Seputar Kram Perut Saat Hamil


Kram perut saat hamil seringkali menjadi permasalahan seorang wanita di  masa kehamilan. Memang benar beberapa masalah tersebut tidak berbahaya bagi ibu maupun janin. Namun pada beberapa kasus, kram ini telah menjadi indikator bahwa ibu sedang mengalami masalah yang amat serius. Kram ini bisa muncul pada wanita hamil dan tidak peduli seberapa lama umur dari kandungan. Masalah yang sering diderita adalah nyeri pada perut dan dapat berujung pada permasalahan kesehatan lain. Jika sudah demikian, wanita harus segera memeriksakan kandungan untuk menghindari terjadinya masalah-masalah kesehatan lain. Terkadang wanita amat meremehkan masalah kram tersebut.

kram perut pada ibu hamil
Memang benar bahwa kram perut saat hamil merupakan permasalahan normal yang sering dialami oleh wanita. Kehamilan amat erat hubungannya dengan kram perut. Kram pada perut bisa muncul kapan saja bahkan ketika awal berhentinya menstruasi. Kram tersebut bisa terus muncul hingga wanita akan menjalani persalinan. Permasalahan kram pada perut yang muncul ketika siklus menstruasi hilang terjadi karena proses pembentukan serta pertumbuhan embrio yang berada pada rahim wanita. Seringkali wanita menganggap ini sebagai pertanda buruk dan pada kenyataannya tidaklah demikian. Munculnya kram pada masa tersebut justru pertanda baik karena pembentukan embrio sudah berjalan sempurna.

Perhatian khusus kram perut di masa hamil


Hal yang menyebabkan kram perut di masa kehamilan ini karena hormon progesteron yang diproduksi oleh corpus luteum berhenti dan menimbulkan rasa nyeri pada bagian perut wanita hamil. Kondisi otot yang muncul pada bagian tersebut akan melebar dan meregang pada masa-masa kehamilan. Jika kram perut muncul ketika masa-masa menjelang persalinan. Hal ini pertanda bahwa wanita tersebut sudah siap untuk melahirkan. Tentu saja semua wanita amat menantikan hal ini. Kontraksi ringan akan terjadi dan seringkali tidak teratur. Kontraksi tersebut merupakan wujud bahwa rahmin sedang melakukan persiapan dan juga pemanasan untuk proses persalinan.

Yang perlu diperhatikan semua wanita adalah kondisi kram perut di masa hamil pada masa kehamilan mereka. Sebuah kram pada perut juga bisa menjadi sebuah pertanda bahwa kandungan sedang bermasalah. Hal ini bisa mengindikasikan adanya masalah pada perkembangan embrio. Jika kondisi tesebut muncul, maka dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan. Tujuannya adalah untuk menghindari masalah serius dalam kondisi kehamilan seseorang dan segera diambil solusinya.  Pemeriksaan mengenai apakah embrio berkembang dengan baik atau tidak perlu dipikirkan baik-baik.

Pemeriksaan yang tepat bisa dilakukan dengan penggunaan teknologi atau gelombang ultrasonik. Pertanda lain yang buruk adalah kondisi kram yang disertai dengan munculnya pendarahan. Tentu saja ini adalah berita buruk karena sang wanita bisa saja mengalami keguguran. Jika sudah demikian, yang terjadi adalah kekecewaan dan kesedihan. Jika kram perut muncul pada awal-awal masa kehamilan, pemeriksaan dini amat dianjurkan bagi semua wanita.
tips sehat anak bayi dan balita