Masalah Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Ketika masa kehamilan tiba, wanita sering mengalami kendala kesehatan terutama sesak nafas. Penyebab sesak nafas pada ibu hamil ini muncul biasanya karena posisi bayi pada trimester terakhir yang cenderung mendorong naik. Hal tersebut menyebabkan masalah pada paru-paru dan diafragma yang semakin sesak. 

Kondisi ini akan membuat ibu hamil mengalami perubahan ritme bernafas yang mana menjadi semakin sesak. Sesak nafas tersebut dapat membahayakan baik itu bagi ibu hamil maupun sang bayi itu sendiri. Sesak nafas pada masa kehamilan juga bisa terjadi karena gejala penyakit anemia. Faktanya, sel darah merah amat penting dalam membawa oksigen keseluruh tubuh. Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan masalah sesak nafas.

sesak napas saat hamil

Tips Mengatasi Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Ada beberapa cara yg dpt dilakukan utk mengatasi masalah sesak nafas pada ibu hamil :

  1. Makanan Yang Bernutrisi
Salah satu cara terbaik untuk mengurangi masalah sesak nafas yang sering muncul saat kehamilan adalah dengan menjaga kesehatan dan berat badan. Pola makan teratur dan juga makanan yang bernutrisi amat penting bagi ibu hamil. Ibu hamil perlu menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak garam, lemak, serta gula. Obesitas akan memperburuk kondisi kesehatan ibu hamil yang sering mengalami sesak nafas.

  1. Olahraga Dengan Teratur
Sesuai dengan yang dianjurkan banyak pihak dan ahli kesehatan. untuk mengatasi penyebab sesak nafas pada ibu hamil dengan cara melakukan olahraga secara lebih teratur. Olahraga bisa membakar lemak dan menjauhkan wanita dari masalah kelebihan berat badan sehingga dapat terhindar dari permasalahan sesak nafas. Hal yang sama perlu dilakukan seperti menghindari konsumsi minuman soda atau segala sesuatunya yang mengandung terlalu banyak kalori.

  1. Konsumsi Makanan Mengandung Zat Besi
Wanita hamil yang ingin terhindar masalah sesak nafas pada ibu hamil perlu memperhatikan jenis makanan yang mereka konsumsi. Makanan yang banyak mengandung zat besi adalah yang terbaik karena mampu memberikan suplai darah merah yang cukup. Selain itu, kebutuhan vitamin C juga selalu penting untuk dipertimbangkan. Sumber vitamin C terbaik bisa diperoleh dari stroberi, kiwi, dan buah jeruk. Nutrisi adalah hal yang paling perlu diperhatikan oleh ibu hamil.

  1. Melakukan Penyesuaian
Hal yang sering dilupakan oleh seorang wanita dalam mengatasi sesak nafas adalah mengenai penyesuaian terhadap perubahan fisik yang terjadi pada masa kehamilan. Jika wanita hamil terlalu banyak terlibat pada kegiatan yang melelahkan, masalah "sesak nafas pada ibu hamil" dapat muncul kapan saja. Penyesuaian juga bisa dilakukan dalam hal posisi tidur. Cara terbaik adalah untuk bersandar pada beberapa lapis bantal untuk mengurangi resiko sesak nafas.

  1. Meluangkan Waktu Guna Relaksasi
Sudah menjadi pemahaman umum bagi wanita hamil untuk mengurangi sesak nafas mereka dengan cara rileksasi. Beban pikiran dan stress dapat berujung pada masalah sesak nafas di masa kehamilan ini.  Membaca buku, bersantai, yoga, dan lain sebagainya dapat dijadikan ide untuk menghilangkan masalah atau gangguan kesehatan seperti sesak nafas.

Nah, beberapa tips di atas bisa membantu yang mengalami gejala sesak nafas ibu hamil, semoga dapat memberikan solusi dan sebagai pengalaman bagi yang dalam masa program 
tips sehat anak bayi dan balita