Tips Persiapan Kelahiran Anak Pertama

persiapan kelahiran anak pertama
Jika Anda merupakan calon orang tua baru, menghadapi kelahiran anak pertama pastinya merupakan peristiwa yang menegangkan dan membuat cemas sekaligus membuat Anda penuh harap pada saat yang bersamaan. Anda ingin segala sesuatunya berlangsung lancar dengan resiko yang rendah. Jika Anda mengharapkan kelahiran yang lancar, persiapan Anda tentunya harus lancar dan bahkan sudah harus dimulai sejak beberapa bulan sebelum kelahiran.


Berikut adalah urut-urutan persiapan yang sebaiknya Anda mulai lakukan sejak bulan ke-6 kehamilan:



Berbelanja Baju dan Perlengkapan Bayi

Jika Anda sudah mengetahui jenis kelamin bayi dan jumlahnya (siapa tahu Anda mengandung anak kembar), Anda sudah harus mempersiapkan perlengkapan dan pakaian bayi, setidaknya yang sudah pasti akan langsung digunakan seperti pakaian tidur, piyama, selimut, kaos kaki, kaos tangan dan topi. Selain itu, jangan lupa membeli alas karet untuk tempat tidur bayi dan kain kelambu, plus sampo dan sabun bayi. Tidak perlu langsung memborong mainan atau perlengkapan bayi sekunder seperti kolonyet.
Untuk berbelanja "kebutuhan kelahiran anak pertama", Anda bisa jadi kebingungan. Mintalah panduan atau nasihat dari mereka yang sudah berpengalaman, tetapi Anda pun harus waspada untuk tidak begitu saja menelan nasihat mereka. Tambah pengetahuan lewat majalah ibu dan anak, internet, serta keterangan dari dokter.
Baca juga: Tips berbelanja perlengkapan bayi


Berbelanja Keperluan Ibu Menyusui

Persiapan kelahiran anak pertama juga mencakup persiapan untuk Anda sendiri. Setelah melahirkan, tubuh Anda pastinya akan mengalami beberapa penyesuaian termasuk untuk menyusui, sehingga Anda pun harus bersiap menghadapi beberapa perubahan fisik yang akan terjadi. Jadi, siapkan perlengkapan seperti pembalut khusus ibu-ibu yang melahirkan, payudara untuk ibu menyusui, kain setagen untuk dililitkan di perut (untuk membantu mengembalikan figur dan menyesuaikan perasaan ‘kosong’ di perut setelah melahirkan), serta perlengkapan untuk memompa dan menampung ASI.


Melakukan Terapi untuk Merangsang ASI

Lakukan terapi yang disebut pemijatan payudara untuk merangsang keluarnya ASI, dimana terapi ini bisa dimulai sejak usia kandungan 6 bulan. Caranya mudah yaitu cukup dengan mengolesi payudara dengan minyak bayi, lalu dipijat melingkar ke arah luar. Akan tetapi, pijatan harus dihentikan seandainya Anda merasakan hal tak nyaman seperti nyeri di perut dan kontraksi dini.

Jangan merasa takut seandainya melihat ASI keluar dengan warna yang keruh; hal itu wajar untuk ASI yang baru pertama kali keluar. Jika sudah dirangsang sejak awal, Anda akan mudah menyusui bayi Anda kelak setelah kelahiran anak pertama.


Siapkan Tas Melahirkan

Jika Anda tahu akan melahirkan di rumah sakit, jangan lupa menyiapkan tas melahirkan, yaitu tas yang berisi perlengkapan untuk ke rumah sakit yang tinggal dibawa saja ketika sudah waktunya Anda pergi ke rumah sakit. Isi tas ini antara lain sarung, pakaian yang longgar dan nyaman, tisu dan tisu basah, perlengkapan menata diri seperti sisir dan bedak, notes dan pensil untuk mencatat yang penting-penting, ponsel dan charger, botol air minum, sedikit makanan ringan seperti kraker, baju untuk keluar dari rumah sakit, serta sesuatu untuk mengurangi rasa bosan Anda seperti buku kesukaan atau smartphone.

Segera setelah kelahiran anak pertama, Anda biasanya akan dituntun perawat untuk melakukan hal-hal seperti bonding (meletakkan tubuh bayi di atas dada ibu), menghitung jari tangan dan kaki serta menyusui untuk pertama kalinya. Kalaupun Anda tidak melahirkan di rumah sakit, bidan yang berpengalaman akan tahu apa yang harus dilakukan dan akan memberitahu Anda.

tips sehat anak bayi dan balita