Alat Reproduksi Pria

organ reproduksi pria
Walaupun organ reproduksi wanita lebih rumit daripada pria tetapi tidak ada salahnya jika kita juga mengenal anatomi reproduksi pria yang berperan besar dalam proses pembuahan. Kehamilan akan urung terjadi jika sistem reproduksi pria mengalami gangguan. Walaupun memang tidak sekompleks organ reproduksi wanita, anatomi reproduksi pria pun memiliki keunikan dengan segala karakteristiknya. Secara  umum, anatomi alat reproduksi pria pada prinsipnya berfungsi untuk menghasilkan sperma atau spermatozoa. Ada dua jenis organ reproduksi pria berdasarkan posisinya, yaitu alat kelamin luar dan alat kelamin dalam.

1.   penis
Penis adalah istilah yang berasal dari bahasa lain yang berarti ekor, yaitu phallus. Selain berfungsi sebagai alat reproduksi, penis juga digunakan untuk berkemih atau buang air kecil. Pada usia 10 hingga 15 tahun penis akan berkembang hingga mencapai bentuknya yang sempurna atau disebut akil balik.

Pada penis terdapat saluran yang disebut uretra untuk mengeluarkan air mani serta sel-sel sperma untuk dialirkan ke dalam vagina. Terdapat kantung buah zakar yang terletak dipangkal penis yang berfungsi untuk melindungi sperma. Lingkungan bagi sperma di dalam kantung ini memiliki suhu yang rendah, bahkan lebih rendah dari suhu tubuh sehingga pertumbuhan sperma berjalan baik. Pada suhu yang tinggi sperma akan cepat mati.  

Di dalam batang penis terdapat tiga rongga yang  dibentuk oleh jaringan spons. Rongga yang terdapat di bagian atas disebut dengan corpus savernosa, sementara rongga di bagian bawah dinamakan dengan corpus spongiosum. Ketiga rongga sangat bermanfaat bagi pembentukan proses ereksi.

2.   Glans penis
Bagian ujung atau kepala penis disebut dengan glans penis dimana terdapat banyak sekali pembuluh darah dan syaraf. Bagian kepala penis ini diselimuti oleh preputium yang akan dihilangkan pada ritual khitan. Glans penis dapat menghasilkan sensasi rangsangan seksual sehingga fungsinya hampir sama dengan klitoris pada vagina wanita. Frenulum atau kulup penis posisinya berada di bawah glans penis dan penis.

3.   Kantung buah zakar
Seperti yang telah disebutkan, kantung buah zakar yang disebut skrotum bermanfaat untuk mengatur suhu lingkungan tetap rendah agar sperma terjaga kelangsungan hidupnya. Organ reproduksi yang terletak menggantung di luar tubuh ini dapat melindungi sperma karena suhunya lebih rendah daripada suhu tubuh sendiri. Untuk memproduksi sperma, dibutuhkan suhu sekitar 3 hingga 4 derajat celcius, tetapi sebaliknya bila suhunya terlalu rendah sperma juga  dapat rusak walaupun tidak sampai mati.

4.   Buah zakar
Buah zakar atau disebut juga testis adalah organ yang berguna untuk memproduksi sel sperma dan hormon androgen. Testis berkembang sejak masa akil balik untuk memproduksi sperma dan sanggup menghasilkan hingga jutaan sperma setiap harinya.

5.   Saluran uretra
Walaupun sperma dan air seni akan melewati saluran yang sama, yaitu saluran uretra untuk keluar dari tubuh tetapi kedua cairan tersebut tidak akan keluar secara bersamaan karena saat penis sedang ereksi maka katup untuk saluran air seni akan secara otomatis menutup. Saluran ini menghubungkan kantung kemih keluar dari tubuh dan berfungsi sebagai saluran pembuangan air mani saat ejakulasi dan eskresi atau berkemih.   

6.   sperma
Sel sperma atau spermatozoa dihasilkan oleh testis mulai dari akil balik hingga usia tua seorang pria. Secara umum jumlah air mani yang dikeluarkan saat proses ejakulasi adalah 2 hingga 5 ml, dengan setiap milimeternya berisi 50 hingga 130 juta sel sperma.


Karakteristik sperma yang sehat adalah volumenya 2 hingga 5 ml, jumlahnya lebih dari 20 juta untuk setiap ml-nya, jumlah sperma yang berenang lebih dari 40% dari jumlah yang dikeluarkan, dan struktur sel sperma yang normal berjumlah lebih dari 60% dari total seluruh sperma yang keluar saat ejakulasi. Secara umum jumlah sperma yang dihasilkan oleh testis mencapai 200 juta setiap harinya tetapi akan mengalami penurunan  terutama saat iklim berubah panas.
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil