Nutrisi Penting Untuk Wanita Hamil

buah dan sayur untuk wanita hamil
Keinginan terbesar pada pasangan yang telah menikah adalah kehadiran seorang anak. Saat wanita hamil, sangat penting untuk menjaga asupan gizi yang dimakan, karena dalam kondisi seperti ini, anda bukan lagi hanya menyuplai kebutuhan nutrisi untuk diri sendiri, tapi juga janin yang mulai tumbuh di dalam rahim. Anda harus memilah makanan yang sehat, seperti buah dan sayur. Zat yang terkandung didalamnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda dan si kecil.

Perhatikan Asupan Gizi Wanita Hamil

Saat melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, sebaiknya anda mengkonsultasikan jenis makanan yang dapat anda konsumsi dan tidak. Wanita hamil memang wajib menjaga pola makan dan harus memenuhi nilai gizi optimal, karena mereka membutuhkan kadar yang lebih banyak daripada perempuan biasa. Hal itu dilakukan untuk menjaga tumbuh kembang serta kesehatan buah hati anda, agar dapat berjalan dengan normal sebagai mana mestinya.

Kenapa harus terpenuhi? Pertama; wanita hamil harus sadar, bahwa anda sekarang tidak sendirian, ada janin yang tengah anda kandung, asupan bayi anda sangat bergantung dengan makanan yang anda konsumsi. Tentu hal ini sangat perlu untuk diperhatikan, bila tidak, dapat meningkatkan resiko yang bisa membahayakan, seperti bayi prematur, cacat atau saat lahir sudah meninggal. Oleh karena itu perlu adanya pengawasan dari bidan atau ahli medis kandungan.

Wanita Hamil Butuh Zat Penting Pada Sayuran dan Buah

Agar anda lebih memahami kandungan nutrisi yang perlu anda penuhi, disini akan diulas mengenai beberapa zat yang terdapat pada buah dan sayur, yaitu :

·       Asam Folat
Zat tersebut biasa dikonsumsi oleh para wanita yang telah berencana untuk memiliki momongan dan dilanjutkan hingga tiga bulan masa kehamilan. Hal itu dilakukan untuk mencegah resiko terjadinya cacat bawaan dari lahir seperti gangguan otak dan tulang belakang yang banyak terjadi pada bayi. Ibu yang hamil dapat mengkonsumsi sayuran seperti bayam, brokoli, kembang kol, kacang kedelai atau buah yaitu kurma, kismis, aprikot, strawberry, peach, anggur, pisang, wortel, tomat serta jeruk. Anda juga bisa menambahkan sereal dalam menu sarapan, karena memiliki kandungan asam folat yang baik untuk perkembangan janin.
·       Vitamin C
Vitamin memang sangat diperlukan untuk kesehatan, tak hanya untuk para ibu hamil, tapi juga semua orang. Manfaatnya memang begitu banyak, seperti untuk kesehatan tulang dan gigi, pemberian struktur pada tulang, otot, kartilago, pembuluh darah serta kulit, berperan dalam penyerapan zat besi dan membantu untuk pembentukan kolagen. Buah yang banyak mengandung vitamin C adalah melon, jambu, leci, kiwi, pepaya, jeruk, apel, brokoli, strawberry dan nanas.
·       Vitamin A
Termasuk ke dalam salah satu vitamin yang bisa larut di dalam lemak. Sebenarnya ada beberapa senyawa yang digolongkan ke dalamnya yaitu retinol, retinil palmitat dan retinil asetat. Fungsinya adalah untuk pembentukan sistem penglihatan, tulang, rambut, membantu dalam kekebalan tubuh, reproduksi sel dan untuk produksi beberapa jenis hormon. "Wanita hamil" dapat mengkonsumsi pepaya, jambu, mangga, tomat, anggur, wortel, semangka, bayam dan brokoli untuk mendapatkan khasiat dari vitamin A.
·       Vitamin B kompleks
B kompleks merujuk kepada berbagai jenis vitamin b, yang terdiri dari tiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), biotin (B7), folat (B9) dan sianokobalamin (B12). Kegunaannya adalah untuk perkembangan fungsi otak dan syaraf, serta metabolism pada janin. Anda dapat menemukan khasiatnya pada bayam, daun papaya, katuk, buah berry dan pisang.

·       Seng
Anda bisa mengkonsumsi rebung, kacang polong, asparagus, kentang dan alpukat untuk dapat mendapatkan manfaatnya. Fungsi seng yaitu untuk pembelahan dan pertumbuhan sel.
·       Kalsium
Zat ini berperan dalam pengaturan lalu lintas gizi yang masuk melalui dinding sel, juga bisa menyembuhkan insomnia yang biasa di alami oleh wanita hamil. Kalsium terdapat pada delima, pir, jeruk, kurma dan seledri.
·       Antioksidan
Tak hanya itu, tapi anda juga harus memasukkan sayuran yang mengandung antioksidan ke dalam menu sehari-hari seperti sayuran berwarna hijau yang mengandung betakaroten yaitu kecambah, kol, brokoli dan tomat. Anda juga bisa memilih sayuran yang harganya sangat murah seperti kemangi, kecombrang, krokot, daun ginseng, kenikir, beluntas serta kacang-kacangan yang mengandung vitamin E. Tanaman tersebut juga bermanfaat bagi tubuh terutama wanita hamil karena dapat mencegah katarak, kanker, stroke serta dapat menyerap radikal bebas.

Jenis sayuran lain yang banyak diminati adalah daun singkong. Ya, orang Indonesia pasti sudah sangat mengenalnya. Ternyata dibalik harganya yang sangat murah, juga tersimpan khasiat lain yaitu memiliki kandungan zat yang bisa mengusir radikal bebas. Bahkan menurut Prof. Hembing bahwa daun ini memiliki khasiat lain yaitu sebagai anti tumor, rematik, diare dan sakit kepala. Wanita hamil dapat turut mengkonsumsinya.

Untuk mempermudah dalam pemenuhan gizi, saat ini telah tersedia multivitamin dan susu khusus untuk wanita hamil. Sayur dan buah memang memiliki khasiat yang besar, karena mengandung antioksidan, mineral serta vitamin yang dapat membantu untuk melawan radikal bebas (yang dapat membahayakan tubuh) dan meningkatkan kecerdasan  si jabang bayi.

Baca juga:
Tanda-tanda terjadinya kehamilan


tips sehat anak bayi dan balita