Wanita Hamil Terlalu Lama Berdiri, Waspadalah!

Bagi anda yang sedang hamil tentu merasa bahagia dan harap-harap cemas dalam menanti kelahiran buah hati anda. Apalagi bagi pasangan baru untuk anak pertama. Nah, bagi anda yang sedang hamil harus menjaga kehamilan dengan baik. Hindari berdiri dalam waktu lama karena bisa mempengaruhi perkembangan bayi yang ada di dalam. Bahkan bisa mengakibatkan bayi lahir premature dan berat badan bayi kurang.

Bagi anda wanita karir yang suka kerja lembur hal tersebut tidak mempengaruhi perkembangan janin. Namun, jangan sampai anda bekerja dengan berdiri terlalu lama, seperti pekerjaan guru yang sering berdiri bisa mempengaruhi bobot bayi dan perkembangan bayi akan lambat daripada orang yang tidak bekerja dengan banyak berdiri.

Hal yang tidak disarankan untuk wanita hamil

wanita hamil berdiri
Gambar: Softpedia
Saat hamil memang ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan. Larangan ini berdasarkan medis dan buka mitos belaka karena dapat mempengaruhi perkembangan bayi yang sedang anda kandung saat ini. agar bayi sehat dan ibu pun sehat sampai kelahiran nanti sebaiknya hindari hal-hal yang dilarang.

Berikut adalah hal-hal yang dilarang untuk wanita hamil:

Duduk seharian

Bagi ibu rumah tangga biasa biasanya saat hamil akan merasa malas melakukan kegiatan apapun. Anda cenderung lebih memilih duduk santai di rumah dalam waktu lama. Padahal duduk dalam waktu lama bisa berakibat buruk bagi janin anda. Sebaiknya anda lakukan kegiatan sederhana agar badan bergerak.

Berdiri terlalu lama

Untuk wanita pekerja yang mewajibkan berdiri lama saat hamil juga dapat berakibat buruk untuk perkembangan janin. Maka anda jangan terlalu lama berdiri, anda dapat memberikan pengertian pada atasan jika anda sedang hamil agar tidak dituntut untuk berdiri terlalu lama saat bekerja.

Berjalan terlalu lama

Berjalan santai saat hamil memang baik untuk janin dan kesehatan anda tapi jika dilakukan terlalu lama akan membuat masalah bagi anda dan janin yang sedang dikandung.


Banyak penelitian dilakukan tentang resiko dari berdiri lama saat hamil. Misalnya ibu hamil berdiri lebih 40 jam dalam waktu seminggu akan beresiko memiliki bayi kecil. Dapat berpengaruh negatif perkembangan bayi. Penelitian mengungkapkan hubungan antara lingkungan kerja dan ukuran bayi. 

Baca juga:
Kontraksi rahim selama kehamilan


tips sehat anak bayi dan balita