Tindakan medis untuk mengatasi keputihan

tindakanmedis
Yang dimaksud denga terserang keputihan adalah keputihan yang terjadi karena bakteri, parasit, atau virus yang ditunjukkan dengan gejala yang khas. Karena selain keputihan yang terjadi karena mikroorganisme, ada pula keputihan yang normal, yaitu keputihan  yang terjadi pada saat menjelang atau berakhirnya masa menstruasi. Keluarnya cairan dengan warna yang berbeda, berbau, berbuih, atau bercampur darah adalah gejala yang menunjukkan keputihan abnormal, dan jika hal ini terjadi, Anda harus segera menghubungi dokter agar melakukan tindakan medis untuk mengatasi keputihan yang menyerang.

  • Sebelum melakukan pengobatan, dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui penyebab keputihan yang Anda alami. Hal ini dilakukan dengan mengambil sample cairan keputihan dan memeriksanya di laboratorium untuk mengetahui keberadaan parasit yang memicu terjadinya  keputihan.



  • Beberapa jenis keputihan yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit  dapat diatasi dengan dengan berbagai suntikan obat, seperti misalnya suntikan sitostatika, penisilin, tetrasiklin, atau vaksinasi.

  • Pembedahan juga merupakan alternatif yang dilakukan oleh dokter  untuk membuang sebagian jaringan leher rahim yang terinfeksi jamur,  virus, atau bakteri penyebab keputihan.

Selain tindakan medis tersebut, untuk keputihan ringan yang menyerang, dokter kadang merekomendasikan cairan antiseptic pembersih vagina yang berguna untuk mematikan bakteri-bakteri merugikan pemicu keputihan. Tetapi ingat untuk tidak mengatasi keputihan tanpa konsultasi kepada tenaga medis karena bisa memperparah kondisi Anda atau menyebabkan komplikasi lain pada organ reproduksi seperti infertilitas.

Sebagai tindakan pencegahan, atau untuk mengurangi keputihan yang terjadi, Anda bisa mulai mempraktekkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Hindari mengenakan pakaian dalam yang terbuat  dari kain nylon atau bahan lain yang tidak menyerap keringat, karena kelembaban adalah lingkungan yang disukai bakteri untuk berkembang biak, termasuk bakteri penyebab keputihan. Jagalah kebersihan organ intim dengan rajin membasuh dan mengeringkannya terutama setelah mandi atau buang air.

Menghindari stres, rokok, dan alkohol,  rajin berolah raga, dan tidak berganti-ganti pasangan dalam berhubungan intim adalah usaha yang bisa kita lakukan untuk mengatasi keputihan sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan agar sistem tubuh lebih kuat membentengi diri dari serangan berbagai penyakit.


Baca juga:
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil