Mengenali Tanda Terjadinya Kehamilan

Berkembang biak dan melestarikan keturunan merupakan naluri alami semua makhluk hidup termasuk manusia. Oleh karena itu tidak mengherankan bila setelah resmi menjadi sepasang suami istri, hal kedua yang biasanya paling diinginkan pasangan baru adalah segera mendapatkan buah hati yang cantik dan sehat. Perawatan kehamilan bahkan pra kehamilan sangat penting dilakukan sedini mungkin agar calon bayi tumbuh sehat dan normal di dalam rahim ibunda. Dengan demikian sangat penting bagi Anda terutama para calon ibu baru untuk mengetahui tanda tanda kehamilan agar dapat segera melakukan perawatan kesehatan bagi kehamilan Anda.

Tanda awal terjadinya kehamilan

tanda awal kehamilan
Salah satu  ciri awal bahwa ada janin sedang berkembang dalam rahim wanita adalah  berhentinya siklus menstruasi, tetapi bukan berarti pula bila menstruasi Anda berhenti berarti Anda sedang hamil, karena masalah hormonal dan stres dapat juga memicu terganggunya siklus bulanan. Anda dapat melakukan tes sederhana dengan alat uji kehamilan yang banyak dijual di apotik dan bila hasilnya positif maka kemungkinan besar Anda memang hamil. "Tanda-tanda kehamilan" yang  juga paling umum dirasakan wanita adalah morning sickness atau mual  dan muntah-muntah di pagi hari karena perubahan hormon dalam tubuhnya.

Bila Anda memiliki saudara kembar atau orang tua Anda adalah seorang kembar, maka Anda akan berpeluang mempunyai anak kembar pula. Gejala kehamilan janin kembar sedikit berbeda dengan hamil dengan janin tunggal. Berikut ini adalah ciri-ciri kehamilan secara lebih spesifik.

·     Tubuh ibu terasa lebih berat
Bila seorang wanita sudah pernah melahirkan bayi tunggal sebelumnya, tentu ia akan dapat merasakan perbedaan bila sedang mengandung. Salah satu tanda itu adalah tubuh ibu terasa lebih berat. Merupakan hal yang wajar jika tubuh ibu membesar saat mengandung, dan tentunya tubuh ibu akan semakin bertambah besar bila yang berada dalam rahim adalah janin yang jumlahnya lebih dari satu.

·     Tanda kehamilan : Morning sickness
Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa wanita yang sedang hamil akan mengalami morning sickness, yaitu gangguan kesehatan di pagi hari dengan rasa pusing yang disertai rasa mual atau bahkan hingga muntah. Pemicu morning sickness ini adalah peningkatan hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotropin. Walaupun gejala morning sickness ini adalah tanda-tanda kehamilan yang umum ditemui pada wanita, pada kenyataannya tidak semua wanita mengalaminya.
Hal ini sangat bergantung pada daya tahan tubuh dan pola hidup sehat yang diterapkan seseorang. Sebaliknya, pada kehamilan kembar hormon ini akan meningkat secara drastis sehingga rasa pusing dan mual pada umumnya tidak hanya terjadi pada pagi hari tapi bisa sampai sehari penuh.

·     Perubahan pada kondisi fisik ibu
Wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan bentuk tubuh, seperti misalnya payudara yang semakin membesar karena tubuh sedang mempersiapkan untuk menyusui calon bayi yang akan lahir, peningkatan hormon yang menyebabkan rasa mual, muntah,  hingga gangguan psikis, dan seiring dengan semakin membesarnya janin Anda, ibu akan lebih sering buang air kecil karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang semakin membesar.

Karena janin sudah semakin berat, ibu kadang mengalami kesulitan bernafas dan sering merasa kelelahan. Tanda-tanda kehamilan ini biasanya terjadi pada masa trimester kedua. Tangan dan kaki pada umumnya juga akan mengalami pembengkakan dan berat badan akan bertambah. Pada kehamilan kembar beban bagi ibu tentu lebih berat sehingga bagian perut akan membesar lebih cepat daripada kehamilan tunggal.

·     Peningkatan berat badan
Berat badan ibu yang terus bertambah pada masa kehamilan adalah yang wajar karena janin sedang berkembang dalam rahim ibu. Sementara pada ibu hamil kembar, peningkatan berat badan akan terjadi secara drastis terutama pada trimester pertama. Berdasarkan uji klinis yang dilakukan oleh Journal of Obstetrics dan Gynegology, kenaikan berat badan yang signifikan pada ibu hamil di masa trimester pertama merupakan tanda-tanda kehamilan bahwa janin yang dikandung adalah kembar. 

·     Peningkatan AFP di awal kehamilan
Dengan tes darah, wanita yang mengandung terbukti mengalami kenaikan Alpha Fetoprotein (AFP), yaitu protein yang terdapat dalam darah karena pertumbuhan janin. Pada kehamilan janin kembar, secara otomatis level AFP pada darah ibu juga akan lebih tinggi. Tes darah untuk mengetahui kadar AFP ini bisa dilakukan pada masa 16 hingga 18 minggu sejak haid terakhir ibu hamil.

·     Janin terlihat di monitor saat USG
Tanda-tanda kehamilan yang paling jelas tentu dapat dilihat dari keberadaan janin saat tes USG. Sejak usia 5 minggu kehamilan, hal ini sebenarnya sudah dapat diketahui. Dengan pemeriksaan oleh ginekolog akan terdeteksi bahwa pada rahim Anda terdapat 2 janin dan terdengar 2 detak jantung.

Tips menjaga kesehatan selama kehamilan

Merawat dan menjaga kesehatan selama kehamilan sangat penting bagi keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi, baik bagi kehamilan tunggal maupun kembar. Selama dalam kehamilan sebaiknya ibu menghindari pekerjaan-pekerjaan berat karena kehamilan janin kembar beresiko bayi lahir sebelum waktunya. Sebaiknya Anda juga tidak melakukan perjalanan jauh atau bepergian. Jaga pola makan dengan menghindari makanan berkadar garam tinggi dan perbanyak konsumsi sayur dan buah. Nah, dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan sedini mungkin, akan sangat memudahkan Anda untuk melakukan perawatan kesehatan sejak awal.

Baca juga:
Ibu hamil dan kehamilan sehat, ini panduannya

tips sehat anak bayi dan balita