Faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita

Faktor yang menyebabkan ketidaksuburan wanita atau sulit hamil adalah dikarenakan sumbatan pada saluran telur dan rahim, adanya kegagalan ovulasi atau gagal matang sel telur seperti yang telah dibahas pada postingan terdahulu, berikut ada beberapa penyebab lain ketidaksuburan atau infertilitas pada wanita:

Faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita

Endometriosis

Endometriosis adalah salah satu sebab yang membuat seorang wanita sulit hamil, yaitu tumbuhnya jaringan endometrium pada organ lain, yaitu pada indung telur, usus, paru-paru, atau dinding perut. Padahal, selayaknya jaringan ini berada pada dinding rahim. Gejala gangguan ini adalah nyeri hebat pada waktu menstruasi, dan pada 80% wanita yang mengalami keluhan ini ditemukan bercak endometriosis.

Sindroma ovarium polikistik

Masalah kesuburan wanita akibat sindroma ovarium polikistik atau PCOS adalah salah satu penyebab infertilitas yang sulit dikenali, tetapi banyak terjadi pada perempuan berusia subur. PCOS adalah Polysystic Ovary Syndrome, yaitu gangguan kesuburan yang dipicu oleh ketidakseimbangan hormon sehingga sulit terjadi ovulasi. Kegagalan ovulasi ini bahkan menjadi penyebab pertama infertilitas bagi wanita di seluruh dunia. Di tanah air sendiri, penderita sindroma ini mencapai 8 juta jiwa dan belum diketahui penyebab pastinya.

Gejala gangguan ini sering diabaikan karena banyak wanita yang belum menyadari besarnya dampak PCOS bagi kesuburan. Gejala sindroma ini antara lain adalah gagal matangnya sel telur, gangguan siklus haid, oligomenorea, amenorea, pendarahan pada rahim, dan hirsutisme. Sindrom tersebut selain mengancam organ reproduksi wanita juga dapat berdampak negatif bagi sistem tubuh yang lain seperti memicu diabetes melitus dan penyakit jantung.

Sindroma Ovarium Polikistik sering terjadi pada wanita dengan kadar androgen atau hormon maskulin yang lebih tinggi dibandingkan wanita pada umumnya. Gejalanya adalah tumbuh jenggot, rambut dada, dan ciri-ciri maskulin lainnya. Pengobatan secara medis untuk sindrom ini dilakukan dengan terapi kemandulan atau terapi bersifat jangka panjang dengan fokus memperbaiki keabnormalan sistem metabolisme. Ada juga terapi untuk mengurangi kadar androgen  dalam darah dan menerapkan gaya hidup sehat untuk mendapatkan berat badan ideal. Induksi ovulasi dan pembedahan dapat juga menjadi salah satu solusi yang memberikan harapan cukup cerah bagi penderita.

Sumbatan pada vagina

Selain sumbatan pada saluran telur, sumbatan pada vagina juga berpotensi untuk mempersulit peluang kehamilan karena spermatozoa tidak sempat mencapai saluran telur untuk membuahi sel telur. Terdapat dua jenis sumbatan pada vagina yaitu vaginismus dan anatomik. Sumbatan pada vagina karena pengerutan liang vagina saat akan terjadi penetrasi bisa terjadi karena faktor psikologis misalnya karena trauma atau pernah menjadi korban pelecehan seksual. Sumbatan anatomik bisa terjadi karena faktor genetik atau bawaan, dan ada pula sumbatan pada vagina yang terjadi akibat radang yang menyebabkan tingginya kadar keasaman pada vagina.

Gangguan pada leher, mulut, dan bentuk mulut rahim

Gangguan pada organ reproduksi ini bisa merupakan sumbatan pada leher rahim, lendir abnormal pada mulut rahim yang membuat sperma tak dapat menuju rahim. Bentuk mulut rahim yang abnormal juga dapat menghalangi spermatozoa untuk membuahi sel telur.

Untuk mengatasi gangguan yang berdampak pada infertilitas ini dapat dilakukan pengobatan jika gangguan tersebut berhubungan dengan produksi lendir yang tidak normal. Tetapi bila terjadi kelainan pada bentuk  mulut rahim, satu-satunya jalan keluar bagi Anda adalah pembedahan untuk menormalkan saluran jalan sperma menuju rahim.

Gangguan pada rahim


Gangguan pada rahim yang dapat menyebabkan infertilitas bisa terjadi karena kelainan bawaan sejak kecil, misalnya lahir tanpa mempunyai rahim, rahim yang terlalu kecil, rahim berbentuk hati, mempunyai dua rahim, rahim yang bertanduk, dan rahim yang bersekat. Kelainan-kelainan bentuk rahim tersebut masih dimungkinkan untuk diperbaiki dengan cara pembedahan. Tetapi kelainan bawaan tanpa rahim tidak mungkin diobati dengan cara medis.

Baca juga:
Gagal matang sel telur
tips sehat anak bayi dan balita