Ciri-ciri Orang Hamil

Ciri-ciri wanita Hamil
Melakukan perawatan kesehatan menjelang kehamilan atau saat memasuki usia kehamilan yang masih muda tentu sangat penting untuk dilakukan demi kesehatan ibu dan bayi yang kelak akan dilahirkan. Sayangnya karena belum berpengalaman banyak wanita yang sering tidak menyadari bahwa dirinya tengah mengandung, mungkin karena tidak tahu secara pasti ciri-ciri orang hamil. Untuk mengetahui kehamilan secara pasti cara yang paling tepat memang memeriksakan diri ke dokter kandungan atau menggunakan alat uji kehamilan yang banyak dijual di apotek.

Wanita hamil memang memang kadang menunjukan gejala-gejala yg spesifik, antara lain:
( Baca juga: Gejala umum sebagai tanda awal kehamilan )

Mengidam

Walaupun tidak semua wanita mengalami hal ini tetapi mengidam makanan dirasakan oleh 90% wanita hamil yang terjadi karena perubahan hormon dalam tubuhnya. Beberapa wanita bahkan menginginkan makanan yang aneh atau jarang ditemui.


Aerola menghitam

Aerola atau daerah di sekitar puting yang berubah warna menjadi gelap juga bisa menjadi ciri ciri orang hamil atau bekas kehamilan yang sebelumnya.


Perdarahan dan kram

Wanita hamil bisa mengalami kram dan flek berwarna merah muda seminggu setelah terjadi ovulasi karena sel telur yang masuk ke dalam lapisan endometrium. Hal ini adalah gejala yang wajar sehingga Anda tidak perlu panik.


Sering ke kamar mandi

Ibu hamil akan mengalami gejala sering buang air kecil karena kandung kemihnya tertekan oleh janin yang semakin membesar. Tetapi jangan khawatir karena kecenderungan ini akan semakin berkurang saat kandungan berusia 12 minggu tetapi akan muncul lagi  pada usia kehamilan 28 minggu.


Kelelahan

Ibu hamil memang sering mengalami kelelahan walaupun aktifitas yang dilakukannya tidak terlalu berat. Hal ini disebabkan karena produksi hormon progesteron yang meningkat, tetapi tidak semua wanita hamil mengalami gejala ini terutama jika sebelumnya rutin berolahraga dan mempunyai kesehatan yang prima.


Payudara  membengkak

Salah satu ciri-ciri orang hamil yang paling khas adalah berat badan bertambah dan payudara semakin besar, terasa gatal dan sakit. Gejala ini sama dengan yang dialami wanita setiap bulan menjelang menstruasi, yaitu dikarenakan perubahan hormon. Lama-kelamaan tubuh kita akan terbiasa dengan perubahan hormon tersebut dan payudara akan terasa normal kembali.


Penciuman berubah

Kebanyakan wanita hamil menjadi lebih sensitif pada indera penciumannya seperti merasakan mencium bau logam atau bau-bauan yang lain. Seringkali juga mereka merasa mual atau bahkan muntah jika membaui aroma parfum, keringat, kopi, bahkan aroma makanan yang biasanya mereka sukai.



Haid berhenti

Jika Anda termasuk wanita yang siklus menstruasinya teratur dan tiba-tiba tidak mendapatkan haid lagi, mungkin sebaiknya Anda memeriksakan diri untuk melakukan tes kehamilan. Ciri-ciri orang hamil yang paling spesifik adalah tidak lagi mendapatkan siklus datang bulan.


Morning sickness

Morning sickness atau gejala mual dan muntah di pagi hari umum terjadi pada wanita hamil beberapa hari setelah terjadinya pembuahan. Hal ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh wanita hamil.


Hasil tes positif

Jika pada saat terlambat haid dan Anda melakukan tes dengan testpack yang menunjukkan hasil positif, maka kemungkinan besar Anda memang hamil. Ini adalah ciri-ciri orang hamil yang paling spesifik. Agar lebih pasti lakukan pemeriksaan medis ke dokter kandungan langganan Anda. Untuk mendeteksi keberadaan janin pada rahim Anda dokter akan menggunakan alat USG atau ultrasonografi yang dapat memperlihatkan bentuk dan gerakan janin dalam rahim calon ibu.

Jika hasil akurat telah didapat maka Anda harus segera melakukan perawatan kesehatan bagi wanita hamil agar janin yang dikandung dapat berkembang secara maksimal dan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diingini karena pada periode awal, kehamilan masih dalam kondisi rentan.

Baca juga:
Fakta yang perlu diketahui seputar kehamilan

tips sehat anak bayi dan balita