Menjaga keharmonisan hubungan

keharmonisan suami istri
Sudah menjadi pengetahuan umum, komunikasi adalah hal pokok dalam menjalin sebuah hubungan. Baik itu hubungan percintaan atau yang lebih serius seperti pernikahan, tentu saja komunikasi amatlah dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan hubungan Anda tersebut. Fungsi dari komunikasi adalah untuk menjaga kepercayaan dan juga untuk menjembatani komunikasi dua arah. Meskipun terdengar mudah, namun masih banyak pasangan yang bermasalah dalam menjaga kualitas komunikasi mereka. Mungkin karena mereka belum paham tentang cara menjaga komunikasi dengan baik. Komunikasi harus dilakukan dengan efisien dan juga baik.

Efek Komunikasi Buruk

Sebaliknya, bila komunikasi buruk dalam sebuah hubungan, Anda akan menderita masalah terutama masalah salah paham. Masalah yang paling buruk adalah tentang perceraian karena kualitas komunikasi yang buruk. Seringkali dan tanpa disadari, sebuah komunikasi yang buruk akan berujung pada sebuah kebohongan. Banyak pasangan yang tidak menyadari resiko tersebut. Dengan kebohongan yang disimpan secara terus menerus, tentu saja akan berdampak pada kecurigaan dan juga berujung pada perpisahan. Sekali kebohongan tersebut terungkap, maka akan muncul lagi kebohongan-kebohongan lain pastinya.

Jalinlah Komunkasi Yang Baik

Anda perlu menghindari sebuah hubungan yang mana dilandasi dengan kebohongan. Baik itu dalam hubungan pertemanan, percintaan, keluarga, maupun pernikahan, Anda perlu untuk menjaga komunikasi dengan lebih baik dan jujur. Sebagai contoh, bila hubungan Anda sedang terganjal masalah, Anda perlu untuk segera membicarakannya berdua dan mencari solusinya. Dengan sebuah komunikasi, pasangan suami istri dapat dengan baik menjaga hubungan mereka. Takkan ada lagi masalah yang mengganjal hati karena dapat diselesaikan berdua.

Jika memang Anda tidak ingin berakhir dengan perpisahan, menjaga komunikasi tentu adalah cara terbaik. Bila memungkinkan, Anda harus menjadi seorang pendengar yang baik untuk pasangan Anda. Jangan saling berdebat karena permasalahan kecil. Ini hanya akan berujung pada masalah nantinya. Seringkali pasangan juga amat egois antara satu sama lain. Dalam berkomunikasi, sifat egois harus dibuang jauh-jauh. Pasangan yang baik adalah mereka yang mana memiliki sikap saling menghormati satu sama lain.

Tentu benar baik suami maupun istri memiliki masalah yang berbeda dalam menjalani hidup. Namun hal ini tidak menjadikan alasan untuk bersikap egois. Terkadang salah satu diantaranya mau menang sendiri dan ingin selalu didengarkan. Masing-masing pendapat pastinya penting untuk didengarkan. Tiap orang itu berbeda. Ini adalah fakta yang paling umum. Jadi, komunikasi dan juga toleransi akan menjadi sebuah kunci hubungan yang harmonis.

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang dapat dipelajari untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan pasangan. Namun rasa percaya dan toleransi adalah dua kunci penting untuk tetap terjaga sebuah komunikasi yang bagus. Yang paling penting adalah untuk menghindari kesalahpahaman dengan pasangan Anda. Bila salah satu memiliki hal yang mengganjal, maka akan perlu untuk dikomunikasikan segera.
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil