Fakta USG Penting Untuk Ibu Hamil

Semua wanita hamil harus memikirkan segala aspek penting yang berkaitan dengan kondisi hamil yang mereka miliki. Pada umumnya yang dibutuhkan untuk semua wanita hamil adalah tes usg ketika melakukan kontrol pada dokter kandungan. Dengan memperhatikan segala kepentingan tersebut, ada beberapa fakta usg yang harus diketahui semua ibu hamil. Tes usg adalah sebuah tes yang mengaplikasikan gelombang suara untuk memeriksa kondisi dalam perut sang bunda. Gelombang suara yang digunakan menggunakan frekuensi yang tinggi dan tidak bisa didengar oleh telinga manusia.
usg

Fakta USG dan Hal-Hal Penting Lainnya

Dengan mengetahui beberapa fakta usg, seorang wanita dapat menambah pengetahuan seputar kehamilan dan lain sebagainya.

·    Topikal dan Transvaginal

Fakta penting yang pertama adalah prosedur untuk melakukan tes usg bisa melalui cara topikal maupun juga transvaginal. Tes topikal adalah cara yang normal untuk melakukan tes usg dengan menggunakan gel yang berfungsi sebagai media kondusif untuk memperjelas gambar. Sedangkan prosedur transvaginal adalah dengan menggunakan probe tubular pada saluran kelamin wanita.

·    Keamanan USG

Yang kedua mengenai fakta usg adalah segi keamanan dari tes usg. Banyak yang bilang bahwa tes usg membahayakan baik untuk ibu maupun bayi. Faktanya tidaklah demikian karena metode pengecekan tersebut tidak bersifat merusak.

·    Waktu Melakukan Tes USG

Hal berikutnya seputar fakta usg adalah mengenai waktu yang tepat untuk melakukan tes tersebut. Waktu yang paling tepat untuk melakukan tes tersebut adalah 20 minggu setelah waktu kehamilan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa dokter dapat melakukan cek pada pertumbuhan sang bayi.  Dalam usia tersebut tubuh sang bayi juga sudah terbentuk secara baik dan setiap masalah dapat ditangani dengan mudah nantinya.

·    Rasa Tak Nyaman

Selanjutnya mengenai fakta usg adalah tentang ketidaknyamanan yang isunya muncul ketika melakukan tes usg. Ketika melakukan tes usg, takkan ada rasa tak nyaman yang akan muncul. Dari segi kebersihan, gel yang digunakan untuk melakukan tes tersebut takkan pernah menodai pakaian sang bunda.


Kesimpulannya, melakukan tes usg tidaklah semenakutkan yang dibayangkan. Dengan membaca fakta usg seperti diatas tadi, wanita dapat menambah pengetahuan sekaligus untuk menghindari hal-hal tak diinginkan dari proses tes usg. 


Baca juga:
Faktor yang perlu diperhatikan saat hamil muda


tips sehat anak bayi dan balita