Keputihan – Faktor Makanan serta Penanganannya

Keputihan – Faktor Makanan serta Penanganannya

Keputihan sebenarnya adalah gejala yang normal terjadi pada wanita terutama pada awal masa menstruasi atau berakhirnya periode tersebut. Keabnormalan gejala tersebut bila disertai dengan keluhan rasa sakit  saat  buang air kecil, berwarna putih keruh atau hijau, berbusa, bercampur darah, dan berbau amis atau busuk. Jika gejala-gejala itu menyertai keputihan Anda, mungkin itu adalah indikasi terjadinya masalah yang lebih serius pada organ reproduksi Anda seperti kanker atau infeksi akibat parasit.

Untuk mencegah terjadinya keputihan yang tentu sangat mengganggu kenyamanan Anda, terapkanlah pola hidup yang bersih dan sehat. Rawatlah organ intim Anda dengan rajin membasuhnya dengan seksama setiap sehabis buang air, dan jangan biarkan organ kewanitaan dalam keadaan lembab terlalu lama. Untuk itu rajinlah mengganti pembalut setiap periode menstruasi, dan segeralah berganti pakaian dalam sehabis olah raga atau melakukan aktivitas yang menyebabkan Anda banyak berkeringat.

Makanan penyebab keputihan

"Keputihan" yang terjadi pada Anda baik keputihan normal atau pun keputihan abnormal tentu sangat mengganggu kegiatan sehari-hari karena menyebabkan ketidaknyamanan. Untuk meminimalkan terjadinya gangguan ini Anda bisa menghindari makanan-makanan pemicu keputihan di bawah ini:

·     Makanan  yg mengandung kadar gula yang tinggi
Konsumsi gula yang berlebihan dalam menu makanan Anda sehari-hari juga bisa meningkatkan pertumbuhan jamur Candida. Oleh karena itu sebaiknya anda batasi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula atau glukosa. Selain tidak baik untuk masalah kewanitaan, makanan kaya gula juga tidak baik untuk kesehatan anda.

·     Makanan yang mengandung ragi
Sama seperti gula, ragi dalam makanan yang difermentasi akan meningkatkan resiko terserang keputihan karena akan menimbulkan kondisi yang memungkinkan jamur untuk berkembang. Makanan-makanan yang mengandung ragi antara lain roti, bir, anggur, keju, dan lain-lain.

·     Buah-buahan yg telah melalui proses pengeringan
Buah-buahan yg dikeringkan seperti kurma dan kismis mempunyai kadar gula fruktosa yang tinggi sehingga bagi Anda yang mempunyai kecenderungan menderita keputihan sebaiknya menghindari konsumsi hidangan-hidangan tersebut.

·     Buah nanas, mentimun, dan bengkoang
Untuk menghindari terserang penyakit kewanitaan ini disarankan Anda  pun membatasi konsumsi buah-buahan di atas karena dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit. Sebaiknya konsumsi buah-buahan tersebut secara wajar karena memang ada kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Cara mengatasi keputihan

Bila penyakit sudah terlanjur menyerang yang dapat Anda lakukan adalah segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang paling tepat sesuai dengan penyebab keputihan yang Anda derita. Setelah melakukan pemeriksaan, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan oleh dokter yaitu, memberi suntikan obat berupa tetrasiklin, penisilin, atau sitostatika. Tindakan pembedahan juga bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit, yaitu mengangkat sebagian jaringan leher rahim yang terinveksi jamur. Pada keputihan ringan, pada umumnya dokter akan merekomendasikan obat luar untuk membasuh kewanitaan Anda dengan cairan pembasuh yang mengandung antiseptik.

Baca juga:
Normalkan sakit perut saat menstruasi?
tips sehat anak bayi dan balita

tips cepat hamil
infoTipshamil.com
cara cepat hamil