Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil
Kaki Bengkak saat hamil, bahasa ilmiahnya edema, harus segera di cari pengobatannya. Ini menyangkut juga dengan kesehatan ibu hamil dan si buah hati yang sedang dikandungnya. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia kehamilan 5 bulan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal ini. Tapi biasanya di awali dengan mulai membengkaknya tubuh karena faktor kehamilan ini disebabkan oleh rahim yang membesar sehingga aliran darah akan sulit untuk dipompa kembali naik ke jantung. Selanjutnya akan menjadikan pembengkakan di sekitar kaki dan pergelangannya. Tapi bisa juga terjadi di area wajah.

Cara Mengatasinya

Jangan terlalu sering beraktifitas jika usia kehamilan mulai menginjak 5 bulan ke atas usahakan sesering mungkin mengistirahatkan kaki dengan mengangkatnya ke atas hingga dirasa cukup nyaman. Cara lainnya adalah dengan menghindari pemakaian celana ketat yang menjadikan aliran darah semakin sulit dipompa kembali ke jantung. Jika memungkinkan posisikan tubuh anda miring ke kiri ketika sedang tidur. Hal ini membuat aliran pembuluh vena lebih mudah memompa aliran darah dari dan ke jantung. Ganjal pula kaki anda dengan bantal atau guling agar posisinya lebih tinggi dari tubuh yang memudahkan aliran darah.

Cara atasi kaki bengkak saat hamil juga bisa dengan merendam kaki di kolam renang ini dapat menjadikannya lebih tenang dalam sementara waktu. Mengompres kaki dengan air dingin mungkin bisa jadi alternatif cara untuk membuat rileks kaki lakukanlah dalam jangka waktu 15-20 menit sebanyak 3 kali.

Batasi asupan makanan karena cara ini sangat ampuh untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil. Banyak makan pisang serta makanan lain yang banyak mengandung banyak kalsium dapat membantu dalam menjaga keseimbangan kadar air di dalam tubuh. Garam juga dapat di gunakan sebagai media retensi air. Sehingga sebisa mungkin menghindarinya dalam asupan makanan.
tips sehat anak bayi dan balita