Bagaimana Cara Menunda Kehamilan ?

cara menunda kehamilan dengan alat kontrasepsi
Menikah adalah hal yang sangat di anjurkan untuk para laki-laki dan wanita dewasa, hal ini untuk membebaskan banyak prasangka buruk melihat dua orang yang telah bersama dalam jangka waktu lama, namun tidak juga melabuhkan kisah cinta mereka di gerbang kebersamaan yang lebih sah, secara agama maupun negara. Hal ini akan memberikan kepastian, khususnya untuk sang wanita. 

Bagi anda yang menikah muda, tentu akan banyak hal yang harus disesuaikan. Apalagi jika keduanya memang dalam usia yang terbilang sangat muda, emosi yang belum bisa terkendali, bisa jadi sebuah bumerang yang akan memporak-porandakan rumah tangga. Ini karena baik suami maupun istri masih ingin menjejar karir ke tingkat tertinggi, selain bisa mendapatkan kedudukan tentu kehidupan yang lebih nyaman dengan pendapatan tinggi menjadi tujuan utama.

Media yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan


Jika sudah seperti ini, pasti akan berimbas pada keinginan mempunyai seorang anak. Anda tidak mungkin membawa seorang anak di tengah kondisi rumah tangga yang belum stabil, sehingga banyak pasangan baru yang menginginkan menunda kehamilan. Padahal jika sudah menikah, hubungan antar suami istri tentu sudah di lakukan bukan, maka yang perlu anda lakukan adalah pencegahan dari kehamilan. Hal ini juga dilakukan oleh mereka yang berhubungan namun tidak ingin adanya pembuahan dalam rahim, sehingga tetap bisa berhubungan namun tidak memberikan hasil.

Bagi anda para wanita bisa menggunakan pil pencegah kehamilan, ini akan membuat sel telur tidak bisa dibuahi oleh sperma dan akan membuat peluruhan pada dinding rahim. Inilah yang akan membuat hubungan suami istri menjadi aman, apalagi anda cukup mengkonsumsinya 1 tablet sehari, di mana banyak pasangan muda yang menganggap ini salah satu solusi yang cukup praktis. Namun anda para wanita harus tahu, apa yang akan terjadi beberapa tahun ke depan. Karena fungsinya untuk meluruhkan dinding rahim, maka bisa jadi rahim anda menjadi kering. Nantinya setelah ingin punya anak dan menghentikan konsumsi pil kehamilan, bisa jadi kesulitan hamil karena anda sudah merusak sendiri kesuburan rahim.

Tidak hanya wanita saja yang bisa mencegah kehamilan, bagi anda para laki-laki juga bisa melakukan pencegahan. Ini bisa anda lakukan dengan penggunaan kondom, sehingga nantinya tidak akan ada sperma yang masuk ke rahim dan menyebabkan terjadinya pembuahan. Pemakaian juga cukup praktis dan bisa anda gunakan sekali saja selama berhubungan intim, anda juga tetap bisa melakukan penetrasi dan mengeluarkan sel sperma sehingga tetap bisa menikmati setiap berhubungan dengan istri. Masalah yang anda harus menimalisir adalah adanya kebocoran pada kondom, seujung jarum saja atau satu sperma saja bisa lolos, maka ada kesempatan untuk bisa membuahi sel telur. Penggunaan kondom memang aman, namun para laki-laki terkadang tidak ingin menggunakannya karena mengurangi kenikmatan berhubungan.

Beberapa saran di atas bisa anda jadikan referensi bagaimana menunda kehamilan yang tepat, pastinya jika menggunakan media yang tepat anda dan pasangan tidak perlu khawatir mendapatkan momongan, meskipun awalnya harus menunda beberapa saat. Penundaan dengan cara yang tepat juga memberikan dampak psikologis yang baik, untuk laki-laki dan perempuan. Banyak laki-laki yang merasa dirinya tidak siap menjadi seorang ayah dan ada wanita yang tidak yakin bisa menjadi seorang ibu, sehingga muncul penyakit baby blues, di mana seorang ibu tidak menginginkan anaknya, beberapa saat setelah melahirkan.

Baca juga:
Cara Aman Agar Tidak Hamil

tips sehat anak bayi dan balita