Selaput dara dan keperawanan

selaput dara
Keperawanan merupakan mahkota dari seorang wanita, setiap wanita hanya memiliki satu mahkota dan diberikan pada seorang laki-laki yang pantas menerimanya. Keperawanan selalu dikaitkan dengan adanya selaput dara pada bagian alat vital wanita. Ketika selaput darah itu pecah atau sobek maka dapat diartikan seorang wanita itu sudah tidak perawan lagi. Namun, bagaimana jika ternyata ada wanita yang tidak memiliki selaput dara? apakah wanita tersebut sudah pasti tidak perawan?

Selaput Dara Sebagai Tanda Keperawanan

Mitos selaput dara ini ternyata cukup menjadi perbincangan di khalayak umum, karena mitos ini dianggap merendahkan wanita dimana seorang laki-laki hanya menginginkan wanita yang utuh pada fisiknya tanpa melihat faktor-faktor lain yang dimiliki oleh wanita. Apalagi ada beberapa kasus seperti adanya tes keperawanan pada siswi SMA, seorang bupati menceraikan istrinya karena dianggap sudah tidak perawan lagi dll.

Selaput dara merupakan selaput yang terdapat dibagian dalam organ vital wanita namun letaknya tidak terlalu dalam atau mudah dijangkau. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Eropa, Amerika dan Asia tidak semua wanita terlahir dengan selaput dara meskipun jumlahnya relatif kecil.

Bentuk-Bentuk Selaput Dara

Setiap wanita memiliki tipe selaput dara yang berbeda tingkat kekuatan dan fleksbelitasnya ada yang tebal dan kuat ada pula yang tipis dan ringkih. Jadi tidak bisa dipukul rata untuk setiap wanita. Bagi wanita yang memiliki tipe selaput dara yang tipis dan ringkih, tipe ini sangat rentan dengan benturan. Tidak harus dengan melakukan hubungan suami-istri untuk membuatnya sobek, aktivitas berat pun dapat menyobeknya tanpa disadari seperti olahraga berat dan jatuh.

Bentuk selaput dara pada wanita secara umum terbagi menjadi tiga. Pertama, Annular Hymen, selaput yang melingkari lubang vagina. Dengan bentuk selaput yang melingkar seperti ini, kemungkinan besar tidak akan mengalami pendarahan ketika melakukan seks pertama kali karena tidak tersentuh. Kedua, Septate Hymen, selaput yang ditandai dengan beberapa lubang yang terbuka lebih rapat dibanding bentuk pertama. Ketiga, Cibriform Hymen, selaput dengan beberapa lubang kecil dengan jumlah yang lebih banyak, tipe ini merupakan yang paling rapat dan kuat.

Apakah anda masih mempercayai mitos selaput dara sebagai tanda keperawanan ? mungkin perlu pemikiran yang lebih bijak bagi anda untuk memutuskan sebuah status keperawanan pada wanita. Mengingat selaput dara yang dimiliki wanita tidaklah sama.
tips sehat anak bayi dan balita