenakan. Seorang ibu hamil juga butuh memperhatikan pilihan pakaian mereka. Di luar sana ada pilihan pakaian khusus yang cocok bagi ibu hamil untuk terlihat cantik. Rok hamil kuno dan T-shirt ukuran besar mungkin bukan pilihan tepat. Meskipun dua pilihan tadi amatlah nyaman untuk dikenakan, tapi tidak memiliki efek positif buat penampilan. Ibu hamil bisa beralih pada pakaian dengan rajutan modis tapi tidak melupakan aspek kenyamanan dari pakaian tadi.

  • Masih dari sisi penampilan, ibu hamil bisa menambahkan beberapa pilihan aksesoris pada pakaian mereka. Perhiasan dan juga tas bermerek bisa menjadi pilihan yang tepat guna melengkapi penampilan seseorang. Wanita hamil juga bisa memperhatikan kualitas sepatu yang dipakai. Bumil bisa pilih sepatu modis sekaligus nyaman. Pilihan sepatu yang cocok adalah sepatu flat dan teplek. Jika terkait masalah tren, wanita hamil bisa mencari referensi dari majalah-majalah kecantikan atau teman yang punya cukup pengalaman pada sisi penampilan. Internet juga menjadi sumber referensi tepat untuk mencari banyak referensi dan juga sumber informasi seputar tren atau fashion kehamilan.

  • Kecantikan wanita hamil tidak terkait pada penampilan luar saja tapi juga dalam diri wanita itu sendiri. Artinya ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi untuk kesehatan dan kecantikan. Wanita hamil harus makan makanan sehat dengan asupan diet yang seimbang. Pilihan sayur dan juga buah amatlah cocok pada menu diet wanita hamil. Ibu yang sedang mengandung juga bisa menambahkan vitamin serta mineral tambahan bila perlu. Wanita hamil perlu menjauhi asupan daging dan lemak berlebihan. Minum kopi juga perlu dikurangi karena kandungan kafein bisa berdampak buruk pada porsi jatah tidur wanita.

  • Pertimbangan berikutnya adalah seputar gaya rambut. Wanita bisa terlihat cantik jika selalu memperhatikan kualitas gaya rambut yang mereka miliki. Fakta penting seputar kehamilan adalah adanya perubahan hormon saat kehamilan. Perubahan hormon dapat mempengaruhi ketebalan dan juga kilau rambut wanita hamil. Sebaiknya jangan menguncir rambut kebelakang apalagi memotongnya. Guna mendapatkan perawatan dan konsultasi tepat seputar tren rambut, wanita hamil bisa berkunjung ke salon atau penata rambut. Jika mampu membuat rambut menjadi lebih menarik, otomatis penampilan keseluruhan wanita hamil juga bakal bisa lebih menarik.

  • Berikutnya adalah aspek penggunaan produk-produk kecantikan dan kosmetik. Pertanyaannya, apakah produk-produk ini boleh digunakan serta aman untuk wanita hamil?  Tentu ada batasan penggunaan produk kecantikan bagi wanita hamil. Kandungan kimia pada produk tersebut bisa berpengaruh buruk pada kondisi kehamilan bayi. Beberapa produk kecantikan bisa digunakan asal aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Bila tak yakin terhadap penggunaan produk-produk kecantikan, Anda bisa berkonsultasi dulu pada beberapa ahli kecantikan. Tampil modis dan menarik saat hamil bukanlah hal yang mustahil bagi seluruh wanita.

  • Aspek selanjutnya untuk dipertimbangkan tidak lain adalah seputar sikap. Sikap berpengaruh penting pada penampilan seorang wanita yang sedang hamil. Sikap yang tepat membuat wanita terlihat menarik dan cantik meskipun  dalam kondisi hamil. Wanita hamil perlu percaya kalau diri mereka cantik dan menarik. Jika memiliki sikap positif, hasilnya juga bakal positif. Sebaiknya semua wanita hamil harus menghindari sikap negatif terutama ketika mereka sedang pada masa kehamilan. Beberapa wanita merasa kurang percaya diri dan selalu berpikir negatif ketika mereka hamil. Pemikiran seperti ini justru berdampak buruk pada penampilan wanita itu sendiri.

Setelah membaca beberapa informasi di atas, pasti tidaklah sulit untuk menjaga penampilan tetap cantik dan juga bugar pada masa-masa kehamilan. Asal bisa menerapkan strategi yang tepat, kecantikan bisa dipertahankan ketika wanita sedang hamil. Tetap sehat dan cantik di masa kehamilan adalah kebanggaan semua wanita. Demikian sedikit informasi tentang penampilan cantik dan sehat di masa hamil, semoga bermanfaat.


Baca juga:
Wanita hamil jangan terlalu lama berdiri


tips sehat anak bayi dan balita