Ngidam Saat Wanita Hamil, Apa Sebab?

mengapa ngidam
Kehamilan merupakan proses alamiah yang dialami para calon ibu di seluruh dunia. Proses kehamilan penuh dengan berbagai cerita, mulai dari suka, duka, jengkel, sakit, gembira, hingga proses ngidam yang bermacam-macam. Perubahan mood pada wanita hamil merupakan hal yang wajar. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon pada wanita hamil yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada metabolisme tubuh. Misalnya saat sang wanita mengalami masa kehamilan pada trimester pertama, keluhan yang sering dialami adalah morning sickness atau mual di pagi hari.

Ada saja alasan tertentu yang membuat wanita mual, misalnya karena mencium wewangian tertentu. Ada juga yang mengalami perubahan selera atau keinginan, misalnya ngidam atau menginginkan sesuatu. Proses ini adalah hal yang lumrah. Biasanya, sang wanita merasa sangat ingin makan jenis makanan tertentu kapan saja. Bahkan jika keinginan itu terjadi di malam hari, biasanya harus terpenuhi agar sang wanita lega.

Bahkan, ada mitos bahwa jika keinginan saat ngidam tidak terpenuhi, nantinya sang bayi akan lahir dalam kondisi mulut selalu berliur. Tentu saja hal ini tidak benar, sebab dari segi medis tidak ada kaitan antara dua hal tersebut. Jika keinginan sang wanita masih bisa dipenuhi, tentu saja sang suami dapat mengabulkan permintaan istri tercintanya. Namun, jika keinginan tersebut sudah tidak lazim dan tidak masuk akal, maka sang suami harus pandai merayu sang istri sebagai penolakan secara halus atas permintaan sang istri.

Ngidam wanita hamil bisa dipicu oleh beberapa faktor:

Ada beberapa hal yang memicu timbulnya ngidam pada wanita hamil:
1.    Faktor hormon. Banyak wanita hamil yang menginginkan makanan yang sebelumnya tidak menjadi makanan favorit mereka. Adanya perubahan hormon dalam tubuh dapat mempengaruhi selera terhadap makanan tersebut. Setelah melahirkan, hormon akan kembali seperti semula.
2.    Adanya faktor diet membuat wanita menghindari mual dengan menghindari minuman tertentu seperti teh dan kopi walaupun mereka menyukainya sebelum hamil.
3.    Adanya reaksi alami dari tubuh. Misalnya wanita yang mendadak menginginkan makanan atau jajanan kegemarannya saat ia kecil. Ada juga wanita hamil yang ingin makan buah dan sayuran sebagai reaksi dari tubuh yang memang membutuhkan asupan buah dan sayuran tersebut.

Dalam proses kehamilan, kebutuhan akan gizi, mineral, vitamin, kalsium, protein dan zat besi harus diperhatikan. Sebab, gizi akan mempengaruhi perkembangan janin yang ada di kandungan. Apalagi jika sang wanita sering mual, kurang nafsu makan dan mengalami gangguan lainnya, maka harus segera diperiksakan ke ahli gizi atau dokter kandungan untuk mencari solusinya.

Asupan Sehat untuk Wanita Hamil dan Ngidam

Gangguan kehamilan dapat menyebabkan turunnya selera makan sehingga dapat mengakibatkan kekurangan gizi. Pada wanita hamil yang tidak berselera untuk makan nasi, maka alternatifnya adalah mengonsumsi makanan pengganti karbohidrat seperti roti, bubur kacang hijau, sereal dan biskuit. Selain itu, harus diimbangi dengan asupan buah seperti pisang dan alpukat karena banyak mengandung asam folat yang baik bagi perkembangan janin.

Sebagai pelengkap, wanita hamil dapat mengonsumsi susu untuk ibu hamil secara teratur dengan aneka rasa agar tidak bosan. Untuk menghadapi mitos tentang ngidam yang dipercaya oleh keluarga, selagi itu baik maka tidak ada salahnya untuk diikuti. Jalani kehamilan dengan rileks. Jika mengalami mual terhadap jenis makanan kecuali yang sedang diidamkan, bisa diatasi dengan minum air jahe hangat atau gula jawa.
Kehamilan dan ngidam sering berjalan bersamaan karena mengidam adalah gejala alamiah pada ibu hamil. Yang paling penting adalah dengan menjaga kesehatan agar kehamilan tidak bermasalah.

tips sehat anak bayi dan balita