Mengetahui Masa subur Pria

Mengetahui Masa subur Pria
Tahukah Anda bahwa selain wanita, pria juga mempunyai masa subur dimana produksi sperma berjumlah maksimal dan kualitas sperma pun baik. Tetapi berbeda dengan wanita, masa subur pria tidak  terjadi  setiap bulan melainkan pada setiap pagi dan terutama saat musim dingin. Masa subur ini juga terjadi pada hari ketiga hingga ketujuh Artinya suhu udara dan musim dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kualitas sperma. Pada musim dingin jumlah produksi sperma akan meningkat terutama pada pagi hari, sebaliknya, di musim panas atau siang hari, suhu udara yang lebih tinggi akan membuat usia sperma lebih pendek. Testis pria memang sangat peka terhadap suhu, sehingga Anda disarankan untuk menjaga suhu normal organ reproduksi jika sedang memprogram untuk memiliki keturunan.

Hubungan seksual di pagi hari untuk program hamil

Melakukan hubungan suami istri pada pagi hari sekitar pukul 04.00 hingga 07.00 pagi. Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh jika melakukan hubungan badan pada pagi hari, yang pertama Anda dan pasangan akan berada dalam kondisi segar setelah istirahat sepanjang malam sehingga kegiatan bercinta akan lebih bergairah dan menyenangkan. Kedua, kualitas sperma sedang dalam kondisi prima pada pagi hari terutama jika suhu udara dingin sehingga peluang untuk hamil lebih besar daripada berhubungan suami istri pada malam hari. Selain itu, Anda dan pasangan juga dianjurkan untuk menerapkan pola hidup dan makan yang sehat, tidak merokok, menjauh dari alkohol, dan rajinlah berolahraga.   

Sekarang setelah mengetahui masa subur pria berhubungan dengan suhu, maka untuk mempercepat terjadinya kehamilan, mulai sekarang jangan melakukan kebiasaan buruk yang berdampak negatif bagi kualitas sperma Anda. Kebiasaan buruk tersebut adalah, mengenakan celana ketat yang bukan berbahan katun, termasuk celana jeans, kebiasaan memangku laptop sambil mengetik, berlama-lama mandi berendam air panas atau sauna, dan mengantongi ponsel di saku celana. Untuk sementara hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut demi kelancaran program Anda untuk segera mendapatkan momongan. Selain itu perbanyaklah konsumsi buah dan sayur-sayuran atau bahan-bahan yang mengandung afrosidiak alami agar peluang kehamilan lebih cepat terjadi.


Baca juga:
Cara menghitung  masa subur wanita
tips sehat anak bayi dan balita