Penyebab infertilitas pada pria dan wanita

Penyebab tidak subur pada pria dan wanita
Bila pernikahan telah berjalan selama beberapa tahun tetapi buah hati tak kunjung hadir untuk melengkapi kebahagiaan berumah tangga, mungkin sudah waktunya untuk mengunjungi ahlinya agar memperoleh solusi. Pada beberapa orang, masalah infertilitas ini adalah hal yang sungguh ditakuti karena dianggap sebagai aib yang memalukan. Ketidaksuburan dalam bidang medis disebut sebagai infertilitas, atau lebih tepatnya adalah pasangan suami istri yang belum juga dikaruniai keturunan walaupun telah berhubungan seksual dalam jangka waktu satu tahun secara teratur tanpa alat kontrasepsi.

Bila Anda mengalami permasalahan yang sama, sebaiknya perhatikan sudah berapa lama hubungan intim tanpa kontrasepsi Anda lakukan bersama pasangan. Sejatinya, infertilitas dibagi menjadi dua jenis yaitu infertil sekunder dan infertil primer. Infertil primer artinya ketidaksuburan tersebut terjadi pada wanita yang sama sekali belum pernah hamil dan melahirkan, sementara infertil sekunder terjadi pada wanita yang sudah pernah melahirkan tetapi sulit untuk kembali mendapatkan keturunan. Ketidaksuburan yang banyak terjadi pada masyarakat adalah infertil primer.

Beberapa masalah ketidaksuburan dapat diatasi dengan cara yang  mudah seperti menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, dan lain-lain. Bisa juga dengan memilih waktu yang tepat yaitu pada masa subur untuk berhubungan intim agar kehamilan bisa terjadi. Tetapi ada kalanya infertilitas yang terjadi harus ditangani secara serius dengan beberapa terapi medis di bawah pengawasan dokter ahlinya.

Penelitian yang pernah dilakukan mengatakan bahwa ada sekitar 12% atau 3 juta pasangan di tanah air, baik yang bertempat tinggal di kota atau pun di desa  yang mengalami masalah ketidaksuburan. Karena begitu rumitnya organ reproduksi wanita, banyak pihak yang menyalahkan istri sebagai penyebab tidak kunjung hadirnya keturunan. Padahal secara medis, bukan hanya wanita yang dapat mengalami infertilitas tetapi juga pria sehingga kehamilan bisa tertunda. Sebenarnya infertilitas yang terjadi 40% berpotensi disebabkan oleh pria, 40% oleh wanita, sementara 30% adalah keduanya.

Hingga saat ini ilmu kedokteran baru dapat menyelamatkan sekitar 50% dari jumlah pasangan yang mengalami masalah ketidaksuburan sementara separuh sisanya harus menjalani sisa hidup berumahtangganya tanpa keturunan, mengadopsi anak, atau justru berpisah. Ketidaksuburan sungguh dapat menjadi teror bagi pasangan yang ingin mempunyai keturunan, apalagi ditambah dogma miring masyarakat terhadap pasangan yang tidak mempunyai buah hati.

Untuk menghindari hal itu sangat direkomendasikan untuk melakukan antisipasi sejak dini, atau sejak remaja dengan memeriksakan kesehatan organ reproduksi secara teratur. Hal ini terutama jika terjadi gejala-gejala ketidakseimbangan hormon atau hal-hal lain yang kurang wajar, misalnya menstruasi yang tidak teratur, siklus yang sering terlambat, atau rasa nyeri yang tidak normal. Pemeriksaan kesehatan pra pernikahan juga sangat disarankan untuk mencegah masalah yang berpotensi memperkecil peluang kehamilan.

Penyebab infertilitas pria secara umum
  1. Kualitas sperma
Kualitas sperma yang dihasilkan oleh pihak suami berperan penting dalam keberhasilan kehamilan. Hal ini termasuk gerakan yang tidak sempurna dan bentuk sperma dengan kelainan struktur. Jika terjadi hal yang demikian maka sperma tidak akan mampu berenang mencapai sel telur dan membuahinya.
Produksi sperma yang rendah juga dapat berpengaruh, yaitu kurang dari 20 juta sperma/ml semen. Hal ini dapat terjadi karena terlalu sering berejakulasi, terlalu lelah, kecanduan rokok dan alkohol, dan penyebab lainnya.
  1. Genetik
Kelainan genetik sindroma Klinefelter mengakibatkan suami mempunyai 1 kromosom Y dan 2 kromomos X sehingga mempengaruhi pertumbuhan testis dan sedikit atau tidak dapat memproduksi sperma sama sekali.
  1. Hormonal
Hormon testosteron dari kelenjar ptituari yang merangsang produksi sperma dapat mengalami gangguan dan mempengaruhi kinerja testis.
  1. Impotensi
Penis tidak mampu ereksi karena peredaran darah yang tidak lancar.
  1. Varikokel
Pelebaran pembuluh darah vena pada daerah buah zakar adalah gangguan yang disebut varikokel.
  1. Sumbatan saluran sperma
Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi atau kelainan sejak lahir.
  1. Radiasi dan obat
Obat-obatan tertentu atau pengaruh radiasi dapat menurunkan kualitas sperma, fungsi testis, dan hormon reproduksi.

Penyebab infertilitas wanita secara umum
  1. Endometriosis
Ini adalah keabnormalan pertumbuhan jaringan yang tumbuh bukan di dalam rahim melainkan di luar.
  1. Hormonal
Kelainan pada lutein termasuk perangsang folikel, kelenjar hipotalamus-pituitari, genetik, dan kelainan kelenjar tiroid dapat menyebabkan infertilitas pada wanita.
  1. Monopause dini
Kelainan imunitas, kebiasaan merokok, efek kemoterapi dan radioterapi dapat menyebabkan menyusutnya folikel ovarium wanita sebelum berusia 40 tahun sehingga siklus haid terhenti.
  1. Sumbatan pada tuba fallopi
Sperma akan terhalang untuk mencapai sel telur bila saluran tuba fallopi mengalami kerusakan atau gangguan yang bisa terjadi karena infeksi atau salpingitis.
  1. Polycystic Ovary Syndrome (PcOS)
Ini adalah sindroma yang menyebabkan banyaknya kista ovarium dan produksi adrogen testosteron sehingga tidak dapat terjadi ovulasi.
  1. Tumor dan kanker rahim
Tumor atau kanker yang terjadi pada dinding uterus dapat mengakibatkan ketidaksuburan.
  1. Prolaktin
Produksi prolatin atau hormon yang merangsang produksi ASI yang berlebih juga dapat berpotensi menyebabkan ketidaksuburan.
  1. Anoreksia, obesitas, dan stres
Kehamilan akan sulit terjadi pada wanita yang terlalu kurus, kelebihan berat badan, atau yang mengalami depresi karena dapat mengganggu kerja hormon-hormon.


Nah, dengan mengetahui penyebab terjadinya infertilitas kita semua bisa menghargai atas kehidupan yang telah diberikan serta dapat menjaga kesehatan lebih baik lagi. 

Pembahasan lebih mendalam mengenai infertilitas ini ada di buku yg ditulis dr. Rosdiana Ramli, di buku ini anda akan menjadi lebih paham tentang akar permasalahan dari infertilitas, anda akan mengerti bagaimana sistem reproduksi manusia bekerja, anda akan memahami tentang ovulasi, cara berhubungan yang dapat meningkatkan peluang hamil dan masih banyak lagi tips lainnya yg dibahas secara tuntas, jadi jangan terburu-buru untuk melakukan serangkaian terapi infertilitas yang biayanya sangat mahal, yang pada kenyataannya banyak sekali pasien yang terbantu hanya dengan mengubah beberapa pola hidup mereka yg kurang sehat dan menjalani anjuran yang ada di dalam buku ini. selengkapnya klik di sini!

Baca juga:
Mengetahui masa subur pria
tips sehat anak bayi dan balita