Bayi Tabung dan Faktor Penentu Keberhasilannya

bayi tabung
Memiliki anak memang suatu karunia bagi keluarga, namun tidak sedikit pasangan yang sudah lama menikah namun belum dikarunia anak. Apakah faktor penyakit dari istri atau suami, keturunan ataukah pasangan yang tidak memiliki masalah dengan itu namun memang belum ditakdirkan untuk menimang buah hati. Berbagai cara ditempuh pasangan suami istri baik konsultasi rutin, mengikuti program, konsumsi obat atau jamu, dan ada juga memilih untuk mengadopsi anak. Namun dengan teknologi kesehatan yang terus berkembang sekarang ini membuat orang mulai mencoba cara lain seperti bayi tabung.

Metode ini sebenarnya sudah cukup lama diketahui namun masih menjadi kontroversi khususnya jika dikaitkan dalam segi agama sehingga sebagian masih ragu mencobanya. Akan tetapi bagi orangtua yang sudah tidak menemukan jalan lain, program ini bisa menjadi alternatif bagi pasangan yang belum dikaruniai anak. Sebelum mencoba program ini sebaiknya pasangan perlu memahami lebih dekat dan mengenal faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilannya.

Bayi Tabung: Apakah itu?

Program bayi tabung dalam istilah medis lebih dikenal dengan nama IVF atau In Vitro Fertilization. IVF merupakan proses penggabungan antara sperma dan sel telur dengan tujuan untuk menghasilkan embrio atau bakal janin dengan teknik khusus yang disebut rekayasa reproduksi. Prosesnya dimulai dari pengambilan sel telur si istri yang telah mengalami ovulasi melalui alat khusus. Setelah itu sel telur tersebut di gabungkan dengan sperma yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Proses penggabungan tersebut bertujuan agar terjadi pembuahan di dalam sebuah medium khusus.

Medium yang digunakan tersebut telah diatur suhu, tekanan udara, cahaya, dan kelembabannya yang disesuaikan agar seperti dengan rahim asli. Sel telur dan sperma yang digabungkan dalam medium tersebut ketika berhasil, akan membentuk embrio, kemudian embrio tersebut dimasukkan kembali ke dalam rahim ibu. Jadi proses bayi tabung ini tidak benar-benar dibuat dalam tabung hingga menjadi bayi, namun tetap berkembang di dalam rahim ibu.

Kesimpulannya, pasangan suami istri harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
·           Merangsang ovarium istri
·           Mengumpulkan sel telur yang mengalami ovulasi
·           Fertilisasi atau pembuahan
·           Dan memindahkan embrio ke rahim
Selain itu, sebelum mencoba program ini calon ibu juga harus memiliki pengetahuan tambahan mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi berhasilnya program ini.

Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bayi tabung

 

 a.   Usia calon ibu

Semakin tua usia wanita tersebut maka semakin kecil peluang untuk keberhasilan program ini. Usia calon ibu dikategorikan berdasarkan tingkat keberhasilannya :
·           Wanita usia 45 ke atas kemungkinan kesuksesannya hanya 10% saja.
·           Usia 36 – 40 tahun peluang keberhasilan bisa 25 – 30 %
·           Usia 31 – 35 tahun masih bisa mencapai 30 – 40 %
·           Usia di bawah 35 tahun bisa antara 35 – 45 %

b.   Kualitas sel telur

Kualitas sel telur dapat turun seiring bertambahnya usia, namun faktor lain yang mempengaruhi kualitasnya jika ovum tersebut sangat sensitif, kering, dan terinfeksi. Kualitas ovum yang buruk akan berdampak pada peluang embrio yang dihasilkan bahkan jika berhasil istri bisa mengalami keguguran.

c.   Keahlian dokter dan kelengkapan medis


Suksesnya program bayi tabung sangat didukung oleh keahlian dan keterampilan dokter yang melakukan, selain itu kelengkapan medis juga menjadi faktor yang paling menetukan. Ahli medis harus hati-hati karena dialah yang akan menentukan berhasil tidaknya program ini.

Saran bagi calon ibu yang akan melakukan "program bayi tabung", sebaiknya memahami teknik dan faktor yang mempengaruhinya agar peluang keberhasilannya bisa meningkat. Selain itu pasangan suami istri harus memilih klinik yang tepat serta teknologi canggih dan lengkap. 

Program bayi tabung ini hanyalah salah satu pilihan terakhir bagi sebagian orang yang menginginkan buah hati agar segera memperoleh kehamilan. Berikut informasi yang dapat Anda simak sebagai solusi alternatif  yang lebih murah, banyak sekali cara dan tips cepat hamil di sini. Sebuah panduan lengkap yg ditulis oleh seorang dokter yang ahli dibidangnya. Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung mengenai program bayi tabung ini sebagai bonus atas pembelian buku panduan ini. Lebih lanjut silakan klik di sini: infotipshamil.com

tips sehat anak bayi dan balita