Cara Sehat untuk Merawat Alat Reproduksi Wanita

Organ pribadi di tubuh wanita memang lebih rentan terkena penyakit dibandingkan organ intim pria, baik virus, jamur dan bakteri lainnya. Oleh karena itu, diperlukan ketelatenan dalam merawat alat reproduksi wanita. Alat reproduksi wanita tidak hanya sebatas alat kelamin saja melainkan ada juga bagian-bagian lain di dalamnya. Alat reproduksi wanita terbagi menjadi dua, yaitu bagian kelamin luar (vagina) dan bagian dalam yang meliputi alat reproduksi (rahim dan organ-organnya).

Merawat organ Reproduksi Wanita

Namun, artikel ini memfokuskan cara perawatan alat reproduksi bagian luar saja, yaitu vagina. Beberapa perubahan abnormal pada vagina bisa jadi adalah awal terjadinya masalah. Misalnya vagina yang mengeluarkan cairan berbau dan perubahan frekuensi buang air kecil. Kondisi vagina yang berubah secara signifikan dapat mempengaruhi kesehatan seksual dan reproduksi. Pencegahan masalah dapat diatasi dengan menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim. Vagina adalah harta yang berharga pada wanita sebagai alat reproduksi sekaligus pintu bagi kelahiran anak-anaknya.

Merawat Alat Reproduksi Wanita Dengan Pap Smear atau Pap Test


Bagi wanita yang telah menikah, merawat alat reproduksi wanita dengan cara melakukan pemeriksaan alat reproduksi sangat diperlukan. Pemeriksaan dengan pap test atau pap smear secara menyeluruh akan membantu mendeteksi adanya bibit penyakit yang ada. Pemeriksaan dilakukan melalui tes laborat untuk mengetahui kandungan dalam cairan vagina. Bisa saja penyakit itu timbul karena kurangnya sang wanita menjaga kebersihan, tertular saat melakukan aktivitas seksual atau faktor hormonal.

Biaya untuk pap test berkisar antara Rp.150.000-Rp.300.000 tergantung klinik kesehatan atau rumah sakit tempat sang wanita melakukan pemeriksaan. Jika terdeteksi ada bibit penyakit, maka akan dilakukan pemeriksaan kembali untuk menentukan cara pengobatan yang tepat. Bagi wanita yang telah melakukan pap test dan organ intimnya dinyatakan sehat, tetap perlu melakukan upaya pencegahan penyakit.

Misalnya dengan menjaga kebersihan saat siklus menstruasi. Wanita yang sedang haid sebaiknya sering mengganti pembalut agar tidak mengundang penyakit.Gumpalan darah di pembalut dapat menjadi sarang perkembangbiakan bakteri. Alangkah baiknya pembalut diganti tiap 3-4 jam sekali sesuai kebutuhan, apalagi jika wanita banyak beraktivitas outdoor dan berkeringat.

Kebiasaan Sehat dalam Merawat Alat Reproduksi Wanita Sehari-hari


Perawatan vagina tidak hanya bisa dilakukan oleh wanita yang sudah menikah saja. Wanita yang masih single juga bisa merawat organ intimnya dengan langkah mudah dan sederhana:

1.    Pilihlah celana dalam berbahan katun

Katun adalah jenis kain terbaik untuk celana dalam agar organ intim tetap kering dan segar. Celana dalam berbahan katun lebih sehat dibandingkan celana dalam berbahan nilon. Apalagi suhu Indonesia yang tropis cenderung panas sehingga menjadikan organ intim mudah lembab. Nilon tidak dapat menyerap keringat sehingga dapat menyebabkan keputihan pada wanita dan tumbuhnya jamur. Jika udara panas, perempuan dapat mengganti celana dalam 3-4 kali sehari untuk menghindari kelembaban pada organ intim. Hindari kebiasaan memakai pantyliners.

2.    Keringkan Organ Intim Setelah Buang Air Kecil

Jangan biarkan celana dalam basah seusai cebok. Basuh organ intim dari arah depan ke belakang dengan air kran jika berada di toilet umum. Keringkat dengan handuk untuk mencegah perkembangbiakan bakteri.

3.    Jangan Menggunakan bahan kimia yang dapat menimbulkan resiko iritasi pada vagina.

4.    Hindari menggaruk organ intim jika terasa gatal.

5.    Jangan melakukan hubungan intim saat belum bersih dari haid atau saat mengalami infeksi vagina. Hindari juga penggunaan pelumas vagina sebab pelumas dapat menyebabkan perkembangbiakan bakteri.

Selain itu, jangan lupa cukupi asupan sayur dan buah sebagai upaya merawat alat reproduksi wanita dari dalam. Perawatan organ intim sangat bermanfaat bagi wanita baik yang single maupun telah menikah.
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil