Tips Melahirkan Normal

Di dalam sebuah kehamilan tentunya kelahiran menjadi saat yang sangat ditunggu-tunggu. Tentu ibu hamil perlu mengetahui cara atau tips melahirkan normal. Dengan kelahiran bayi dengan cara yang normal menjadikannya lebih mudah saat pemulihan atau biasa disebut dengan kondisi pasca hamil di bandingkan dengan seorang ibu yang melahirkan dengan operasi caesar. Dan ibu manapun akan lebih senang jika dapat melahirkan anaknya dalam kondisi normal. Tentunya melahirkan dalam kondisi normal lebih murah biayanya di bandingkan dengan operasi caesar.
tips melahirkan

Apa saja Tips Melahirkan Normal

Tips melahirkan normal yang pertama dianjurkan kepada ibu hamil untuk mengikuti kelas kehamilan karena di situ akan di ajarkan bagaimana cara merawat kehamilan dan bagaimana tetap menjaga kesehatan baik itu untuk ibu maupun si buah hati. Sang ibu juga dapat dengan langsung berkonsultasi tentang keluhan yang biasanya dialami. Dengan begitu akan dapat langsung ditangani jika si ibu memiliki keluhan seputar kehamilannya. Pemilihan layanan kesehatan juga harus direncanakan sedini mungkin meskipun usia kehamilan yang masih muda. Ini sangat membantu anda untuk perencanaan ketika akan melahirkan secara normal kelak.

Mintalah rekomendasi dari keluarga dalam memilih apa saja yang menyangkut kelahiran si buah hati. Konsultasikan dan periksakan secara rutin kehamilan anda ke dokter yang sudah di rekomendasikan oleh pihak keluarga sehingga terjadi komunikasi yang baik.

Jangan lupa untuk mengatur pola makan agar anda tetap menjaga berat badan, hal ini menjadi sangat penting dalam pengaturan asupan makanan selama kehamilan yang akan menjadikan si calon bayi tetap teratur mendapatkan nutrisi dan tidak berlebihan juga. Pada kehamilan kenaikan berat badan yang normal biasanya berkisar antara 12-15 kg. Berat badan yang naik terlalu drastis akan menyebabkan si ibu kesulitan dalam proses kelahirannya nanti.

Posisi dalam rahim juga harus diperhatikan. Usahakan untuk tetap menjaga posisi si jabang bayi dengan sesering mungkin melakukan sujud. Posisi sujud tersebut dapat menjaga posisi bayi yang nantinya memudahkan pada saat proses melahirkan yang normal. Selain dengan bersujud gerakan naik turun tangga juga dapat dijadikan alternatif cara untuk menjaga posisi yang pas. Tapi pada cara naik turun tangga ini tidak disarankan dilakukan pada intensitas yang sering karena dapat membuat si ibu terlalu cape dan pada akhirnya malah mempengaruhi kehamilannya.

Dan yang terakhir adalah menyediakan energi yang cukup ekstra karena ketika ibu hamil akan melahirkan dalam kondisi normal akan sangat banyak mengeluarkan tenaga. Hal ini dapat dilakukan dengan pengaturan kenaikan berat badan pada saat kehamilan. Dengan berat badan yang berada pada posisi yang tetap tenaga yang akan didapatpun akan lebih optimal pada saat nanti si ibu akan melahirkan.

Tetap tenangkan pikiran anda dengan bersantai di pinggir kolam jangan buat si jabang bayi juga stres karena ibu yang mengandungnya sedang pusing karena terlalu memikirkan kehamilannya. Dengan cara bermeditasi dan mengatur pernafasan juga dapat merilekskan tubuh dalam menghadapi persalinan. Itulah sedikit penjelasan tentang tips melahirkan normal semoga dapat  membantu berjalan lancarnya proses melahirkan si buah hati ke dunia tentu nya dengan selamat dan sehat.
tips sehat anak bayi dan balita