Seputar Kehamilan: Fakta Penting untuk Diketahui Wanita

Seputar Kehamilan
Setiap pasangan tentunya mendambakan kehadiran seorang buah hati, yang akan menyemarakkan suasana di dalam rumah. Sayangnya, tidak sedikit wanita yang mengabaikan hal-hal penting seputar kehamilan, sehingga perencanaannya tidak matang. Akibatnya, harapan tak sesuai kenyataan. Rencana kehamilan tidak berhasil, keguguran, atau bahkan bayi yang dilahirkan mengalami cacat. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut wanita diwajibkan memahami hal-hal seputar kehamilan baik itu persiapan, pada masa kehamilan, dan setelah melahirkan.

Seputar kehamilan: pengetahuan yang diperlukan

Agar jabang bayi lahir sehat dan sempurna, wanita perlu membekali pengetahuan tentang kehamilan yaitu apa saja hal yang dilakukan dan yang harus dihindari. Namun menurut hasil survei di lapangan, fakta yang terkuak adalah wanita memahami proses kehamilan hanya dalam kaitannya dengan teknik-teknik bercinta yang baik, posisi saat melakukan hubungan seks dan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual. Singkatnya, banyak wanita yang mengidentikkan hamil dengan "hubungan seks".

Hal tersebut memang tidak salah, namun pemahaman teknik-teknik bercinta saja tidak cukup untuk merencanakan atau menjaga kehamilan. Memahami hal-hal baik seputar kehamilan tidak bergantung kepada kuantitas hubungan suami istri. Bahkan terlalu, sering melakukan hubungan suami-istri bisa membuat pria mengalami ejakulasi dini dan kualitas spermanya juga menurun. Waktu yang tepat untuk berhubungan seks jika ingin cepat hamil adalah saat masa subur wanita atau sebelum proses ovulasi, tidak hanya fokus pada posisi saat bercinta.

Mempersiapkan masa kehamilan yang benar

Hal-hal seputar kehamilan memerlukan perhatian lebih. Pasangan, khususnya wanita, harus memperhatikan benar kondisi tubuh dan asupan makanan. Mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesuburan dan hindari hal-hal yang dapat membahayakan kandungan. Berikut adalah hal-hal penting mengenai kehamilan.
  • Hanya sebagian wanita yang mengetahui bahwa mengkonsumsi asam folat sebelum melakukan hubungan seks dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat. Kandungan asam folat yang tinggi bisa anda peroleh dari buah alpukat. Jadi, agar cepat mendapatkan anak, konsumsilah buah-buahan yang kaya akan asam folat, seperti pada alpukat.
  • Lambatnya kehamilan atau cacat lahir bisa disebabkan karena kebiasaan buruk, seperti merokok dan konsumsi alkohol. Selain itu, faktor lain seperti obesitas, siklus haid yang tidak teratur, dan penyakit seksual juga dapat menurunkan kualitas reproduksi wanita.
  • Pengetahuan tentang kehamilan tidak bergantung pada pendidikan wanita tersebut atas status sosialnya, namun tergantung dari kemauan untuk belajar memahami dan mencari tahu hal apa yang harus dilakukan.
Kurangnya pengalaman dan pengetahuan seputar kehamilan bukanlah alasan utama untuk menunda rencana mendapatkan momongan. Sebaiknya wanita memperluas wawasan dan pengalaman mengenai kehamilan sehingga rencana memiliki anak dapat berhasil dengan baik dan yang terpenting keharmonisan keluarga tetap terjaga, karena beberapa kasus perceraian terjadi karena tidak memiliki anak sebagai pelengkap keluarga.


Baca juga:
Tips kesehatan ibu hamil tiap trimester

tips sehat anak bayi dan balita