Faktor Yang Perlu Diperhatikan Saat Hamil Muda

hamil muda

Usia kandungan pada masa tiga bulan pertama memang sangat memerlukan perhatian lebih. Apalagi bagi anda yang baru pertama kali merasakannya. Kondisi janin keadaan hamil muda memang masih sangat rentan, membuat anda sebagai calon ibu harus ekstra dalam menjaganya. Bila ada sesuatu hal yang anda rasakan atau keluhan tertentu, sebaiknya diskusikanlah kepada bidan atau dokter kandungan anda saat melakukan pemeriksaan rutin.

Hamil Muda - Mulailah Melakukan Hal-hal Ini!

Beberapa dari wanita mungkin masih merasa kesulitan penyesuaian diri dalam mengatur pola hidup dan makan pada awal kehamilan. Tak perlu khawatir, karena secara perlahan anda dapat mulai memperhatikan hal-hal yang perlu dikontrol pada saat hamil muda, yaitu :

·   Asupan Nutrisi
Jika sebelum hamil, anda adalah tipe orang yang mengkonsumsi makanan apapun, saat ini mulailah untuk mengendalikannya. Pilihlah asupan yang sehat serta memiliki kandungan gizi yang baik. Anda dapat mulai menerapkan empat sehat lima sempurna yang terdiri dari nasi, sayur, lauk, buah dan susu khusus bagi ibu hamil. Bahkan saat ini telah dijual produk susu yang mengkategorikannya berdasarkan umur janin anda.

·   Mengurangi Segala Kegiatan Fisik
Anda harus mulai mengurangi aktivitas fisik yang dapat berbahaya bagi kandungan, umurnya yang masih kecil, menjadikannya sangat rentan. Bila anda biasa mengendarai kendaraan roda dua untuk ke kantor, sebaiknya tidak dilakukan terlebih dahulu, walaupun anda dibonceng. Selain itu, hindarilah jalanan yang terlalu banyak lubang, karena itu akan menyebabkan janin terguncang-guncang.

Saat bulan Ramadhan, anda bisa tidak berpuasa terlebih dahulu. Hal itu disebabkan calon bayi membutuhkan gizi yang banyak untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Kewajiban bershaum yang anda tinggalkan, dapat diganti dibulan lain, atau jika memang tidak mampu, anda dapat membayar fidyah yaitu memberi makan orang miskin sejumlah hari anda meninggalkan puasa.

·   Pengaruh Hormon
Saat trimester pertama akan terjadi perubahan hormon pada diri anda, seperti sering pusing, mual atau buang air kecil. Pengaruh hormon tersebut juga dapat menyebabkan turunnya nafsu makan. Jadi anda tak perlu bingung, jika ketika hamil muda menyebabkan bobot anda menurun.

·   Perhatikan Alas Kaki
Para wanita sering kali menggunakan sepatu atau sandal yang memiliki hak tinggi. Ketika hamil muda, sebaiknya anda meninggalkan kebiasaan itu terlebih dahulu. Tentu saja untuk mengurangi segala resiko yang dapat terjadi seperti terjatuh atau tersandung. Anda dapat memilih alas kaki yang berbahan empuk, agar anda merasa lebih nyaman.

·   Memiliki Balita
Bila anda memiliki balita di rumah dan anda sedang hamil muda. Anda dapat mengajarkannya untuk menyayangi adiknya dengan mengelus perut anda. Jangan sampai perut anda tertendang atau terpukul si kecil, karena dapat berbahaya bagi janin.

·   Menggunakan Lotion Strech Mark
Semakin membesarnya perut, tentu akan mulai muncul "stretch mark" pada bagian tertentu pada tubuh anda. Anda dapat mengoleskan lotion yang banyak dijual dipasaran untuk menyamarkan guratan tersebut. Sebaiknya dilakukan saat hamil usia muda, karena jika sudah terlanjur muncul, bekasnya sulit dihilangkan.

·   Keputihan wanita hamil muda
Hal ini merupakan peristiwa yang wajar dialami oleh para calon ibu yang hamil muda, karena merupakan sekresi dari vagina. Biasanya terjadi karena dipengaruhi oleh hormon. Bila Fluor albus yang anda alami berwarna bening serta tidak menimbulkan gatal atau bau, maka termasuk normal. Tapi jika yang dikeluarkan memiliki warna hijau, kuning, berbau dan gatal, segeralah sampaikan ke bidan anda, karena itu tidak normal dan bersifat patologis yang dapat disebabkan oleh berbagai jamu, virus, bakteri ataupun parasit.

Tujuh hal diatas merupakan faktor-faktor yang perlu anda lakukan dan perhatikan ketika mengalami hamil muda pada trimester pertama. Walaupun memang beberapa diantaranya mungkin jarang dilakukan, tapi anda dapat meminta suami untuk membantu anda. Poin tersebut bertujuan untuk melindungi janin agar tetap sehat sampai lahir. 

Baca juga:
Nutrisi penting untuk ibu hamil


tips sehat anak bayi dan balita