Cara Mengatasi Masalah Seksual Pada Pria dan Wanita

cara atasi masalah seks
Setiap pasangan pasti menginginkan hubungan seksual yang berkualitas. Untuk mengantisipasi atau mengatasi masalah seksual, maka diperlukan keterbukaan dan komunikasi antar kedua belah pihak. Permasalahan yang berkaitan dengan seksualitas kerap terjadi dan kadang salah satu pasangan malu untuk mengungkapkannya kepada pasangannya. Tidak semua wanita merasakan orgasme dalam berhubungan intim karena beberapa faktor psikologis.

Ada juga wanita yang sulit mencapai orgasme. Padahal, hubungan seksual juga turut mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Dibutuhkan aktivitas seksual yang teratur dan terkendali untuk mencapai kualitas yang maksimal. Jika hubungan seksual tidak berjalan secara teratur, kurang berkualitas dan berkuantitas, maka akan mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Oleh karena itu, "masalah seks" harus diatasi agar hubungan tetap romantis.

Masalah seks yang terjadi disebabkan karena faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik meliputi gangguan fisik dan penyakit yang diderita seperti impotensi atau penyakit jantung. Bisa juga gangguan berupa frigid pada wanita dan ejakulalsi dini pada pria. Sedangkan faktor psikis bisa berupa stress, kelelahan dan rasa tidak percaya diri atau malu. Penyembuhan gangguan yang menghambat aktivitas seksual harus segera diatasi dan diobati baik secara medis maupun herbal.

Jenis-jenis masalah Seksual

Berikut ini merupakan contoh beberapa jenis masalah seksual yang umumnya terjadi:
1.    Disfungsi Ereksi
Impotensi tentu saja berbeda dengan ejakulasi dini. Penanganan impotensi lebih sulit dan harus ditangani oleh pihak medis. Impotensi merupakan ketidakmampuan penis untuk ereksi sehingga menghambat aliran darah. Penyebabnya bisa karena depresi, stres, maupun penyakit.
2.    Penurunan gairah seksual pada pria dan wanita. Gangguan ini bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi, stress, gangguan kesehatan lain dan kelelahan. Pada wanita, bisa terjadi frigiditas yang disebabkan oleh berbagai factor, seperti menikah dengan orang yang tidak dicintainya, traumatic di masa lalu, rasa tidak percaya diri, rasa jenuh dan sebagainya. Untuk mengatasinya, maka yang bersangkutan harus memiliki kesadaran dan motivasi.
3.    Ejakulasi dini pada pria, yaitu keluarnya sperma terlalu cepat. Ada juga pria yang mengalami kesulitan ejakulasi karena stress.Yang lebih serius adalah masalah ejakulasi berbalik, yaitu sperma ke kandung kemih saat terjadi ejakulasi dan disebabkan oleh penyakit seperti diabetes atau hernia.
   

Cara Mengatasi Masalah Seksual

Penanganan masalah seksual pada pria dan wanita bisa berbeda. Langkah penanganan masalah seks pada pria bisa dilakukan dengan:
·       Terapi psikologi agar perasaan cemas berkurang
·       Menjalin keterbukaan dalam komunikasi dengan istri
·       Menggunakan vakum pada pria yang ejakulasi dini
·       Pemeriksaan medis. Jika terindikasi sang pria mengalami masalah hormon, maka akan dilakukan terapi hormon testoteron pada pria.

Jangan menganggap sepele hambatan seksual yang terjadi dalam rumah tangga. Jangan ragu untuk melakukan terapi pada ahlinya agar masalah tersebut teratasi.
Sedangkan permasalahan dan hambatan seksual pada wanita umumnya:
·       Wanita berpura-pura orgasme karena malu untuk mengatakan pada pasangannya jika ia belum merasa terpuaskan. Ia melakukan hal ini sebagai bentuk penghargaan pada suaminya. Untuk mengatasinya, sang wanita harus terbuka menganai masalah ini kepada suami dan memberikan pengertian secara perlahan.
·       Wanita kurang berinisiatif karena malu untuk memulai duluan. Padahal, wanita boleh mengambil inisiatif duluan atau mengatur posisi yang diinginkannya, serta mengambil alih untuk memberikan rangsangan pada pasangannya. Dengan demikian, tercipta pola hubungan intim yang bervariasi dan tidak monoton.

Ketika menghadapi masalah seksual, wanita harus menyampaikan keluhannya kepada suami dengan cara perlahan agar suami tidak tersinggung. Kemudian, keduanya mencari jalan keluar bersama-sama.
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil