Cara mencegah keputihan dengan pola hidup bersih dan sehat


mencegah keputihan
Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, karena dengan mencegah terjadinya penyakit Anda tidak akan mengeluarkan waktu, biaya, dan tenaga untuk berobat bila penyakit telah menyerang. Begitu pula dengan organ kelamin yang perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya agar parasit merugikan tidak akan sanggup membobol imunitas tubuh kita yang bisa menimbulkan gangguan seperti keputihan misalnya. Berikut ini adalah cara mencegah keputihan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

·     Jagalah kebersihan organ intim Anda dengan seksama terutama setelah aktivitas buang air besar atau kecil. Menggunakan cairan pembersih vagina yang mengandung antiseptic tidak disarankan dilakukan setiap hari karena bisa menyebabkan matinya bakteri-bakteri baik yang bisa menjaga keseimbangan kadar PH dalam organ intim. Anda bisa menggunakan pembersih berbahan dasar susu karena berkhasiat menekan keberadaan parasit merugikan sekaligus meningkatkan jumlah bakteri baik.

·    Salah satu "cara mengatasi keputihan" adalah mengusahakan agar area organ intim tetap kering dengan mengenakan pakaian dalam yang terbuat dari katun untuk menghindari kelembaban. Jangan lupa mengeringkan daerah vagina Anda setelah mandi atau buang air. Tisu dan celana dalam cadangan merupakan benda yang tidak boleh lupa Anda bawa kemana pun Anda pergi.

·     Saat datang bulan seringlah mengganti pembalut agar keputihan tidak menyerang, apalagi darah haid menyebabkan organ intim selalu dalam kondisi lembab yang disukai bakteri. Gantilah pembalut Anda setiap  4 atau 5 jam sekali saat menstruasi.

·     Jangan menggunakan pakaian dalam secara bergantian karena parasit penyebab keputihan bisa menular pada orang lain melalui perantara pakaian dalam. Hindari juga mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat yang bisa membuat area organ intim berkeringat dan lembab.

Selain menerapkan cara-cara mencegah keputihan yang diuraikan di atas, pola hidup sehat yang Anda jalani sehari-hari juga akan membantu untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh dan mencegah timbulnya penyakit, termasuk keputihan. Gaya hidup sehat tersebut antara lain mengonsumsi makanan sehat, menghindari rokok dan alkohol, menghindari stres, dan rajin berolah raga. Tetapi ingat, setelah berolah raga jangan lupa segera mandi dan membasuh organ intim Anda dari keringat.

Baca juga:
Tindakan medis untuk mengatasi keputihan
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil